Urap Megono Jogja

Alhamdulillaah ya kita tinggal di daerah yang kaya dengan ragam kuliner. Salahsatunya menu “Urap”. Urap ini beraneka ragam lho jenisnya. Ada yang disajikan secara mentah ada juga yang disajikan secara matang. Bahkan di tiap daerah pun bisa beda-beda bumbunya. Urap yang merupakan perpaduan dari beberapa jenis sayuran dengan campuran bumbu kelapa ini merupakan salah satu menu yang sangat bergizi. Selain karena terdiri dari berbagai jenis sayuran, juga karena proses pengolahannya yang hanya direbus (sekitar 5menitan aja ya^^) ini bisa mempertahankan kandungan gizinya. Jadi, yang lagi diet, menu urap ini cocok banget dijadikan salah satu menu pilihan sehat.

Nah, bunda shaalihaah sekarang yuk kita kenalan sama urap dari Jogja. Namanya “Urap Megono”. Konon katanya nama megono ini diambil dari kata “Mergo Ono” yang artinya sebab ada. Bagi orang jogja mungkin sudah familiar ya sama urap ini. Biasanya klo ada hajatan / hantaran makanan urap ini menjadi salah satu menu pilihannya. Yang menjadi ciri khas urap ini berbeda dari urap lainnya ada bumbu kelapanya. Bumbu-bumbunya lebih banyak dari bumbu urap lainnya, dan rasanya sedikit lebih manis. Teksturnya sedikit kering seperti serundeng. Jadi, bumbunya di makan cukup dengan nasi hangat aja pun sudah laziis, in syaa Allaah. Yuk, langsung aja kita cobain ya.

Bahan bumbu kelapa:
1. 1 butir kelapa setengah tua parut memanjang
2. 5 butir bawang putih haluskan
3. 8 butir bawang merah haluskan
4. 5 buah cabe merah haluskan (jika kurang pedas boleh ditambah)
5. 5 butir kemiri haluskan
6. 1 sdt ketumbar haluskan
7. 2 batang serai ambil bagian putihnya, memarkan
8. 2 lembar daun salam
9. 2 lembar daun jeruk purut
10. Lengkuas sscukupnya
11. 100 gram gulajawa (atau sesuai selera)
12. 50 gr tempe semangit potong dadu
13. 2 sdm udang rebon kering (orang Jogja bilangnya “rese”)
14. Garam secukupnya
15. 250 ml air (kira2 1gelas kecil)
16. Minyak goreng untuk menumis

Bahan sayuran:
Sayuran bisa menyesuaikan selera. Beberapa jenis sayuran yang bisa digunakan untuk urap misalnya: kangkung, bayam, kacang panjang, wortel, kubis, tauge, kenikir dll.

Cara membuat bumbu kelapa:
1. Panaskan minyak goreng, lalu tumis bumbu-bumbu halus sampai harum.
2. Masukkan air & bumbu2 lainnya.
3. Masukkan kelapa parut. Aduk2 sampai kelapa parut setengah kering mirip serundeng sambil koreksi rasanya.

Cara membuat sayuran:
1. Potong-potong sayuran, kemudian cuci dengan air bersih.
2. Didihkan air, kemudian masukkan sayuran per jenis secara bergantian. Dalam merebus sayuran ini untuk mempertahankan nutrisinya dianjurkan merebua dengan air yang sudah mendidih & dengan durasi yang singkat (5 menitan). Untuk mendapatkan warna sayuran tetap cerah bisa dengan membubuhkan sedikit garam pada air rebusan.
3. Tiriskan sayuran yang sudah direbus & siram dengan air dingin.
4. Tata sayuran pada piring saji kemudia campur dengan bumbu kelapa yang sudah matang.

Urap ini merupakan sayur yang cocok jika disajikan dengan lauk seperti: ayam goreng, telur rebus, tahu-tempe bacem, tempe goreng dll. Untuk yang lagi diet menu urap dengan telur rebus atau lauk non-gorengan lainnya merupakan menu yang ideal. Oiya, jika bumbu kelapa masih bersisa bisa lho disimpan di freezer tentunya dalam wadah yang tertutup rapat lho ya. Bumbu urap ini bisa tahan sampai berhari-hari in syaa Allaah. Jadi, sewaktu-waktu pengen menyantap tinggal dipanasi & rebus sayuran kembali.

Selamat mencoba ya bunda shaalihah. Semoga bermanfaat^^

oleh: Yuli Mardianti
www.ummiummi.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *