Tutorial Cara Membuat Sprei

Membuat sprei sendiri sebenarnya sangat mudah in sya Allah. Keuntungannya kita bisa membeli bahan yang kita inginkan dan tentu saja harganya jadi jauh lebih murah dibandingkan membeli jadi.

Hanya butuh 6 langkah untuk membuat sprei sendiri

  1. Memotong kain sesuai ukuran kasur
  2. Memotong keempat sudut kasur sesuai tinggi yang diinginkan.
  3. Menjahit sudut-sudut kasur agar membentuk – semacam – kubus.
  4. Menjahit pinggiran secara keseluruhan agar rapi (kalau ada yang mau diobras lebih dahulu juga bisa)
  5. Memberi karet di setiap sudut yang empat.
  6. Memberi tambahan karet untuk memantapkan sprei agar tidak mudah lepas sebagaimana telah ada tutorialnya di tulisan sebelumnya.

Masih bingung?

Mari saya berikan step-stepnya dengan disertai gambar.

1. Ukuran kasur bermacam-macam. Begitupun tingginya. Namun dengan tambahan langkah ke-6 di atas, Anda tidak perlu merisaukan tinggi kasur.

Langkah mudahnya adalah, dari ukuran kasur yang Anda miliki, tambahkan sekitar minimal 16-20cm di masing-masing tepian. Sebagai contoh, jika kasur Anda berukuran 160cm x 200cm, maka potonglah kain sepanjang 200cm x 240cm (pada contoh ini saya tambahkan 20cm pada masing-masing tepian).

sprei murah - cara membuat

2. Potong sudut-sudutnya sesuai penambahan di langkah 1. Karena tambahannya 20cm, maka potong kotak 20cm x 20cm. Biar efektif, saya lipat kain tersebut kemudian potong sekaligus keempat sudutnya.

tutorial-cara membuat-sprei murah

3. Jahit dengan menyatukan sudut yang telah anda potong. Bentuk sprei Anda sudah mulai kelihatan pada tahap ini.

tutorial membuat sprei murah

4. Menjahit seluruh pinggiran sprei (hem).

5. Potonglah karet sepanjang 20cm sebanyak 4 buah. Cara menjahitnya adalah, perkirakan pertengahan karet dengan sudut sprei Anda. Kemudian geser karet sekitar 15cm dari posisi tengah. Jahitlah karet tersebut sambil ditarik agar karet meregang 2x dari ukuran semula.

tutorial cara membuat sprei murah

Hasilnya sebagai berikut

tutorial cara membuat sprei murah
(atas) tampak dalam (bawah) tampak luar

6. Potonglah karet sepanjang 25cm sebanyak 4 buah. Kemudian jahit di setiap sudutnya (baca disini untuk tutorial langkah ke-6 lebih lengkap). Lebih bagus lagi kalau Anda jahit 2-3 kali pada bagian ini.

tutorial cara membuat sprei murah

Voila…alhamdulillah…sprei Anda sudah jadi.

sprei-pink-murah

Foto di bawah  adalah contoh sprei yang saya buat untuk kasur anak-anak. Hmm…bahagia rasanya melihat sprei itu pas dan mantap berada di kasurnya. Psst..bahan yang saya pilih pun sebenarnya katun untuk baju loh…^^

 

tutorial cara membuat sprei murah

 

oleh: cizkah

.

IRT. Homeschooler dari lima anak (Ziyad, Thoriq, Luma dan si kembar Handzolah dan Kholid). Web dan graphic designer. Suka membuat media belajar anak (khususnya untuk pendidikan anak Islam) yang dapat dilihat di www.lumalumi.com.

43 thoughts on “Tutorial Cara Membuat Sprei

  1. terima kasih banyak atas informasinya yang berharga ini mba… syukur2 bisa dijadikan usaha.. aamiin, semoga menjadi pahala yg berlipat buat anda.

  2. waah aku udah kepengen bikin sendiri seprei, karena pengen cari yang 100% asli katun, tapi ngga terlalu mahal (seperti kalau beli jadi). sekalian seprei jadulku (lebih dari 20 tahun, lungsuran dari orang tua) bisa dibuatkan sudut dengan karet biar mudah pemasangannya. good post!

  3. Trimakasih buat ilmunya….. lg cari2 kerja sampingan yg menghasilkan….
    Semoga tambah sukses sekeluarga ummi ya

  4. Makasih…makasih.. tutorialnya. Sy pernah kursus bikin seprai 10 th yg lalu, tapi cuma praktek sekali aja. itu juga pas lg kursus doang xixixi. Sekarang lagi pengen bgt bikin tapi catetan kursusnya ilang. Lupa banget cara motong ujung2nya. makasih ya tutorialnya.. :D

  5. Sy tdk bs menjahit, tp sy ingin sekali membuat seprei sendiri, brgkl bs dijadikan bisnis jg. Apakah bisa ? Trm ksh

    1. @vitri bisa banget ko mba in sya Allah. karena menjahit sprai dari motong bahan dan jahitnya biasa aja gak pake pola2 tertentu atau teknik jahit tertentu ^^
      ayo mba belajar jahit aja dulu..
      selanjutnya bisa ketagihan hihi

    1. tinggal yang tiap bagian tepi kain berarti dipotong 30cm mba @rissa
      tinggi kasur + panjang kasur + tinggi kasur
      tinggi kasur + lebar kasur + tinggi kasur

      ^^

  6. Mbak, Kalo yang tinggi 30cm kan ditambah ditiap bagian tepinya 30cm tapi panjang maksimal kain sprei kan cuma 2,4 M itu bagaimana?

    1. berarti dibikin tinggi 20cm aja mba eka..in sya Allah tetep bagus hasilnya dengan ditambah karet pengait diujung

      1. Mba mau nanya dong, saya agak loading karna belum bisa ngejait kali yaa jd ga kebayang ?
        Itu kan awalnya karet diposisiin 15 cm dr sudut yaa, nah abis itu diapain, belum kebayang nih mba gimana biar bisa jadi ngerut ngerut gitu ?

  7. mbak..berapa meter kain yg dibutuhkan utk kasur ukrn 160 x 200 cm? terima kasih..

  8. Mb…utk tempat tidur besar (180×200 dan 200×200) gmn buatnya? Kl kainnya disambung di bagian mana dijahit biar keliatan tetap cantik dan gak nampak sambungannya?

  9. Mb, saya mau tanya bagaimana membuat kerut pada kain seperti di hadil no. 5.. terima kasih, mohon bantuannya karna saya masih pemula..

    1. mba @Elva…coba dibaca lagi di poin 5 ^^
      itu udah ada caranya detail mba. Tenang..saya juga pemula hehe.
      Coba dibaca sambil dipraktekkin pelan2 mba. Insya ALlah bisa.

  10. Assalamu’alaikum ummi.
    Ummi makasih yah sudah berbagi tutorial. Terutama pas pasang karet. Maklum pemula. Tapi alhamdulillah berhasil bikin sprei sendiri begitu baca blog ummi. Skrg jadi terhindar dari sprei mahal deh. Hihi.
    Makasih ummi ilmunya :D

    1. @ bisa aja insya ALlah, tapi mesti ekstra sabar pas ngesumnya. Sama pas bagian pasangkaret butuh usaha lebih juga ya.

  11. Makasih banget untuk tutorialnya mba, sangat membantu buat saya yang masih belajar menjahit. untuk pemasangan karetnya itu waktu mau mulai menjahitnya, bagian tengah karet harus di jahit dulu agar sejajar dengan jahitan sprei atau gak perlu ya mba?

    1. @lyna gak perlu ko mba ^^ langsung aja diposisikan sesuai tutorial terus mulai jahit awalan (bisa didouble back sew, biar pas ditarik tetep kuat)

  12. Makasih banyak ummi atas tutorialnya.bermanfaat sekali.sy lagi belajar jahit dan kepengen sekali menjahit sprei sendiri.
    Ada yang ingin saya tanyakan.pinggiran kain itu bagusnya dijahit apa ya?trims

  13. Assalamualaikum, mba, saya mau nanya. bahan untuk sprei yang paling bagus itu apa ya, yang bahannya adem. dan belinya dimana? barangkali ada reverensi onlineshop. terimaksih

  14. Hallo, salam kenal.

    Terima kasih atas ilmu nya ini, saya sudah punya mesin jahit dan memang ketagihan apa saja mau dijahit hahaha. Sampai baju saya yang kekecilan saya jahit buat jadi baju anak, alhamdulillah sih berhasil setelah drama benang nyangkut beberapa kali di mesin.

    Mau tanya, Mba beli kainnya dimana ya dan harganya berapa, karena saya mau mulai trial jual seprai. Terima kasih.

  15. S.siang Mbak mhn tanya unt sarung bantal dan guling gmn caranya dan brp ukuran nya.. Soory maklum sy pemula ingin jg bs jahit sarung bantal dan guling Trimaksh

  16. Mbak klo untuk ukuran kasur 120×200 gmn y? Beli kain ny brrt brp? Normal kain kn lebarnya 2,4. Trmksh sblmnya

    1. iya mba. Kalo 2,4 kan berarti untuku panjang kasur yg 2m. tingginya dikasih 20cm + 20cm. Jadi pas 2,4cm

      Kalo lebar 1,2 m tinggal ditambahin 40cm. Jadi 1,6cm

      Ini belum sama bantal sama guling ya mba. Jadi ditambahin aja lagi.

  17. Ummiummi.. terimakasih.. saya sdh coba jahit seprei nya… caranya mudah dipahami.. Ummi.. ini belum di karet, tapi udah rapi di kasur.. apa perlu di karetin lagi apa tidak ya…

    1. memang bakal udah rapi insya Allah mba Ratna. Tapi biasanya tetap mudah tertarik dan lepas dari kasur. Kalo dipasang karet penahan dia mantap banget insya Allah gak berantakan

  18. Saya sudah coba umi, alhamdulillah berhasil, hehe.. lumayan jadi lebih hemat dan motifnya bisa sesuai keinginan. makasih yaa.. skrg sy lg mo coba bikin sarung gulingnya =)

    1. alhamdulillah..sama-samaa…
      iya mba. Bisa pilih motif dan bahan sesuai keinginan.

      selamat bikin bantal gulingg..:)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *