subscribe: Posts | Comments | Email

Tips Merawat Kecantikan Alami

6 comments

Ummahaat yang dirahmati Allaah Ta’ala, berikut ini beberapa tips singkat untuk merawat kecantikan alami kita sebagai wanita, tentunya dalam rangka beribadah kepada Allaah Ta’ala, melalui menyenangkan dan menjaga pandangan para suami.

 

1. Inner beauty
Sudah sangat nyata kalau inner beauty itu menambah kecantikan diatas kecantikan. Senyum yang tulus, rasa syukur yang senantiasa terpancar dari diri, selera humor yang baik, dan kata-kata yang santun dan terpelihara, senantiasa membuat seorang wanita tampak lebih cantik daripada jika dia berada dalam keadaan sebaliknya. Wanita muslimah yang shalihah tentu memahami indahnya inner beauty ini lebih baik, karena merupakan bagian integral dari adab dan akhlak Islam yang mulia.

2. Konsumsi air putih yang cukup
Standarnya memang sekitar 8 gelas atau 2 L perhari, namun pada kondisi banyak aktivitas, bisa lebih. Kondisi hidrasi tubuh yang membaik membuat kelembaban dan kekenyalan kulit lebih terjaga, sehingga kulit akan lebih kencang. Emosi pun lebih stabil, dan tubuh lebih fit.

3. Olahraga teratur
Tidak perlu mahal, tidak perlu ke gym, cukup olahraga ringan di rumah seperti jalan atau lari di tempat, skipping, gerakan-gerakan senam dasar, rutin sekitar 30 menit perharinya, minimal 5 kali seminggu, bisa membantu melancarkan peredaran darah ke seluruh organ tubuh, termasuk daerah wajah. Nutrisinya lebih terpenuhi, sehingga wajah menjadi lebih segar. Selain itu, olahraga membantu pembakaran dan utilisasi energi lebih optimal, dan memicu tubuh mengeluarkan hormon endorfin yang menimbulkan perasaan senang bagi pelakunya.

4. Pembersih wajah sesuai kebutuhan kulit
Tiap orang memiliki tipe kulit wajah yang berbeda. Jadi jangan asal pilih produk, apalagi sekedar sabun mandi yang kandungannya tidak cocok untuk kulit wajah yang lembut. Tipe kulit kering pilih pembersih untuk kulit kering, dan hindari yang memiliki kandungan alkohol atau parfum, karena dapat membuat kulit semakin kering. Kulit berminyak, hendaknya memilih produk pembersih oil free. Kulit sensitif harus lebih hati-hati dalam memilih produk, dan disarankan menggunakan produk dengan kandungan zat aktif yang sangat ringan.

5. Cuci muka seperlunya
Yang dimaksud adalah mencuci dengan sabun muka. Idealnya cukup 2 kali sehari. Jika sangat kotor, semisal sangat banyak aktivitas di luar rumah, pilihlah pembersih yang kandungannya ringan agar kelembaban alami kulit wajah tidak banyak tergerus.

6. Pelembab dan sunscreen
Pelembab wajah diperlukan, khususnya setelah mencuci wajah, agar kelembaban wajah terjaga sehingga kulit akan tampak lebih segar dan kenyal. Pelembab wajah adalah salah satu produk kecantikan yang dianggap paling berperan dalam menjaga kesehatan dan kesegaran kulit wajah. Pilihlah pelembab yang sesuai dengan jenis kulit wajah, agar hasilnya optimal. Adapun sunscreen, membantu menangkal efek buruk sinar matahari untuk mereka yang memiliki aktivitas di luar rumah. Aplikasi sunscreen dengan SPF yang sesuai membantu menjaga kesehatan kulit dari ‘gempuran’ UVA dan UVB.

7. Superfood
“You are what you eat, digest, and absorb”. Pilihan makanan kita juga membantu membangun tekstur kulit. Kalau senangnya makanan manis dan karbohidrat simpleks, ditambah goreng-gorengan dan daging-dagingan, jangan heran kalau kulitnya kusam dan mudah bermasalah seperti jerawat dan komedo. Sayur dan buah juaranya dalam hal ini. Semakin sedikit pengolahan yang dilakukan, semakin utuh nutrisi baik vitamin maupun mineral yang diserap oleh tubuh, kecuali pada jenis makanan tertentu seperti tomat. Lycopene, zat gizi penting dalam tomat, lebih mudah diserap tubuh jika tomat dalam keadaan matang. Tingkatkan porsi sayur dan buah, misalnya menjadi 1/2 atau 2/3 di piring kita, dan beberapa waktu ke depan hasilnya akan tampak insya Allaah.

8. Minyak zaitun
Konsumsi minyak zaitun rutin untuk kecantikan kulit, sekitar 1-2 sendok makan, terutama jenis extra virgin olive oil, tidak hanya terbukti baik untuk menjaga keremajaan kulit, tapi juga untuk kesehatan jantung dan pembuluh darah.

Saya yakin ummahaat sekalian punya lebih banyak tips, dan mungkin lebih praktis ^^ Mungkin yang sedikit ini bisa digabungkan dan dipraktekkan. Merawat sejak dini lebih ringan daripada merawat di kemudian hari.

Semoga bermanfaat.

Referensi:

www.webmd.com

My Healthy Life: Trio Herbal

If you enjoyed this post, please consider leaving a comment or subscribing to the RSS feed to have future articles delivered to your feed reader.
  1. mbak ika, itu minyak zaitun diminum gitu ya mbak? kalo cuma diolesin di wajah aja gimana?

  2. ika kartika says:

    Minyak zaitun kalau diminum atau dicampur makanan seperti salad, manfaatnya bisa dirasakan seluruh tubuh juga. kalau dioles di wajah juga baik, efeknya salah satunya melembutkan dan memberi nutrisi pada wajah. Tapi kurang cocok untuk dijadikan dasar bedak (untuk minyaknya langsung; buat yang suka bedakan^^)

  3. Dapat dari obrolan ummahat, minyak zaitun bisa dioleskan pada muka saat malam hari atau siang hari setelah dihangatkan. Bisa juga digunakan untuk peeling setelah dicampur dengan habbatus sauda’. Banyak yang merasakan khasiatnya^^

  4. minyak zaitun di pasaran ada 2 macam:
    1. untuk kosmetik (nggak cocok untuk dimakan)
    2. untuk makanan

    biasanya, minyak zaitun yg berupa kosmetik dikemas dalam kemasan kecil. kl minyak zaitun sebagai makanan/bahan masakan biasanya dikemas dengan btol minyak goreng (sbgmn minyak biji bunga matahari). nama lainnya: olive oil.

  5. aisyah ummu ibrohim says:

    bismillah
    afwan,sekedar tambahan saja
    untuk ummahat bercadar,ga usah pake sunscreen yach,hijab yang satu ini sudah sangat cukup melindungi kita bkn hanya dari efek UV sinar matahari,tapi juga dari ‘pandangan buruk lelaki yang berpenyakit hatinya’,so,tinggal nyari sabun pembersih muka yang cocok dan virgin olive oil aja;)

  6. Verawaty Lihawa says:

    Tambahan lagi untuk komennya Athirah

    Untuk minyak zaitun sebagai bahan makanan, ada beberapa jenis beserta fungsinya masing-masing.
    Ada yang extra virgin olive oil, extra light, refined, pure, dll.
    Extra virgin olive oil sebaiknya dikonsumsi sebagai campuran salad saja atau diminum langsung. Tidak digunakan utk menumis, apalagi menggoreng.

    Untuk jelasnya bisa baca link berikut, http://food.detik.com/read/2012/05/21/113849/1920646/900/extra-virgin-dan-extra-light-olive-oil-apa-bedanya

Leave a Reply