Tips Agar Badan Fit dan Tidak Mudah Malas untuk Para Ibu

Karena Malas Bukan Solusi

Seriously….malas bukan solusi. Terutama untuk para ibu yang tidak memiliki pembantu. Bayangkan, seorang ibu yang pada umumnya dalam satu waktu mengerjakan berbagai hal; memasak, sambil mencuci piring, diselingi mencebok si kecil daaan seterusnya. Jika malas, apa yang terjadi. Banyak pekerjaan yang terbengkalai. Tadinya malas karena banyak kerjaan, ternyata kerjaannya tidak selesai dengan malas hehe.

Tapi badan ini rasanya kok lemas terus. Gak kuat.

Nah…kalau cara ilmiah, semacam tidur di awal waktu, cukup istirahat, makan yang bergizi tetap merasa lemah…simak tips di bawah.

Tips Agar Badan Fit dan Tidak Mudah Malas untuk Para Ibu

Pertama:

Tentu saja berdoa. Ada doa-doa khusus yang diajarkan Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam yang lafalnya secara khusus menyebutkan meminta perlindungan dari sifat malas.

Misalnya doa ini.

اللَّهُمَّ إِنِّي أَعُوذُ بِكَ مِنْ الْعَجْزِ وَالْكَسَلِ وَالْجُبْنِ وَالْبُخْلِ وَالْهَرَمِ وَعَذَابِ الْقَبْرِ اللَّهُمَّ آتِ نَفْسِي تَقْوَاهَا وَزَكِّهَا أَنْتَ خَيْرُ مَنْ زَكَّاهَا أَنْتَ وَلِيُّهَا وَمَوْلاَهَا اللَّهُمَّ إِنِّي أَعُوذُ بِكَ مِنْ عِلْمٍ لاَ يَنْفَعُ وَمِنْ قَلْبٍ لاَ يَخْشَعُ وَمِنْ نَفْسٍ لاَ تَشْبَعُ وَمِنْ دَعْوَةٍ لاَ يُسْتَجَابُ لَهَا

Ya Allah Subhanahu wa Ta’ala , aku berlindung kepada Engkau dari kelemahan, sifat malas, sifat pengecut, bakhil, pikun dan siksa kubur. Ya Allah Subhanahu wa Ta’ala, anugrahkan kepada kami ketaqwaan jiwa. Sucikanlah, Engkau adalah sebaik-baik dzat yang mensucikannya. Engkau adalah pelindung dan penjaganya. Ya Allah Subhanahu wa Ta’ala, aku berlindung kepada Engkau dari ilmu yang tidak bermanfaat, hati yang tidak pernah khusyuk, jiwa yang tidak pernah puas dan doa yang tidak dikabulkan. (HR. Muslim no: 2722 dikutib dari fiqh al ad`iyah wa al adzkar)

Bagian minta dihindarkan dari lemah adalah pada kata “minal ‘ajzi” dan dari rasa malas adalah di kata “minal kasali”…tapi doa di atas terlalu bagus – bagi saya – untuk dilewatkan satu kalimatpun. Jadi, sambil minta dijauhkan dari rasa lemah dan rasa malas…kita juga minta hal-hal baik pengiringnya.

Berikut tulisan doa tersebut dalam bentuk gambar yang sudah dibagi menjadi tiga bagian untuk memudahkan menghafalkannya.

doa-terhindar-malas-lemah-pelit-jompo-pikun
doa-berlindung-dr-keburukan-hati-jiwa
doa-minta-kesucian-jiwa-yufidcom

Kedua:
Berdzikir sebelum tidur; Allahu Akbar 34x, Alhamdulillah 33x dan Subhanallah 33x.

ٍRasa malas saat hendak mengerjakan pekerjaan bisa jadi dikarenakan kondisi fisik kita yang lemah atau memang letih.

Fatimah, putri kesayangan nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam juga seorang ibu. Rasa letih pun yang dirasakan oleh Fatimah radhiallahu ‘anha. Ia pernah mengadukan kesulitannya pada nabi dan berharap bisa mendapatkan budak untuk membantunya. Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam ternyata memberikan tips ini sebagai gantinya – alias beliau tidak memberikan budak kepada Fatimah rodhiallahu ‘anhu -. Beliau shallallahu ‘alaihi wa sallam sengaja mengunjungi Fatimah dan Ali rodiallahu ‘anhum untuk memberitahu tips ini,

Maukah kutunjukkan kalian kepada sesuatu yang lebih baik dari apa yang kalian minta?” tanya beliau. “Jika kalian berbaring di atas tempat tidur, maka ucapkanlah takbir (Allahu akbar) 34 kali, tahmid (alhamdulillah) 33 kali, dan tasbih (subhanallah) 33 kali. Itulah yang lebih baik bagi kalian daripada pembantu yang kalian minta.” lanjut Nabi (HR. Bukhari dan Muslim).

Faidah dzikir ini bisa dibaca lebih lengkap pada artikel ini

Ketiga:
Rasa malas juga bisa muncul karena kita merasa kita melakukan itu dengan fisik badan kita dan kemampuan kita seorang diri. Ini kesalahan. Seharusnya kita tidak menyandarkan semuanya pada diri kita sendiri. Tapi serahkan pada Allah.
Saya sering mengingatkan diri saya pribadi dengan doa ini. Segala hal yang kita lakukan sangat butuh pertolongan Allah. Seringkali saat bangun dari tidur kemudian melihat semua pekerjaan rumah tangga, tugas-tugas lain dan amanah-amanah yang bertumpuk di depan mata; rasanya di hati ini sudah ada semburat kepanikan, “Aaa…gimana ni nyelesein semuanyaaaa!”

Tapi cepat-cepat saya ingatkan dengan doa ini, in sya Allah hati langsung menjadi tenang. Apa sih doanya?

Yuk di hafal juga.

doa-dimudahkan-urusan

يَا حَيُّ يَا قَيُّوْمُ بِرَحْمَتِكَ أَسْتَغِيْثُ، أَصْلِحْ لِيْ شَأْنِيْ كُلَّهُ وَلاَ تَكِلْنِيْ إِلَى نَفْسِيْ طَرْفَةَ عَيْنٍ.

“Wahai Tuhan Yang Maha Hidup, wahai Tuhan Yang Berdiri Sendiri (tidak butuh segala sesuatu), dengan rahmat-Mu aku minta pertolongan, perbaikilah segala urusanku dan jangan diserahkan kepadaku sekalipun sekejap mata (tanpa mendapat pertolongan dariMu).” (HR. Al-Hakim Shahih dlm. At-Targhib wat Tarhib 1/273.)

Oleh:  cizkah ummu ziyad
Artikel ummiummi.com

IRT. Homeschooler dari lima anak (Ziyad, Thoriq, Luma dan si kembar Handzolah dan Kholid). Web dan graphic designer. Suka membuat media belajar anak (khususnya untuk pendidikan anak Islam) yang dapat dilihat di www.lumalumi.com.

5 thoughts on “Tips Agar Badan Fit dan Tidak Mudah Malas untuk Para Ibu

  1. Mantap mb ciz!!!
    Baru dihinggapi rasa malas tak terkira browsing d yufid nemu ini…
    masyaAlloh jazakillahu khoir ya mb ciz unt artikelnya…

    1. semangaatt verr…ana juga tetap ada masa-masa gitu ko. Mungkin emang waktunya badan untuk istirahat. Tidur yang cukup dengan niat abis itu semangat laggiii.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *