cara-peram-alpukat-cizkah-ummiummi

Tips Mengeram Buah Alpukat Agar Matang Merata

Sebagai pecinta alpukat, yang kami tahu sejak dulu sekedar mengeram alpukat dengan memendamnya di beras. Alasan dibalik ini pun baru kami tahu belakangan. Buah alpukat mengeluarkan gas etilen. Jika diperam diberas, maka gas etilen ini akan terperangkap dan alpukat pun semakin “terbungkus” dengan gas etilen tadi. Hasilnya, alpukat bisa cepat lebih matang.

Namun, yang sering terjadi, matang bukan berarti hasil pematangannya sempurna. Hasilnya, tidak semua daging alpukat dapat dinikmati.

Nah, ada tips tambahan sebelum memasukkan alpukat ke beras. Caranya adalah dengan memotong bagian atas alpukat. Kemudian menutupnya kembali dengan menggunakan kertas/tisu bersih. Kemudian solasi kertas/tisu tersebut.

cara-peram-alpukat-cizkah-ummiummi2

Hasilnya alhamdulillah memang benar luar biasa.

Berikut penampakan hasil peraman alpukat dengan cara di atas. Pada foto ini kami menggunakan tisu sebagai penutupnya.

 

cara-peram-alpukat-cizkah-ummiummi

 

Pemotongan bagian atas buah alpukat ini untuk mencegah pembusukan dari arah puncak buah. Karena biasanya busuknya memang dari atas kan ya?

Catatan:

  • Tips ini kami dapatkan dari ibu pemilik sayur dekat rumah.
  • Percobaan pertama alhamdulillah berhasil. Pada percobaan kedua, kami tidak langsung menjalankan tips ini. Alpukat sudah keburu terperam di beras selama 2-3 hari. Hasilnya, ternyata ada alpukat yang sudah keburu mau busuk dari bagian atasnya, akhirnya walaupun dipotong bagian atasnya, alpukat tersebut tetap membusuk.

Semoga bermanfaat :).

 

cizkah
25 Maret 2016/15 Jumadil Akhir 1437

***
Artikel ummiummi.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Tips Merebus Telur; Matang dalam 5 Menit!

Alhamdulillah saya sudah mencoba tips ini berkali-kali sejak tahun 2017. Apalagi di waktu sahur. Jadi terasa lebih mudah karena cukup 5 menit, kompor bisa dipakai yang lain. Sebelum berpanjang-panjang, kita...

Muamalah untuk Anak, Mengenal Buruknya Harta Haram (Resensi Buku)

  Zaid menemani ayahnya berkunjung ke peternakan ayam. Zaid tampak sedih saat mengetahui bahwa telur ayam akan dijual. Ayah pun menjelaskan bahwa ayam dan telur halal untuk dimakan dan dijual....

Kardus Cantik Multi-Fungsi

Barang yang kita butuhkan kadang bisa didapatkan dengan mengolah barang bekas yang ada di rumah. Selain lebih hemat, kita juga bisa mengurangi sampah di bumi. (more…)

Allah Mampu

Engkau dalam dahaga, Allah pasti tahu itu. Maka engkau pun harus tahu, (more…)