Tips: Edit Sensor Buku, Aktifitas Mendidik dan Bermanfaat untuk Anak

Banyak pengetahuan yang memang bisa didapatkan dari buku. Banyak juga buku yang secara tampilan menarik untuk dibaca. Sayangnya, tidak semua isi dan ilustrasi buku  baik dan bagus.

Beberapa buku pengetahuan kami, isinya disampaikan dengan model komik. Ada tokohnya, ada pembicaraannya, ada ceritanya. Anak-anak sukaa sekali dengan buku ini. Sayangnya, terkadang, dari pembicaraan yang dilakukan tokoh ada hal-hal yang sebenarnya kurang baik berdasarkan syariat Islam. Atau bahkan alur cerita yang kurang mendidik bahkan bisa merusak akidah. Yang seperti ini, biasanya kami edit. Kami di sini, adalah saya bersama anak-anak.

Buku yang lain, memuat pengetahuan dengan ilustrasi yang menarik. Sayangnya, banyak wanita digambarkan dengan aurat terbuka. Yang seperti ini pun, kami edit :).

Karena kita pada asalnya adalah bertanggung jawab atas anak-anak kita.

Jangan sampai anak-anak “rusak” akidah dan pemikirannya karena buku-buku yang kita belikan untuk mereka.

Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam juga bersabda:

كُلُّكُمْ رَاعٍ وَكُلُّكُمْ مَسْئُولٌ عَنْ رَعِيَّتِهِ اْلإِمَامُ رَاعٍ وَمَسْئُولٌ عَنْ رَعِيَّتِهِ وَالرَّجُلُ رَاعٍ فِي أَهْلِهِ وَهُوَ مَسْئُولٌ عَنْ رَعِيَّتِهِ وَالْمَرْأَةُ رَاعِيَةٌ فِي بَيْتِ زَوْجِهَا وَمَسْئُولَةٌ عَنْ رَعِيَّتِهَا

Setiap engkau adalah pemelihara, dan setiap engkau akan dimintai pertanggung jawaban mengenai apa yang menjadi tanggung jawab pemeliharaannya: Seorang pemimpin adalah pemelihara, ia akan dimintai pertanggung jawaban mengenai apa yang menjadi tanggung jawab pemeliharaannya. Seorang laki-laki juga pemelihara dalam keluarganya, ia akan dimintai pertanggung jawaban mengenai apa yang menjadi tanggung jawab pemeliharaannya. Dan seorang perempuan adalah pemelihara dalam rumah suaminya, ia akan dimintai pertanggung jawaban mengenai apa yang menjadi tanggung jawab pemeliharaannya. [HR. Bukhari]

Manfaat Aktifitas Ini:

  • Orang tua mengetahui isi bacaan anak.
  • Anak sambil belajar mengetahui mana yang patut dan tidak patut untuk dilihat ataupun diserap ilmunya.
  • Anak belajar mengetahui mana yang benar dan salah.

Alhamdulillah, di buku-buku selanjutnya yang kami miliki, anak-anak mulai paham dan bahkan mereka sendiri yang kemudian memberitahu jika mereka menemukan hal yang perlu untuk diedit.

Yuk lihat-lihat buku-buku kami yang telah diedit.

edit-buku
Lihat..di menu pesta ada bir dan minuman anggur. Keduanya adalah minuman yang memabukkan yang diharamkan dalam Islam.

 

Lihat, ada aktifitas yang mengajarkan anak untuk membuat jimat. Padahal jimat sangat terlarang dalam Islam.
Lihat, ada aktifitas yang mengajarkan anak untuk membuat jimat. Padahal jimat sangat terlarang dalam Islam.
Aurat yang telah ditutup
Aurat yang telah ditutup
Aurat yang telah ditutup
Aurat yang telah ditutup
Pada buku ditulis kodok bernyanyi. Padahal suara kodok adalah tasbih. Sangat berbeda jauh antara nyanyian yang melalaikan dan tasbih yang berarti memuji dan mengingat Allah bukan?
Pada buku ditulis kodok bernyanyi. Padahal suara kodok adalah tasbih. Sangat berbeda jauh antara nyanyian yang melalaikan dan tasbih yang berarti memuji dan mengingat Allah bukan?

 

Hukum memakan kodok adalah haram. Di buku ini malah tidak membahas sama sekali.
Hukum memakan kodok adalah haram. Di buku ini malah tidak membahas sama sekali.

Kesimpulan:

Yuk…edit dan sensor buku bersama anak.

Tak usah merasa sayang bukunya akan rusak atau kotor. Karena kita sedang menjaga agar anak kita tidak rusak dan kotor akhlaq dan pikirannya ^^.

Hadits-hadits yang berkaitan dengan buku di atas adalah sebagai berikut:

  • Suara katak adalah tasbih.
    لا تقتلوا الضفادع فإن نقيقها تسبيح
    “Janganlah kalian membunuh katak, karena suaranya adalah tasbih.”(Riwayat Al-Baihaqi, no. 19166. Al-baihaqi mengatakan, Keterangan ini mauquf (keterangan sahabat), dan sanadnya sahih).
  •  Hukum makan katak adalah haram. Karena sesuatu yang haram untuk dibunuh konsekuensinya haram untuk dimakan.
  • Hukum memakai jimat adalah haram karena bisa menjatuhkan seseorang dalam kesyirikan.
    Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam lantas bersabda, “Gelang tadi malah membuatmu semakin lemah. Buanglah! Seandainya engkau mati dalam keadaan masih mengenakan gelang tersebut, engkau tidak akan beruntung selamanya.” (HR. Ahmad 4: 445 dan Ibnu Majah no. 3531).

 

cizkah
2 Mei 2015

.

1 thought on “Tips: Edit Sensor Buku, Aktifitas Mendidik dan Bermanfaat untuk Anak

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Review Buku: 26 Dosa Istri, yang Meresahkan Hati Suami

Judul : 26 Dosa Istri, yang Meresahkan Hati Suami Penulis : Muhammad bin Ibrahim Al-Hamd Penerjemah : Muhammad Muhtadi, Lc. Penerbit : Kiswah Media Tahun Terbit : 2009 Kota Terbit...

Resep Topping Spaghetti/Pizza Super Sederhana

Sebenarnya ini resep super sederhana. Tapi berdasar pengalaman dulu waktu baru nikah, yang super sederhana bisa jadi benar-benar gak ada di bayangan atau di pikiran :D. Semoga bisa membantu yang...

Pegal-Pegal Perjuangan

PEGAL-PEGAL PERJUANGAN * Namanya "ibu". Cita-citanya membumbung. Modalnya raga. Modalnya cinta. Namanya "ibu". Pegal-pegal itu biasa. Hari ini berpayah. Semoga esok tak lagi lelah. Semua ibu pasti (pernah) merasa lelah....

Belajar Bulan Hijriah dari Video Kartun Anak-Anak (Teks Senandung)

Dulu saya hafal urutan senandung bulan Hijriah dari video senandung bulan Hijriah yang saya mainkan untuk anak-anak. Kekurangan dari senandung tersebut adalah berbahasa Inggris dan ada bagian yang diulang-ulang dan...