Tips Cara Memperdengarkan Al-Qur’an; Agar Anak Mudah Menghafal Al-Qur’an

Kita mungkin sering mendengar tips-tips agark anak lebih mudah menghafal Al-Qur’an. Namun seringkali kita bingung menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari.

Salah satu tips yang telah terbukti adalah memperdengarkan Al-Qur’an 1 juz/hari sebanyak 5 kali sejak mereka bayi. Satu juz yang sama ini diulang-ulang selama 1 bulan.  Hasilnya selama satu bulan berarti mereka telah mendengar satu  juz sebanyak 150 kali.  Dalam 2 ,5 tahun,berarti anak telah mendengar 30 juz Al-Qur’an.

Hal ini insya Allah akan memudahkan mereka di kemudian hari ketika menghafalkan Al-Qur’an. Syaikh Dr. Kamil Al Labudi telah mempraktekkannya kepada anak-anaknya. Semua anaknya hafal Al-Qur’an sebelum umur 5 tahun.

Merasa telat mempraktekkan ini? Jangan khawatir. Tak ada kata telat insya Allah. Mari kita praktekkan tips ini sesegera mungkin. Saya sudah mulai mempraktekkannya sekitar 6 bulan yang lalu. Baik kepada anak kembar saya yang masih bayi, maupun kepada kakak-kakaknya yang sudah berusia 3 tahun, 6 tahun dan 10 tahun. Alhamdulillah efeknya sangat terasa sekali. Apalagi ke anak saya yang berusia 6 tahun. Kelihatan sekali dia tipikal belajar audio. Dia bisa hafal ayat-ayat yang sedang dihafal kakaknya. Seringkali saat Ziyad (10 tahun) sedang menyetorkan hafalannya, Thoriq (6 tahun) tahu sambungan ayat selanjutnya. Barokallahu fiihim.

Bagaimana mempraktekkan tips memperdengarkan Al-Qur’an ini?

  1. Mulai membeli speaker. Ketika mengetahui tips tentang memperdengarkan Al-Qur’an setiap hari ini, kami tidak serta merta mudah mempraktekkannya. Kami pernah mencoba dengan membeli speaker kecil. Kami pikir biar anak mudah membawanya. Ternyata malah mudah rusak, suaranya cepat cempreng. Padahal harganya minimal > 50.000.Jeda cukup lama sebelum akhirnya kami ingat lagi dengan tips ini dan meniatkan dengan kuat untuk mempraktekkannya setiap hari.Setelah membaca beberapa review, akhirnya kami putuskan membeli speaker yang lebih besar. Merk yang kami beli adalan Advance. Tipe yang kami beli adalah T-101BT. Tipe  pertengahan; tidak terlalu mahal dan juga tidak murahan insya Allah.
    speaker-advance3
    speaker jenis T-101-BT atau jenis yang dibawahnya – tanpa bluetooth- bentuknya sama seperti ini.

    Harganya sekitar Rp 170.000 – Rp 185.000. Speaker ini memiliki fitur bluetooth, remote, usb, dan radio. Alhamdulillah selama 5 bulan pemakaian, suaranya masih jernih.

    Pernah juga kami membeli tipe yang dibawah itu karena stock penjual kosong. Perbedaannya hanya tidak ada fitur bluetoothnya. Tapi alhamdulillah tidak masalah dengan itu. Kami menggunakan speaker tersebut dengan tambahan flashdisk. Kualitasnya pun sama bagus alhamdulillah.

    Speaker dengan fitur bluetooth kami gunakan di ruangan tengah. Karena terkadang kami mendengarkan kajian yang distel dari laptop, fitur bluetooth sangat terasa manfaatnya. Speaker kami letakkan di tempat yang tinggi agar dapat terdengar di seluruh ruangan.

    Yang juga kami suka dari speaker ini adalah suaranya yang tidak cempreng, bisa keras namun tidak menganggu sampai ke ruangan lainnya.

  2. Membeli flashdisk untuk diisi murotal. Tidak perlu flashdisk dengan ukuran besar, karena kita hanya akan mengisi dengan murottal sebanyak 1 juz. Hal ini agar speaker otomatis memutar ulang dari awal juz  ketika sudah sampai di file yang terakhir.

    speaker advance
    ini jenis yang tanpa bluetooth. Kami pasang di kamar anak-anak dengan tambahan flashdisk untuk data MP3-nya.
    speaker-advance2
    speaker advance yang kami letakkan di ruangan tengah. Digunakan untuk mendengarkan kajian atau murottal

     

  3. Menyediakan file murottal MP3 dari qori’ yang sesuai untuk anak. Bunda bisa membeli media-media lain yang dapat langsung  kita gunakan file MP3-nya atau mend-download murottal dari sumber-sumber murottal di internet. Di antara sumber murottal yang kami ketahui adalah:
    1. Quranicaudio.com
    2. Everyayah.com

Bacaan Syaikh Siapa?

Kami memperdengarkan bacaan murottal dari beberapa syaikh. Namun yang utama dipasang di kamar kami – yang tidur bersama para bayi –  adalah syaikh Ghomidi. Di kamar anak yang lebih besar syaikh Aziz Alili. Di ruang tengah, biasanya berganti-ganti tergantung situasi. Pemilihan kedua syaikh tersebut karena bacaaannya tidak terlalu cepat, makhrojnya (terutama syaikh Aziz Alili) terdengar jelas, disertai irama bacaan yang disukai semua anggota keluarga.

Ada beberapa syaikh yang memang dikenal sangat bagus secara tajwid, tapi anak-anak tidak terlalu suka karena nada bacaannya yang cenderung datar. Misalnya syaikh Hudzaifi atau syaikh Aiman. Ada juga yang secara irama bacaan disukai semua anggota, tapi terlalu cepat sehingga kurang bisa diikuti oleh anak-anak, misalnya syaikh Shuraim atau syaikh Sudais. Jadi, silakan Bunda sesuaikan dengan kebutuhan anak.

Berapa Kali Sehari?

Di tips dikatakan 5x sehari. Silakan Bunda sesuaikan dengan situasi dan kondisi di rumah agar anak dapat maksimal mendengarkan murottal tersebut. Untuk di kamar anak-anak kami sudah berusaha menyetelnya rutin diganti setiap bulan satu juz. Setiap hari kami hampir menyetelnya sepanjang waktu.  Dimatikan ketika diperlukkan saja, misalnya ketika anak-anak sedang setoran hafalan.

Saat Mengganti Isi Flashdisk

Cara menggunakan speaker USB seperti ini adalah setiap hendak mengganti isi file flashdisk, maka flashdisk harus diformat terlebih dahulu. Bukan sekedar dihapus biasa. Kalau tidak diformat, speaker tetap akan memutar file dari isi flashdisk yang pertama kali kita isi.

Yuk, mulai dipraktekkan

Yuk, mulai dipraktekkan. Kita perdengarkan Al-Qur’an pada anak-anak kita setiap hari (selain kita juga membacanya setiap hari). Ini adalah salah satu penghantar agar anak mudah menghafal Al-Qur’an. Tahapan lainnya tetap harus kita lakukan. Doa, keikhlasan dan keistiqomahan dalam menghafal harus terus mengiringi. Semoga Allah memudahkan kita dan anak-anak kita menjadi penghafal Al-Qur’an. Aamiin.

 

cizkah
Yogyakarta, 8 April 2017/Rajab 1438 H

Artikel ummiummi.com

IRT. Homeschooler dari lima anak (Ziyad, Thoriq, Luma dan si kembar Handzolah dan Kholid). Web dan graphic designer. Suka membuat media belajar anak (khususnya untuk pendidikan anak Islam) yang dapat dilihat di www.lumalumi.com.

8 thoughts on “Tips Cara Memperdengarkan Al-Qur’an; Agar Anak Mudah Menghafal Al-Qur’an

  1. Mba, download muratal syekh aziz alili yg per juz dimana ya? Nyari ga nemu”, hehehe

    1. Kalo yang per juz kurang tau mba Irma. Saya downloadnya juga per surat seperti dari quranic video. Nanti milah2nya manual aja. Insya Allah saya posting deh ya per juz suratnya apa aja, biar gak perlu searching ke mana2

      1. :) gitu ya mba, aku mau download dulu trus aku mau coba praktekin ke anak aku mba. Semoga istiqomah, soalnya keseringan awal” doank semangatnya.

        Oia makasih ya mba atas tulisannya yg selalu menginspirasi :) jazakallah khair mbaa

  2. Ana masih takjub cerita Ummahat yg anaknya laki2 dan perempuan & kamar tidur mrk udah wjb dipisah krn udah umurnya, beloau cerita dia perlukan 2 murotal audio di masing2 kamar. MaasyaaAllah. Smga Allah sibukkan anak2 qta dg Al Qur’an.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *