Tips Flashcard Anak Tetap Awet, Tak Mudah Hilang (Foto dan Video)


Ring ini bukan gantungan kunci. Namun, memang murni ring besi multi fungsi yang mudah dibuka dan ditutup kembali.
Mudah di sini maksudnya bagi orang tua. Jadi, jangan khawatir. Buah hati Bunda tidak mudah membukanya insya Allah.

Ring ini bisa biasanya bisa didapatkan di toko craft atau toko alat jahit. Bisa dicoba juga di toko alat tulis.

ring-besi

Ring ini sangat berguna karena

  1. Kartu bergambar yang sifatnya berurutan akan tetap tertata dan tidak harus kita susun setiap kali kita ingin mengajarkan kepada anak.
  2. Kartu bergambar yang sifatnya acak pun tetap akan tersimpan. Saat hendak digunakan bisa dibuka dan baru dimainkan. Semisal kartu bergambar berpasangan yang dimainkan untuk permainan memasangkan (matching games).

Tips untuk membolongi kartu:

  1. Bunda tidak perlu melaminating kartu bergambar/flashcard. Biasanya flashcard sudah menggunakan bahan kertas yang cukup tebal sehingga tidak mudah robek. Kecuali memang ditarik oleh anaknya hehe. Tapi dalam hal ini, yang menggunakan kartu biasanya adalah orang tua. Baik saat mengajarkan, maupun saat penyimpanan. Utamanya karena biasanya anak yang menggunakan flashcard berusia di bawah lima tahun. Adapun ketika anak dapat menggunakannya secara mandiri, insya Allah mereka juga tidak akan menariknya dan tahu bagaimana menggunakannya.tips-flashcard-awet
  2. Beri jarak dari pinggir flashcard  agar tidak mudah robek saat flashcard sering digunakan. Biasanya jika sering digunakan, lubang akan membesar. Maka perhitungkan letak lubang yang hendak Bunda buat.puncher-pembolong-kertas
    tips-flashcard-awet-ummiummi
    Bisa digunakan untuk flashcard lain yang mudah tercecer karena menggunakan ring kawat terbuka (lihat video untuk lebih jelasnya)

     

Catatan:
Untuk yang berada di Jogja, saya membeli ring ini di PROGO. Di bagian alat jahit (letaknya di dalam bagian alat tulis).  Alternatifnya, Bunda bisa membeli di toko JOLIE toko craft di jalan Diponegoro atau Bella Craft (letaknya dekat dengan Progo dan Pasar Beringharjo).

Video:

cizkah
7 Juni 2016/2 Ramadhan 1437

IRT. Homeschooler dari lima anak (Ziyad, Thoriq, Luma dan si kembar Handzolah dan Kholid). Web dan graphic designer. Suka membuat media belajar anak (khususnya untuk pendidikan anak Islam) yang dapat dilihat di www.lumalumi.com.

2 thoughts on “Tips Flashcard Anak Tetap Awet, Tak Mudah Hilang (Foto dan Video)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *