subscribe: Posts | Comments | Email

The Other Way (Alternatif Obat Maag Akut)

7 comments

Beberapa hari yang lalu, maag saya sempat kambuh. Padahal sudah lama sekali tak pernah datang maag itu. Tapi qadarullah saya harus merasakannya lagi dan kali ini sangat dahsyat. Mungkin hampir sama seperti yang mbak Siska rasakan seperti di tulisannya yang berjudul “Kekuatan Air Kelapa” itu. Dan pas juga, sama-sama dalam keadaan hamil 7 bulanan.


Benar-benar maag yang saya rasakan waktu itu, belum pernah sama sekali saya rasakan, tidak seperti maag yang dulu-dulu. Yang datang kali ini bertahan sampai berhari-hari. Obat minum nggak ada pengaruhnya sedikitpun. Sempat nyoba juga jurusnya mbak Siska untuk minum air kelapa muda murni, tapi ternyata it’s not work for me, mungkin hasilnya beda-beda ya untuk setiap orang. Sampai akhirnya suntikan-suntikan pereda nyeri maag dan mual muntah, serta 7 botol infusan pun harus masuk mengalir selama beberapa hari.

Setelah 3 botol infusan, ibu saya kabari. Ekspresi lumrah dari seorang ibu, beliau kaget dan terdengar sedih. Sesudah cerita begini-begitu, ibu memberi saya resep obat maag, yang adik saya dan mbak di rumah juga minum, yang notabene mereka itu penderita maag yang sangat parah. Resepnya yaitu larutan tepung kanji. Takarannya 1 sendok makan tepung kanji dilarutkan dalam air secukupnya, tidak kental dan tidak terlalu encer. Untuk pemberi rasanya bisa tambahkan madu atau sari kurma secukupnya sesuai selera.

Sempat pertama kali coba, nggak ada pengaruh apa-apa, jadi saya malas untuk mengulangi lagi. Namun ketika ibu telpon lagi beberapa hari kemudian, ibu menyuruh saya untuk kembali meminum formula ini. Ya saya nurut aja. Dan untuk percobaan kali ini langsung terasa khasiatnya. Tidak lama setelah minum larutan tepung kanji tersebut, rasa perih di lambung berangsur reda. Ternyata setelah saya ingat-ingat, yang pertama kali saya bikin itu terlalu encer, jadi mungkin bisa berkurang khasiatnya. Padahal tadinya saya sudah mau minta suntik lagi aja sama suami, karena tidak tahan perihnya.

Obat Sakit MaagSemenjak merasakan khasiatnya, setiap mulai terasa agak perih  atau perutnya terasa tidak enak, saya langsung minum larutan tepung kanji itu. Alhamdulillah problem solved. Saran adik yang sudah pengalaman, dia menganjurkan untuk merutinkannya, minumnya pagi dan sore/sebelum tidur. Dia juga minum larutan itu jika hendak makan makanan pedas karena adik saya maagnya sudah sangat parah.

Yang sudah saya rasakan, larutan ini nggak bikin kembung. Paling tidak gas yang terbentuk langsung keluar lewat sendawa. Ssetelah merasakan enaknya perut sehabis minum larutan itu, saya langsung ingin tahu, adakah resep obat maag tepung kanji itu di internet?  Search..dan langsung ketemu! Ini dia resep yang saya temukan:

 

  1. Ambil tepung kanji kurang lebih 1 ons
  2. Sangrai tepung kanji (digoreng tanpa minyak) sampai agak kekuning-kuningan
  3. Setelah disangrai, ambil 2 sendok tiap hari untuk dicampur dengan setengah gelas air panas
  4. Biarkan sampai agak dingin, setelah itu langsung di minum
  5. Lakukan tiap hari selama satu minggu, sampai merasa maag anda berkurang atau hilang
  6. Ingat sebelum meminum ramuan ini, Jangan lupa berdoa (membaca Bismillah) kepada Allah Ta’ala untuk berharap kesembuhan, sebab manusia diwajibkan berusaha sementara letak kesembuhan hanya ALLOH lah yang berhak menentukan. Sumber:http://doktersehat.com/tepung-kanji-untuk-mengobati-maag/#ixzz1yoKyEow6

Sedangkan resep dari saya,

  1. Cukup ambil 1 sendok makan tepung kanji
  2. Larutkan dalam air secukupnya, jangan terlalu encer (air biasa, bukan air hangat/air panas, karena akan mengental hasilnya),
  3. Bisa ditambah madu atau sari kurma secukupnya sesuai selera untuk penambah rasa

Silakan mau mencoba yang mana, intinya sama saja, semoga khasiatnya juga sama insyaa Allah. Mungkin resep ini juga tidak pasti berhasil pada setiap orang ya, cocok-cocokan juga, tapi apa salahnya jika dicoba. Yang terpenting adalah poin nomor 6 di atas. Tak akan ada kesembuhan jika Allah tidak menghendakinya. Allah Ta’ala berfirman:

وَإِذَا مَرِضْتُ فَهُوَ يَشْفِينِ

..dan apabila aku sakit, Dia-lah yang menyembuhkanku“. [Asy Syu’ara’: 80].

Alhamdulillah suami selalu mendoakan saya agar lekas sembuh, sambil mengusapkan tangan kanannya pada bagian perut saya yang terasa sakit. Seperti yang dicontohkan Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam, dari ‘Aisyah radhiallahu ‘anha bahwasanya Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam menjenguk sebagian keluarganya (yang sakit) lalu beliau mengusap dengan tangan kanannya sambil membaca,

اللَّهُمَّ رَبَّ النَّاسِ أَذْهِبِ الْبَأْسَ، اشْفِ، أَنْتَ الشَّافِي لاَ شِفَاءَ إِلاَّ شِفَاءُكَ، شِفَاءً لاَ يُغَادِرُ سَقَمًا

Ya Allah, Rabb seluruh manusia, hilangkanlah penyakit ini. Sembuhkanlah, Engkau adalah Dzat yang Maha Menyembuhkan. (Maka) tidak ada obat (yang menyembuhkan) kecuali obatmu, kesembuhan yang tidak meninggalkan penyakit.” (Muttafaqun ‘alaih)
Dan beliau juga selalu mengingatkan saya agar selalu membaca doa ini ketika rasa panas dan perih di lambung menerpa,

 

باسم الله 3x
أَعُوْذُ بِاللهِ وَقُدْرَتِهِ مِنْ شَرِّ مَا أَجِدُ وَأُحَاذِرُ7x

Aku berlindung kepada Allah dan kekuasaanNya dari kejahatan sesuatu yang aku jumpai dan yang aku takuti.” [HR. Muslim]
Yap..that’s the other way to solve your maag. Selamat mencoba…^^

Ditulis di Lombok, pulau seribu masjid
6 Sya’ban 1433 H, bertepatan 26 Juni 2012
Rafika Sofiani

  1. Verawaty Lihawa says:

    Alhamdulillah, akhirnya bisa juga baca tulisan eneng di sini.
    Kumaha kabarna? Semoga dimudahkan kehamilannya, kelahiran, dan perawatan dedeknya ya.
    Brp hari ini kebetulan lagi cari obat maag alami juga.
    Ketemu makanan Indo yang pedes2 jadi main hantam aja. Suka sok lupa klo sering sakit maag juga.
    Maklum hampir setaon jarang liat kuliner Indo, jadi pengen makan aja bawaanya.
    Salam buat Rayya…

    • elaa…ada yang nanyain no hp ela di indonesia.
      kapan balik ke riyadh?

      • Waduh, maaph sangat Mba Ciz. Bener2 baru baca pesannya yg ini. Kmaren slama di Indo cuma sekali aja cek e-mail. Di rumah agak susah akses i-netnya. Gak punya modem. Hikz bgt dah pokoknya.
        Ana skrg sudah di Ryadh, Mba. Baru dua hari nyampe.
        Masih butuh nope ana kah? Ana bawa nomor Indonesia jg ke Ryadh. Biar temen2 di Indo bs sms ke situ dgn tarif lokal Indo.

  2. bunda isa says:

    assalamu’alaikum, bun bun saya juga pernaah mencoba minum susu bila pas nyeri perut. hasilnya tidak enak,tapi susu akan menyerap gas yang ada di lambung. Kedua adalah ramuan herbal dari parutan kunyit. ambil kunyit segar yang tua (orens banget warnanya), cuci bersih dan dikupas bersih. parut secukupnya. terus disaring, ambil yang kentelnya ( kalo aku saringnya pakai saringan kain yang tuiiipis/ saringan tahu, maka akan didapat seperti ekstrak yang ada pathinya ( serbuk 2 putih dan cairan kunyitnya orens, kurang lebih satu sendak makan) trus cairan ini di beri madu. minum deh pagi sore, insyaallah berkurang. terus jangan lupa untuk menghindari/ mengurangi minum teh, minuman bersoda, dan makanan yang mengandung gas : ubi, kubis, semoga membantu. wassalamua’alaikum.

    • wa’alaikumussalam warahmatullah..jazakillahu khayron bunda isa. Ternyata banyak alernatif obat tradisional untuk sakit maag ya.
      Saya lucu kalau baca artikel shofi, soalnya suami dokter. Tetap akhirnya ke obat tradisional :D.

  3. izin share ya ukh..

  4. yg resep mbak dsangrai jg sagu ng??

Leave a Reply