Tentang UmmiUmmi.com

Berkarier sebagai ibu rumah tangga merupakan sebuah pilihan yang paling utama untuk seorang muslimah. Bukan hanya soal dapur, sapu, pel, dan sabun cuci. Bukan hanya soal perut kenyang dan anak senyap. Bukan soal menyelesaikan tumpukan PR anak dari sekolah. Namun, banyak pernik kecil dalam keseharian kita yang sebenarnya bisa berubah istimewa jika dilakoni dengan cara yang berbeda. Berbeda karena kita seorang muslimah. Berbeda pada niat yang ada dalam hati kita. Berbeda pada tujuan akhir kita. Berbeda dari cara kita mendidik generasi selanjutnya dari umat Muhammad shallallahu ‘alaihi wa sallam.

Memasak adalah tantangan untuk semakin kreatif.
Mencuci adalah kesenangan karena melihat yang kotor jadi bersih kembali.
Menyuapi anak adalah kelegaan karena menatap ceria wajahnya yang polos tanpa beban.
Mendampingi anak belajar adalah kebahagiaan karena kita sedang menjalani peran seorang pendidik generasi Rabbani.

Ketika semua dilakukan dengan cinta. Ketika yang kita ingat saat melakukan semua itu adalah mengharap ridha Allah dan balasan surga-Nya. Dunia ummahat berisi peluh dunia untuk menghimpun bahagia akhirat.

Dunia ibu memang selalu punya pembahasan yang menarik.  Untuk itulah ummiummi.com ada. Siapa tahu ada yang punya masalah dan perlu cari solusi, atau mungkin sekadar curhat melepas penat. Siapa tahu ada yang punya pengalaman dan info bermanfaat yang diperlukan ummahat lain di dunia seberang. Ummiummi.com, sebuah tempat untuk saling berbagi, sebuah tempat untuk saling peduli. A place to share, a place to care.

*

Bagi Ummahat yang ingin berbagi cerita tentang aaapa saja yang insya Allah bermanfaat untuk Ummahat lainnya, silakan kirim e-mail ke redaksiummi@gmail.com (sertakan pula biodata singkat untuk keterangan penulis ya). Masukan dan saran sangat kami harapkan agar website kita ini semakin baik, hari ke hari.

7 Ramadan 1431 H
Cizkah & Athirah

60 thoughts on “Tentang UmmiUmmi.com

  1. Assalamu’alaykum. Lhoh, perasaan baru kmrn dikabari mau launching, ini kok udah tayang? Cpt bgt ya? Ckckck.. 2 admin ini memang ibu yg brsemangat. Bpk2 dilarang turut campur apa gmn ni? Lha kok ummiummi semua `-`. Usul nih, tambah rubrik khusus diskusi ibu2.. Oya ini bkn semacam milis ummahat alumnus jogja kan? *senyum*

    1. heheh wa’alaikumussalam warahmatullah…la abis nunggu perfect mala gak loncing2…nanti malah semangatnya kendor lagi hehe…
      maksudnya bapak2 turut campur gimana mba? diskusinya ya?

      Oya ini bkn semacam milis ummahat alumnus jogja kan? *senyum*

      ya nda dung…harapannya seeemuaaa ummahat bergabung menghidupkan sunnah di sini…aamiiin…

      itu maksudnya rubrik khusus diskusi kaya forum gitu ya?
      pas ana umumin di fb juga ada yg usul bgt…tapi kami sudah diskusi bolak2…dan untuk sementara masih dipending dulu mba kemunculan forumnya. Nunggu sikon sama orang yg mo bantuin ngurusin kali ya hihi

    2. Oya ini bkn semacam milis ummahat alumnus jogja kan?

      Jelas bukan mba…. Ini buat para ummahat. Ummahat yang baru jadi penganten baru, ummahat yang udah punya momongan, ummahat yang sedang menanti momongan, dan para calon ummahat… ^^

      Namanya juga UmmiUmmi … Ibu-ibu ……

    1. hehehe…kebetulan aja mungkin mi..secara desain untuk yg model2 gini emang begini ini : D.
      Soalnya ana melajarin juga design2 dari majalah parenting *sok beralasan*.

  2. mirip banget sama **e*rb**m*m* ^^ baarokallohu fiikum, antunna hebat sekali masyaalloh.. ^^

    1. @ Mama’e hamzah

      wa fiki barokalloh… galuh dipanggil “ma’e” ya sama hamzah? bukan “ummi” atau “ibuk”? ^^

  3. alhamdulillah, sudah loncing. pertama kali liat langsung jatuh cinta dech. cantiiiikkkk subhanalloh. semoga dengan adanya site ini smakin menambah smangat ummi ummi menjadi pembelajar terbaik. amiin. jazakumulloh khoir para admin, smg mjd amal jariyahnya ^^

  4. ana boleh ikutan tak ya??? hehe… hmm kayaknya disini yg seangkatan ana cm uminya ahmad mba zulfa… tulisan yg masuk disini harus yg belum pernah diposting ya? tapi g pede ah masukin tulisan disini… masih amatir dalam dunia tulis menulis^^

    btw numpang nanya mama’e hamzah/ galuh yg koment di ats ini galuh yg mana ya, apakah akhwat samarinda yg pernah ana kenal di yogya dulu?

    1. eeh….ayo dong…boleh banget…dikirim ke imel redaksiummi@gmail.com ya
      ini padahal ummi2 buat umum…tapi yang komentar kebanyakan yang saling kenal jadinya kesannya jadi milik angkatan tertentu yak? hehe…padahal gak gitu

      bukan, ini galuh asli klaten mba

      1. hehe… iya yg koment kebanyakan dah saling kenal sih, seperti umminya 2f ana jg dah kenal, dah ketemu jg di jogja dl, ketemu lg di balikpapan, terus ukti VL juga dah pernah ketemu di balikpapan, latar belakangnya sama-sama ngikut suami yg asli balikpapan hehe… kalau ukhti cizkah seangkatan umminya 2f, mungkin jg ana sdh pernah lihat dulu wktu ta’lim di yk^^

  5. mmm…kayanya mungkin pernah ketemu pas briefing badar kali ya Mba2…hehehe…soalnya ana dulu badar sekelas ama Mba Diana :)Mba cz kelasnya di sendowo ana kelasanya di wisma azzahra (deket masjid assalam tu daerah mana ya?)

    eh iya tu Mba Diana tulis menulis hayuk…ditunggu lo :)

    1. kelas di sendowo? bukannya setelah wisma sendowo (an-niisah) terbentuk/ mulai ditempatin, wisma az-zahro yang di jakal gang grompol tuh dah bubar?? kalau nama tempat masjid as-salam itu ana nggak tau apa nama daerah situ, tp yg jelas deket swakarya tempat kost-anku hehe… duuuuh jd pengen main ke jogja lagi…^^

      @mba cizkah: nama diana kn emang familiar, soalnya kan putri inggris gitu lho…^^, tp kalo yg ini muslimah, alhamdulillah dulu teman-teman ta’lim banyak jg yg kenal ana dengan nama saudah, soalnya ustadz wktu nggak mau manggil nama diana whehehe… Allaahumma tsabit qolbiy ‘alaa diinik

  6. waduh Mba g tau deh…udh lupa…kita badar 2003 kn ya? nah Mb Cz wktu itu ikut kelas dimana tu Mba?

    hehe…*merunut sanad*

    sapa tau aja bisa smmbangkitkn memori masing2 ^^

  7. dah, sini-sini… diceritain kisah “lengkapnya”:

    * wisma zahra pertama lokasinya di kricak kidul jl magelang. belum ada program badar waktu itu. Wah ini wisma paling sederhana dibanding wisma2 selanjutnya, sederhana kamar mandinya, kamar2 tidurnya, tempat jemurannya, halamannya, kendaraannya (alias pake kaki ke mana2 n ngangkot), semuanya serba sederhana, termasuk sederhana makannya, hehehe… Masih jaman susah, hp aja muahal pisan, n 1 wisma yg punya jg cuma 1 orang. Waktu jaman itu sudah ada DM edisi pertama, namanya masih sederhana jg, “Dauroh Muslimah”. Bukan DM “Dauroh Marhalah” lho ya, kalo yg itu punya KAMMI (maklum ini jg mantan kader KAMMI)
    * trus karena pengen naik “taraf”, ganti suasana, n lbh mendekati kampus UGM khususnya, az zahra pindah ke grompol jl kaliurang. Jamannya zahra grompol, daurah berganti nama menjadi “DMD” alis Dauroh Muslimah Dasar, dan mulai ada program Badar
    * Nah, karena akhwat hobi pindah2, maka wisma pun ganti lokasi lg ke sendowo, az zahra berakhir dan berganti nama menjadi “aanisah”, atas ide ustadz fauzan, waktu itu ide nama wisma dari pihak akhwat ga diterima, maklum kalah dalil. Jamannya ini Badar makin rame n banyak pesertanya. Alhamdulillah makin banyak yg antusias. Ckckckc…. Salutt! Semangat akhwat kala itu ga kalah dg akhwat blogger jaman sekarang. Secara pribadi, inilah salah satu yg membedakan dakwah salaf kampus2 di jogja begitu berbeda dg kota2 lain.

    Adapun tempat2 yg pernah jadi tempat belajar Badar akhwat al:
    1. Masjid Teknik, pesertanya akhwat teknik dan sekitarnya
    2. Masjid Kedokteran, pesertanya anak2 KU dan sekompleknya, maklum anak2 KU ini jam terbang kuliahnya tinggi, jd memang rada istimewa jadwal n tempatnya, huuh pagi bener… belum pada sarapan tuh
    3. Wisma Aaniisah sendowo
    4. Masjid sebelah SDN Karangwuni, dekat lokasi wisma az zahra sebelum pindah ke sendowo, ini lho yg ditanyakan ummi kali, As salam ga pernah dipake Badar. Jadwalnya jg pagi2 bener nih… subhanallah pada semangat
    5. Wisma Daar el Rosis, daerah Sagan sepertinya jg pernah jd tempat Badar, n jd salah satu markaz Ma’had ilmi
    6. Setelah Sakiinah tiada, dan terbentuk wisma RI tidak terlacak lagi oleh penulis kisah ini dimana kisah selanjutnya, sepertinya ash-haabul Qishshah yg lebih mengerti sejarah selanjutnya

    Nah, kalian tinggal milih, dulu lokasinya dimana…
    Selamat bernostalgia, semoga tidak hanya membangkitkan memori seperti kata ummi, tp juga membangkitkan semangat ibu2 seperti dulu kembali

  8. Hehe mba rin komplit nih ceritainnya… Kalo yg jelas aku ingatnya dl ikut badar pertama kali, aku kelas i’daad bareng lifa, rizka, trio temen kostku, yg ajarin nahwu shorof mba yun sm mba na…hadeeh lumayan di ajarin sm mba na :p… Terus kdg kelas dipindah ke zahra… Trus naik kls. .. Pindah ke sendowo belajarnya… Teruuussss ketemu kekasih hati… Teruuusss jadi jrg msuk kelas… Kata ustadz “nyindir” kalau dah nikah dah tamat juga belajarnua :p…hehe… Nggak lama aku go home ke balikpapan

    1. ohh…sepertinya ana mulai inget heheh…dan kayanya mba diana gak bakal kenal ana deh tapi ana insyaAllah kayanya tau. Ana kan anak baru ngaji. Ana ikut badar yang pas DMMD 2004 itu loh. Trus belajarnya di wisma azzahra sendowo. Pas mulakhos sama ust Eko di Rosis sagan juga ikut.
      Mba diana yang dulu pas baru anak pertama perempuan sempet dateng di kajian as-salam sama ust. marwan…trus sempet disuruh baca kitab ya hehe.
      Pake kuny yah ummu abdirrahman gak si mba dulu? : D

      wih..jadi inget sama yang namanya mba na…
      Ini ana baru2 ini chat sama mba Ira kusnadi ya…seakrang tinggal di qatar. Katanya dulu tinggalnya di zahra yang di kricak itu. hehe…

      1. assalaamu’alaykum.wah bagus banget,baru nemuin blog ini.isinya nostalgia akhwat jogja jadi kangen.semoga bermanfaat dan tetap semangat :}.Dek, sepertinya yang di qatar dan dulu di zahra kricak itu mba ira kaban ummu zulfa bukan mba ira kusnadi..

          1. alhamdulillah,baek mba zulfa.ana suka baca blognya anti lho..baguss buat referensi mendidik anak.salut pada para ummahat yg suka nulis hal2 yg bmanfaat.semangat terus…baarokalloohu fiikunna

  9. wah wah.. rame. ikut absen ni ^^
    saya dulu juga peserta badar (tahun 2004 ya?) pas DMMD. yang ngajar mbak Nana. belajarnya pindah2. pernah di masjid al ikhlas sendowo, as salam sendowo, wisma sendowo, dll. Beda kelas sama umminya 2F. Sama mbak sis dulu belum kenal ya mb. sekelas sama siapa ya, ada venti, watik (kecil) mbak avie sama mbak fany dulu juga ikut mustami’ah di kelas yang sama. dulu mbak saya juga ikut. siapa lagi ya… lupa.

    iklan: para mantan peserta badar jangan lupa, silahkan berkunjung ke http://badaronline.com

  10. Assalamua’alaikum…
    Para Ummu yang semoga selalu diberkahi Allah….
    Situs parenting yg baru ya….

    Introducing me….
    aku ummu qolbunnadhifah, anakku baru 9 bulan, dari cirebon.
    boleh ikut gabung di sini….??
    ingin ikut silaturahim, share & menebar catatan… (yg mungkin akan penuh editan nanntinya….gpp ya?)
    bagaimana caranya, ummu?
    di tunggu reply nya ya…

    Wassalamualaikum….

    1. wa’alaikumussalam warahmatullah…

      afwan baru jawab…agak susah dapet sinyal 2 hari ini karena hujan deras plus sibuk lebaran heheheh…
      sebagaimana ditulis di postingan di atas, bisa dikirim ke redaksiummi@gmail.com umm ^^
      ditunggu sangat tulisannya ya..kalo ada gambarnya lebih bagus lagi insyaALlah

  11. assalamualaikum
    waah mbak, ibu, ummi mau ikutan obrolannya yaa, tapi bukan lulusan jogja, kangen sama situs yang tidak duniaaa banget, yang nge ingetin dunia ibu, dunia sesudah dunia, baru nemu situs ini, moga-moga berlanjut, ditunggu tulisan lainnya ( malu-malu pingin nulis tapi bacaannya masih acakadut)

    1. ala bisa karena biasa, mb : ) itu petuah mbah2 tempo doeleoe yang tetap berlaku buat ana moeda masa sekarang (kita anak muda? hehe ^^ )

      pintu ummiummi terbuka buat ummahat semua, baik komen maupun tulisan.

  12. masyaa Allah ummu-ummu ini, yang jarang online ketinggalan jauh ya…..
    baarakallahu fiikum…

  13. dek athirah, bisa minta no hp anti? kirim lewat imel yah…
    dulu kayaknya pernah dpt sms dr nomer anti, tp dulu banget, kehapus sblm disave kayaknya
    syukron, jazakillah khair

  14. Maasyaa Allah..baca koment2nya serasa baca shiroh akhowat senior djaman doeloe di Djogdja… hmmm..(manggut2)..gitu toh sejarah akhowat salaf di Jogja dulu…
    kalo saya termasuk perowi g y… baru masuk saat wisma Zahiroh dah nda ada..tinggal RI dan Hilyah… juga hanya sempet ketemu dg beberapa akhowat senior…
    Baarakallaahu fiikunna

  15. @ mb athirah: Naufal udh 3,5 th mb. Adik Ahmad 1,5 th.
    @ umahat: Bgmn ya spya anak jd pede & mudah sosialisasi, hbsnya anak ana yg besar sulit berteman, beda dg adikny.

  16. Suka bgt mb, sama website ini.
    baru buka dan langsung jatuh hati^^
    tips nya aplikatif bgt. . .
    dan trnyata kontributornya rata2 para ummahat alumni jogja

  17. jazakillahu khayron, ummi
    artikel2nya bagus2 meskipun saya blm jadi ummi
    insyaallah bermanfaat setelah saya menikah nanti :)

  18. @dek ely:
    sama kasusnya ma ana, dek. cuma kebalikannya. si kakak pede bgt, sdg adeknya aktif tapi agak lama sosialisasinya…sebenarnya kalo lingkungannya ‘ramah anak’, spt org sekitarnya gampang ngajak main duluan (cilukba misalnya), si anak jg akan nyaman berada disitu. tapi kalo tidak, ya kita sendiri yg hrs aktif membuat anak bisa nyaman dulu. bawa mainan yg biasa ia mainkan di rumah atau tetap dampingi anak atau minta saudaranya membantu mendampingi anak utk mengenal lingkungan sekitarnya. Gunakan jg alat atau barang baru di sekitarnya utk sarana bermain. Jgn nge-cap anak (plg tdk di depannya) sbg ‘si anak pemalu’, tapi katakan ‘dedek ini butuh waktu utk bisa kenal sama teman”.Bantu juga dia utk mengetahui bagaimana cara bersosialisasi. Misal katakan (btk dialog), ‘Lihat! ini teman dedek. Namanya siapa, mas? Rumahnya dimana? Sudah sekolah? Wah, bajunya teman mas ini bagus ya, warnanya biru. Kesini sama siapa?’.jgn paksa anak utk lgsg terjun ke medan pergaulan dan teruslah intens utk mengajari anak terutama pd lingkungan terdekat (masih HS to, dek? ini jg bs jd salah satu materi belajar HS). Jgn lupa doakan kebaikan bg anak.

  19. salam kenal aja buat para ummi…..
    Tepat sekali motonya..A place to share, a place to care….
    keep on writing…
    InsyaAlloh suatu saat nanti jika diperkenankan, kami jg ingin share ttg dunia crafts…..

  20. salam kenal buat komunitas ummiummi.com. Ana ummu khodijah sry dari Maluk Sumbawa Barat-NTB, sdh 6 thn jd ibu rumah tangga dan blm pny anak.
    insyaAllah ana jg mo ikutan xumbang tulisan or info buat ummi2. apa ad syarat khususx mbk cizkah…?

    1. hehe…salam kenal juga…ya kirim aja tulisannya..kalo yang butuh gambar (misal resep) disertakan…..
      masyaAllah semoga Allah memudahkan ummu khodijah ya….ana punya saudara ipar…8 tahun alhamdulillah tahun kemarin lahir anak pertamanya…

  21. jazakillah khoir atas do’ax mbk ciz….
    qodarullah ana punya penyakit rahim yg namax Endometriosis.klo ad ummi2 yg punya pengalaman ato info ttg Endometriosis,tolong dishare y….

    1. wah…subhanallah…endemoetriosis itu kista kan ya?
      mungkin bisa diperjelas…karena ada temen2 yang juga mengalami hal yang sama (yang ana kenal) sekarang sedang hamil.
      atau nanti bisa request ke akhowat yang dari kedokteran buat nulis ttg itu hehe

  22. Assalamu’alaikum….
    Subhanallah wal hamdulillah. Baru kemarin saya memiliki niat untuk mulai serius belajar tentang bagaimana menjadi calon ibu yang baik,dan tetap berpegang pada prinsip dasar seorang muslimah. Alhamdulillah setelah searching sana sini… nyasar juga ke web yang luar biasa ini! Saya merasa beruntung dapat berkenalan dengan para ummahat di sini…So, ummi..ummi..saya mohon bimbingannya ya.. ^^
    Semoga usaha saya hari ini untuk mau belajar, berlatih sebelum terjun langsung ke lapangan menjadi seorang ummahat betulan, dapat membuahkan hasil seperti yang diharapkan. Amiin ya Rabbal’alamin..
    TFS,Wassalamu’alaikum..
    Salam kenal
    Khalila Indriana
    ^^

    1. wa’alaikumussalam warahmatullah
      Alhamdulillah…betul betul…sebaiknya belajar jauh hari walaupun buah hati belum ada. Kalau udah ada malah waktunya semakin terbatas ^^

    2. @khalila wa’alaikumussalam warahmatullah
      Alhamdulillah…betul betul…sebaiknya belajar jauh hari walaupun buah hati belum ada. Kalau udah ada malah waktunya semakin terbatas ^^

  23. bismillah..
    ikutan ah, ana juga alumni jogja:) sepertinya juga kenal sama mb siska, mb us, dek galuh. yang pernah kost di 17C y? :)
    sitenya keren abiz

  24. Maa syaa Allah baru nemu situs ini.. In syaa Allah bermanfaat buat ana yg punya 3 anak balita..

  25. Maa syaa Allaah
    Baarakallahu fiikunna
    sangat bermanfaat untuk saya dan semoga bermanfaat untuk semua ummahat…….aamin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *