Sederhana Namun Penuh Arti

Berapa usia Anda sekarang? Kepala 3? Kepala 2?

Sejauh ini, apakah seseorang pernah melakukan sebuah hal sederhana tapi penuh arti bagi Anda? Ingatan Anda mestilah masih menyimpan peristiwa itu.

Bagaimana bila kita balik pertanyaannya sekarang. Pernahkah Anda melakukan hal sederhana yang penuh arti bagi seseorang? Apakah “seseorang” itu adalah suami Anda?

love suami istri

Gulali merah jambu

Anak-anak biasanya suka dengan gulali. Bentuknya besar, lembut di lidah, warnanya manis. Padahal gulali hanya terbuat dari air gula yang kental.

Gulali merah jambu itu bisa Anda hadiahkan dalam bentuk berbeda. Bagi suami yang Anda cintai.

1. Bukakan pintu

Di beberapa toko, hotel, atau penginapan, ada karyawan yang khusus bertugas membuka-tutup pintu. Menyambut konsumen atau tamu yang datang. Secara psikologis, sambutan seperti itu akan menyenangkan hati si tamu.

Suami Anda pun seperti itu.

Bayangkan, matahari terik di luar sana! Belum lagi debu yang hilir mudik menyapu udara. Bising yang sahut-menyahut. Ditambah lagi aurat yang diumbar di mana-mana.

Tapi … baru saja tiba di pagar, ternyata ada yang membukakan pintu rumah untuknya. Di balik pintu itu sudah menanti seorang bidadari yang wangi, bersih, dan siap menghadiahkan senyuman.

Masya Allah, terbasuh sudah kepenatan. Embun cinta dari sang istri yang menetesinya.

* Sederhana bagi Anda, penuh arti bagi suami Anda.

2. Jadikan salammu sebagai pengantar

Jangan biarkan suami Anda berangkat kerja tanpa Anda yang mengantar hingga ke pintu. Jadikan jawaban salam Anda sebagai pengantar kepergiannya, “Wa’alaykumussalam warahmatullah wabarakatuh.” Semoga harinya penuh rahmah dan berkah dari Allah.

* Sederhana bagi Anda, penuh arti bagi suami Anda.

3. Rapikan kerah bajunya

Bila suami Anda berangkat ke masjid, perhatikan baik-baik pakaiannya. Mungkin ada yang kurang rapi: kerahnya tak berdiri tegak, masih ada kancing baju yang belum terpasang, pecinya agak miring. Pastikan pakaiannya sudah rapi sebelum keluar dari rumah. Satu lagi, minyak wangi. Pakaian yang rapi, bersih, dan wangi sebelum mendirikan salah satu ibadah paling agung.

* Sederhana bagi Anda, penuh arti bagi suami Anda.

4. Bacakan sebuah hadits

Seorang kepala rumah tangga berkewajiban mencari nafkah. Karenanya, kesibukan dunia bisa saja melalaikannya dari negeri akhirat.

Dengan demikian, saat raganya sedang santai dan Anda ada di sisinya … coba bacakan sepenggal ayat Alquran, sebuah hadits nabawi, sepetik ucapan ulama, atau sepotong kisah orang shalih. Semoga bisa memperindah pakaian ketakwaannya.

* Sederhana bagi Anda, penuh arti bagi suami Anda.

5. Doakan kebaikan untuk Anda dan untuknya

Berdoalah kepada Allah yang Maha Mengabulkan doa. Doa kebaikan bagi Anda dan suami Anda, serta untuk anak keturunan Anda. Juga untuk orang tua dan sanak saudara Anda dan suami Anda. Kebaikan dunia dan akhirat.

Dengannya, semakin manislah bakti Anda kepadanya lillah. Yang tampak di pelupuk matanya. Serta yang hanya diketahui oleh Allah kemudian Anda.

* Sederhana bagi Anda, penuh arti bagi suami Anda.

Gulali dari Anda

Lima hal sederhana di atas hanya potongan contoh. Berikan gulali merah jambu spesial dari Anda untuk dia yang istimewa.

Bayan Lepas, 15 Maret 2013,
Athirah

***
Artikel: ummiummi

Athirah (Ummu Asiyah), ibu rumah tangga dari dulu sampai sekarang.

12 thoughts on “Sederhana Namun Penuh Arti

  1. assalamualaikum.. bagaimana aplikasinya untuk wanita yg jg mesti bekerja? kadang kami mesti berangkat lebih pagi & pulang lebih sore. suwun.

    1. Wa’alaykumussalam warohmatulloh wabarokatuh.

      Mba Yeni… maapkeun, lambat banget reply komen mba yeni : (

      Mempraktikkan no. 4 & no. 5 insyaalloh bisa, mba : )

      Selamat “bikin gulali” ….

  2. Maa syaallaah… Suka suka suka. Tambahan pemanis: Saat suami diluar rumah dalam jangka waktu cukup lama (misal: pagi-siang), sempatkan sms atau telpon singkat dengan nada yang manis dan menghibur. Atau menanyakan bagaimana harinya. Atau mengingatkan minum vitamin. Apapun itu. Just to make sure he knows you are thinking of him. That..may brighten one’s day. Kangen de Athirah…

  3. Maasyaa Allah, semoga dimudahkan untuk mengamalkan hal kecil tapi bermakna ini.. Baarakallahu fiik.. ^^

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *