Review Buku Parenting Islam, “Modern Islamic Parenting”

Membaca bab awal buku ini, saya pikir buku ini biasa saja. Bahkan cenderung terlalu klise. Tapi saya meneruskan membaca karena memang isi bukunya ringan dan kalimat-kalimatnya mudah dicerna.

Namun makin ke dalam saya menemukan berbagai ilmu tambahan tentang bagaimana bersikap kepada anak – dan semoga saya selalu ingat ketika harus mempraktekkannya :) -.

Buku ini dari awal terkesan ringan di baca karena tidak terlalu tebal. Sampulnya soft cover. Dari awal sudah dapat dirasakan ringannya karena penulis selalu membagi bahasan dibatasi dengan judul yang hanya terdiri dari beberapa paragraf pendek atau membahas topik tertentu dengan poin-poin.

Beberapa pengetahuan dari buku ini pernah saya dapatkan dari buku atau sumber lain, misalnya tentang “time out”, atau “satu menit hukuman”.  Tapi ketika membacanya saya merasa seperti mengulang materi dalam bentuk ringkasan. Jadi tetap tidak saya lewatkan.

Isi buku ini banyak yang sifatnya poin-poin. Dalam banyak hal, penulis juga mengaitkan praktek pendidikan yang ada di dalam buku dengan batasan-batasan syariat dan tidak lupa menyebutkan hadits Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam.

modern-islamic-parenting-review-buku

Judul Buku: Modern Islamic Parenting
Penulis: Dr. Hasan Syamsi
Penerbit: Aisar
Harga buku: Rp 56.000
Isi: 312 halaman
Ukuran buku: 14 x 20,5 cm

Isi buku ini juga membahas masalah-masalah yang umum terjadi di sebuah keluarga serta cara mengatasinya. Misalnya tentang anak menangis, anak marah, anak pemalu, anak tidak percaya diri, anak yang temperamental dst. Kelebihan lain dari buku ini adalah ada pada bab akhir yang membahas dunia remaja serta tidak lupa pendidikan seks. Karena remaja sudah sangat butuh pembahasan tentang ini.

Artinya, buku ini isinya sifatnya aplikatif dan bukan sekedar teoritis, baik yang sifatnya tentang pendidikan agama atau pun pendidikan dan cara bersikap kepada anak secara umum.

Dan semakin saya mengulang lembar demi lembar buku ini ketika membuat tulisan ini ini, maka saya semakin merasa buku ini perlu untuk saya baca ulang insya Allah.

Kesimpulan: Buku yang satu ini insya Allah bisa dijadikan pilihan referensi buku parenting Islam untuk Bunda.

Semoga bermanfaat.

cizkah
Jogja, 24 Juli 2016/19 Syawal 1437

IRT. Homeschooler dari lima anak (Ziyad, Thoriq, Luma dan si kembar Handzolah dan Kholid). Web dan graphic designer. Suka membuat media belajar anak (khususnya untuk pendidikan anak Islam) yang dapat dilihat di www.lumalumi.com.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *