abc-pertamaku

Review Buku Mini Balita Cerdas Pertamaku

Bentuknya yang mini, membuat buku tersebut juga pas dipegang untuk ukuran bayi. Kertasnya yang cukup tebal membuat buku ini tidak mudah disobek. Hanya bagian lipatannya yang rentan disobek (dan kenyataannya sudah ada 2 halaman di buku ini yang tersobek oleh Thoriq hehe).

Saya bukan penggemar teori Glandoman. Bahkan sebenarnya cenderung kurang setuju dengan teorinya. Di satu sisi juga mungkin saya yang kurang telaten mengikuti instruksi yang menurut saya cukup jelimet. Saya lebih suka mengajak anak menyintai proses membaca itu secara alami. Misalnya membelikannya buku untuk kemudian kami baca bersama, atau bermain flashcard secara natural. Untuk urusan cepat  dalam kemampuan membaca pun tidak menjadi target khusus. Tapi di sini saya tidak ingin mengemukakan atau menimbulkan pro kontra tentang teori ini. Yang suka dan berhasil menjalankannya, silakan dan alhamdulillah. Dan yang tidak menjalankan teori ini pun insyaAllah tak berdosa. Ya gak? :D

abc-pertamaku

Salah satu buku yang kami beli beberapa waktu yang lalu adalah buku berbentuk mini dengan ukuran 6,5 cm x 6,5 cm. Kami mencoba sub seri ABC Pertamaku. Alhamdulillah ternyata Thoriq sukaaa sekali. Bahkan setiap kali dia melihat buku tersebut, maka dia dengan ocehannnya yang saya pahami itu adalah permintaan untuk bermain (dibacakan) buku tersebut. Dalam proses Ziyad belajar mengenal huruf-huruf pun, buku mini ini juga cukup membantu karena ada contoh benda-benda di balik setiap huruf.

Bentuknya yang mini, membuat buku tersebut juga pas dipegang untuk ukuran bayi. Kertasnya yang cukup tebal membuat buku ini tidak mudah disobek. Hanya bagian lipatannya yang rentan disobek (dan kenyataannya sudah ada 2 halaman di buku ini yang tersobek oleh Thoriq hehe).


abc-pertamaku2

Thoriq yang hampir tiap hari dibacakan buku ini, sering menghubungkan gambar-gambar dengan kejadian sehari-hari. Contohnya, setiap sampai pada huruf N, ada foto nyamuk, maka dia langsung menepuk sambil bersuara, “Uh…uh”. Maksudnya dia menepuk nyamuk. Atau ketika sampai di huruf M dan ada gambar melon, dia langsung beraksi seperti memakan, “Amm…ammm” sambil tersenyum-senyum.

Seri buku mini Balita Cerdas ini terdiri dari 6 buku.

  1. ABC Pertamaku
  2. 123 Pertamaku
  3. Warna Pertamaku
  4. Bentuk Pertamaku
  5. Binatang Pertamaku
  6. Buah Pertamaku

Penerbit: PT ELEx Media Komputindo

Penyusun: Taufik dan Dewi

Harga: @ Rp 20.000

Saya sendiri punya niat untuk membeli buku lainnya insyaAllah. Tapi sebenarnya saya mengharapkan ada buku sejenis untuk huruf hijaiyah atau arab. Alternatifnya, saya berniat membuatnya sendiri insyaALlah. Syukur-syukur kalau nanti ada yang memodali dan bisa dicetak dalam bentuk buku yang sama. Karena efeknya sangat bagus sekali insyaAllah. Tapi ini baru irodah (keinginan). Mudah-mudahan diberi kemampuan mewujudkannya.

***

Artikel ummiummi.com

11 thoughts on “Review Buku Mini Balita Cerdas Pertamaku

  1. wah.. SANGAT MENDUKUNG mba..
    bagian “membikin sendiri yg hijaiyah”
    hehe.. saya tunggu ya ^^
    kalo g di cetak, mungkin kita bisa bikin buku sendiri, print di kertas yang lumayan tebal, susun dan dijilid sendiri. hehe.. mb sis kan suka bikin2 sendiri ^^

    bagus juga bikin buku “kata pertamaku”, (seri lanjutan buku ini) isinya lebih menonjolkan ke hurufnya bukan gambarnya (mungkin ada gambarnya tapi g tll besar, atau gambarnya besar tp diumpetin/kalo dibuka kelihatan gambarnya). kata2 sederhana yang mudah dibaca, misal: sapi, sapu, buku, rusa, kuda, bola, dll

    1. sejujurnya…kemarin udah mulai bikin us..baru motong2 kertasnya…tapi gak selese…biasa…udah riweh duluan rebutan sama Thoriq.
      tapi terus merhatiin lagi…kayanya insyaAllah bisa nyetting sendiri buat dicetak…insyaALlah nanti kalo bisa dicetak kalo didukung suami…pengen deh beneran nyetak jadi buku yang siap jual :D *otak dagangnya sih jalan..tapi gak jalan-jalan dagangannya*

  2. wah mb, ada ide nih. nanti insyaallah ana YM in. Modal sendiri g terlalu gede insyaallah bisa. di print di ortindo, g usah cetak. insyaallah laris manis. untungnya kayaknya juga lumayan (otak dagangnya jalan ni). hehe..
    nanti untuk pemirsa ummiummi dapat diskon khusus. hehe

  3. mba, klo mba dah siap gambar2nya bisa lo diprint trus tempel pada kardus depan belakang (misal depan A: belakangnya Apel dan ada gambarnya) trus dilaminating manual pake lakban bening, kayang mba ciz dulu ngajarin glh, saat buat pembatas buku. Jadilah flshcard ‘Ala kadarnya’.

    Tapi …klo otak dagangnya dah dijalankan, boleh juga tuh…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Tips Merebus Telur; Matang dalam 5 Menit!

Alhamdulillah saya sudah mencoba tips ini berkali-kali sejak tahun 2017. Apalagi di waktu sahur. Jadi terasa lebih mudah karena cukup 5 menit, kompor bisa dipakai yang lain. Sebelum berpanjang-panjang, kita...

Muamalah untuk Anak, Mengenal Buruknya Harta Haram (Resensi Buku)

  Zaid menemani ayahnya berkunjung ke peternakan ayam. Zaid tampak sedih saat mengetahui bahwa telur ayam akan dijual. Ayah pun menjelaskan bahwa ayam dan telur halal untuk dimakan dan dijual....

Kardus Cantik Multi-Fungsi

Barang yang kita butuhkan kadang bisa didapatkan dengan mengolah barang bekas yang ada di rumah. Selain lebih hemat, kita juga bisa mengurangi sampah di bumi. (more…)

Allah Mampu

Engkau dalam dahaga, Allah pasti tahu itu. Maka engkau pun harus tahu, (more…)