26_dosa_istri_yang_meresahkan_hati_suami

Review Buku: 26 Dosa Istri, yang Meresahkan Hati Suami

Judul : 26 Dosa Istri, yang Meresahkan Hati Suami

Penulis : Muhammad bin Ibrahim Al-Hamd
Penerjemah : Muhammad Muhtadi, Lc.
Penerbit : Kiswah Media
Tahun Terbit : 2009
Kota Terbit : Solo
Halaman : 140

Bagi seorang istri, kita tentu penasaran bagaimana pandangan suami tentang pernikahan. Kesibukan suami bekerja dan istri mendidik anak seringkali membuat kedua pasangan lupa mengevaluasi visi dan misi rumah tangga. Kesalahan kecil demi kesalahan kecil diabaikan asalkan rumah tangga berjalan. Padahal kesalahan kecil tersebut bisa menumpuk pada akibat yang besar dan segera membutuhkan solusi.

Buku 26 Dosa Istri, yang Meresahkan Hati Suami ini hadir untuk membantu para istri mengevaluasi diri sebagai pemimpin rumah tangga dari sudut pandang penulis laki-laki. Mulanya saya sempat sangsi apakah penulis akan memberikan pandangan yang seimbang terhadap kesalahan istri, apalagi buku ini diberi judul 26 Dosa Istri. Ternyata penulis menyertakan dalil Al-Quran, hadits dan perkataan ulama dalam setiap permasalahan, menjadikan buku ini objektif dan tidak terkesan menyalahkan. Bahkan banyak sekali nasehat dan motivasi yang diberikan, sehingga membuat seorang istri menemukan semangatnya kembali untuk memperbaiki diri.

Di antara dua puluh enam kesalahan istri, permasalahan yang mendapatkan porsi pembahasan yang banyak adalah kurang memperhatikan orang tua suami, banyak berkeluh kesah dan kurang bersyukur, kurang membantu suami dalam kewajiban dan ketakwaan, lalai dalam melayani suami, cemburu berlebihan terhadap suami, buruknya perilaku istri bila suami berpoligami, kurangnya perhatian terhadap kondisi dan perasaan suami, menggugat kepemimpinan suami, istri yang ikhtilath dan tabarruj di hadapan kaum laki-laki. Setiap kesalahan disertai analisa sebab, akibat dan dampak yang bisa ditimbulkan, serta solusi yang runut dan syar’i sehingga mengembalikan duduk perkara pada fitrah seorang istri.

Yang paling saya suka dari buku non fiksi nasehat Islami adalah banyak quotes yang indah bertebaran di mana-mana.

Perempuan itu adalah juga ibu bagi anak-anak Anda wahai istri, ia adalah nenek mereka. Ikatan mereka dengannya amatlah kuat. Maka, tidak pantas Anda memperlakukannya laksana madu, meskipun ia sendiri terkadang memperlakukan Anda sebagai madu. Namun, perlakukanlah ia sebagai ibu, niscaya ia akan memperlakukan Anda sebagai anak perempuan. Dan, sudah jamak bila terkadang ibu bersikap keras terhadap anak perempuannya, maka yang bisa dilakukan seorang anak adalah menerima dan bersabar, demi mengharap pahala dan balasan yang baik. (Hal. 23)

Bila ditanya tentang rumah tangganya, suaminya atau kondisinya sendiri, ia memuji Rabb-Nya, mengungkapkan limpahan nikmat-Nya dan merasa cukup dengan pembaguan-Nya. Qana’ah merupakan simpanan kekayaan. Syukur adalah pengikat nikmat yang ada, dan pemburu nikmat yang belum teraih. (Hal. 80)

Di dalam kehidupan ini, seorang wanita tidak menjadi lebih agung dari laki-laki, kecuali dengan satu hal, yaitu sifat-sifatnya yang menjadikan suaminya lebih agung dari dirinya. (Hal. 44)

Perhatikanlah posisimu terhadap suamimu, sebab dia adalah surgamu dan nerakamu. (Hal. 62)

Putri Sa’id bin Musayyab berkata, “Tidaklah kami berbicara dengan suami-suami kami, kecuali seperti kalian berbicara dengan raja-raja kalian.” (Hal. 86)

Jadilah kamu orang yang paling mengagungkan dirinya, maka ia pun akan menjadi orang yang paling memuliakanmu. Dan jadilah kamu orang yang paling mendukungnya, niscaya ia akan menjadi langgemg bersamamu. (Hal. 100)

Perempuan yang cerdas adalah perempuan yang memahami kodratnya dan berhenti pada batas-batas yang telah ditetapkan untuknya. Kepemimpinan menjadi hak laki-laki dan kemuliaan bagi perempuan. (Hal. 110)

Salah satu kelebihan dari buku ini adalah covernya yang cantik. Saya tak ragu untuk meletakkannya di bagian rak buku yang mudah terlihat dan terjangkau. Bahasa yang digunakan dalam buku ini terasa khas, rasa terjemahan bahasa arab. Meskipun baku, penerjemah dapat membuat kalimat demi kalimat mengalir dengan baik dan indah. Buku ini sangat nyaman dibaca karena tidak ada typo sama sekali.

 

Oleh: Mutia Nova Abidin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Review Buku: 26 Dosa Istri, yang Meresahkan Hati Suami

Judul : 26 Dosa Istri, yang Meresahkan Hati Suami Penulis : Muhammad bin Ibrahim Al-Hamd Penerjemah : Muhammad Muhtadi, Lc. Penerbit : Kiswah Media Tahun Terbit : 2009 Kota Terbit...

Resep Topping Spaghetti/Pizza Super Sederhana

Sebenarnya ini resep super sederhana. Tapi berdasar pengalaman dulu waktu baru nikah, yang super sederhana bisa jadi benar-benar gak ada di bayangan atau di pikiran :D. Semoga bisa membantu yang...

Pegal-Pegal Perjuangan

PEGAL-PEGAL PERJUANGAN * Namanya "ibu". Cita-citanya membumbung. Modalnya raga. Modalnya cinta. Namanya "ibu". Pegal-pegal itu biasa. Hari ini berpayah. Semoga esok tak lagi lelah. Semua ibu pasti (pernah) merasa lelah....

Belajar Bulan Hijriah dari Video Kartun Anak-Anak (Teks Senandung)

Dulu saya hafal urutan senandung bulan Hijriah dari video senandung bulan Hijriah yang saya mainkan untuk anak-anak. Kekurangan dari senandung tersebut adalah berbahasa Inggris dan ada bagian yang diulang-ulang dan...