Resep Sup Kambing Pedas ala Betawi

Taqobalallahu minna wa minkum. Alhamdulillah ketemu lagi dengan ‘Idul Adha ya. Insya Allah semua orang mendapat bungkusan plastik isi daging sapi atau kambing kan? Hehe…Kalau sapi mungkin sehari-hari mudah didapatkan dan cara pengolahannya pun bermacam-macam. Nah, kalau kambing, menurut saya ada tantangan tersendiri karena saya tidak ingin daging kambing tersebut di sate atau digoreng.  Mau bikin tongseng…duh…agak ribet gitu nih resep yang saya punya, yang praktis sedang lupa dari ingatan :D. Nah, ini dia resep sup sederhana yang insya Allah gak kalah enaknya dan bikin keluarga kita lahap memakannya.

Bahan Sup Kambing Pedas ala Betawi:

  • 600 g daging kambing berikut tulangnya
  • 3 cm jahe, memarkan
  • 5 sdm minyak goreng
  • 4 cm kayu manis
  • 1 sdm kecap manis
  • 2 batang daun bawang, iris 2 cm
  • 150 g tomat (1 tomat besar) belah-belah
  • 1 sdm bawang goreng
  • 1 sdm seledri cincang

Bumbu halus Sup Kambing Pedas ala Betawi:

  • 10 butir bawang merah
  • 5 siung bawang putih
  • 1 sdm bumbu kari bubuk (saya dan suami kurang suka kari, jadi ini optional, karena hasilnya tetep uenak insyaAllah!)
  • 3 buah cabai merah
  • 1 sdt merica
  • 2 sdt garam
  • 50 ml air

Cara membuat:

  1. Potong-potong daging kambing ukuran 4 cm (kalo saya pribadi sih gak saklek gitu deh ya ukurannya hihi). Rebus dengan air secukupnya sampai menutupi seluruh daging. Masukkan jahe, didihkan.
  2. Panaskan minyak goreng, tumis bumbu halus, masukkan kayu manis, aduk sampai baunya harum. Masukkan bumbu ke dalam panci daging, lalu kecilkan api.
  3. Masak sampai daging lunak dan cairan tinggal ± 1000ml. Masukkan kecap manis, daun bawang dan tomat. Tutup panci matikan api.
  4. Sebelum dihidangkan, taburi sup dengan bawang goreng dan seledri cincang.
resep-sup-kambing
Suami tercinta ikut bantu-bantu loh!

Pengalaman pribadi dengan resep ini:

Sharing pengalaman saya barusan saja hehe…

  • Saya tidak menggunakan bumbu kari.
  • Saya juga tidak menggunakan seledri untuk taburan.
  • Untuk taburan bawang goreng memang benar-benar menambah kenikmatan.
  • Saya tambahkan wortel untuk pelengkap menu (biar ada sayuran).  Kalau mau ditambah kentang sepertinya juga enak. Kentang berguna untuk menyerap asinnya garam juga loh.
  • Hasil daging di sup ini empuk sekali. Enak enak enak masya Allah.
  • Itu ada kata “pedas” di resepnya. Tapi sebenarnya saya tidak merasa pedas sama sekali. Jadi, kalau mau ditambah cabainya ya silakan.
  • Resep di dapat dari buku masak favorit saya heheheh. Selamat mencoba bu ibu!
IRT. Homeschooler dari tiga anak (Ziyad, Thoriq dan Luma). Web dan graphic designer. Suka membuat media belajar anak (khususnya untuk pendidikan anak Islam) yang dapat dilihat di www.lumalumi.com.

One thought on “Resep Sup Kambing Pedas ala Betawi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *