Resep Sirop Lebaran (Homemade)

Saat berhari raya, kebanyakan dari kita menyediakan sirop di rumah. Berbagai merek tersedia di pasaran. Ternyata, untuk membuat sirop sendiri itu juga mudah lho. Resep ini saya dapatkan dari Ummahat di tempat saya tinggal sekarang.

sirop-lebaran-homemade

Bahan:

  • 1 kg gula
  • 3 lembar daun pandan/1 sdm vanili ecensse
  • air
  • pewarna makanan

Cara membuat:

Rebus gula dan pandan hingga mendidih, lalu masukkan pewarna makanan.

Cuma itu. Mudah kan?

Catatan:

  1. Apabila tidak ingin menggunakan pewarna makanan, rebus pandan dalam jumlah yang lebih banyak. Ini akan membuat air sirop menjadi berwarna hijau.
  2. Apabila tidak suka dengan aroma pandan, bisa diganti dengan vanili ecensse. Masukkan vanili ketika air rebusan gula sudah mulai dingin.

Selamat mencoba.

Fadilla Mayasari. Kesibukan saat ini menjadi mengajar TK. Asal Riau, saat ini tinggal di Malinau Kalimantan Timur bersama suami tercinta.

7 thoughts on “Resep Sirop Lebaran (Homemade)

  1. simple banget ya Mbak,agar lebih bergizi mungkin lebih bagus bila ditambahin irisan berbagai macam buah ya,tapi namanya mungkin udah bukan sirup lagi^^.Jazaakillah khoyr nggih…

  2. tetep sirup mungkin ya kalo dikasih buah, hehe, kan banyak sirup nanas, sirup lychee, sirup melon.
    Masalahnya di keawetannya mungkin ya May?

  3. Kalo pake irisan buah namanya jadi es buah dong.hehe..

    Eh tp dl waktu msh tgl dwisma yg dpn mesjid mpd mb umi pernah lho bikin dr mangga kuweni.enak banget jugaa.
    Dsimpan dikulkas mungkin bs thn smp sminggu.

  4. Ikutan ya…(again :P)
    mngkin bedanya tingkat kekentalan sm tingkat rasa manisnya ya…klo mo bikin es buah dksh bbrp sndok gula aja udh ckup tp klo untk bikin siroop sekilo gula untk seliter air mngkin ya…trus konsentart buahnya jg yg berasa. Jd ambil satu ato dua sendok sirup bs untk segelas air…

    Bt faedah tambahan aja,smua maknan yg “sangat” manis ngga perlu dksh bhn pengawet itu udh awet sndr kok…coba deh pernah nyobain manisan kan? stau ana buah2an yg dbkin manisan bs awet brbulan2 meski ngga d masukin kulkas lo…makanan yg dcmpur asam jg bs awet…mkanya sirup2 yg dijual kemasan pasti ada komposisi :asam sitrat…kgunaannya slain biar mnambah sensasi “segar” jg untuk pengawet…

  5. Ikutan ya…(again :P)
    mngkin bedanya tingkat kekentalan sm tingkat rasa manisnya ya…klo mo bikin es buah dksh bbrp sndok gula aja udh ckup tp klo untk bikin siroop sekilo gula untk seliter air mngkin ya…trus konsentart buahnya jg yg berasa. Jd ambil satu ato dua sendok sirup bs untk segelas air…

    Bt faedah tambahan aja,smua maknan yg “sangat” manis ngga perlu dksh bhn pengawet itu udh awet sndr kok…coba deh pernah nyobain manisan kan? stau ana buah2an yg dbkin manisan bs awet brbulan2 meski ngga d masukin kulkas lo…makanan yg dcmpur asam jg bs awet…mkanya sirup2 yg dijual kemasan pasti ada komposisi :asam sitrat…kgunaannya slain biar mnambah sensasi “segar” jg untuk pengawet.

  6. Assalamu’alaikum.
    ummi, izin capture gambarnya untuk presentasi sidang TA saya. jazakillah..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *