sirop-lebaran-homemade

Resep Sirop Lebaran (Homemade)

Saat berhari raya, kebanyakan dari kita menyediakan sirop di rumah. Berbagai merek tersedia di pasaran. Ternyata, untuk membuat sirop sendiri itu juga mudah lho. Resep ini saya dapatkan dari Ummahat di tempat saya tinggal sekarang.

sirop-lebaran-homemade

Bahan:

  • 1 kg gula
  • 3 lembar daun pandan/1 sdm vanili ecensse
  • air
  • pewarna makanan

Cara membuat:

Rebus gula dan pandan hingga mendidih, lalu masukkan pewarna makanan.

Cuma itu. Mudah kan?

Catatan:

  1. Apabila tidak ingin menggunakan pewarna makanan, rebus pandan dalam jumlah yang lebih banyak. Ini akan membuat air sirop menjadi berwarna hijau.
  2. Apabila tidak suka dengan aroma pandan, bisa diganti dengan vanili ecensse. Masukkan vanili ketika air rebusan gula sudah mulai dingin.

Selamat mencoba.

7 thoughts on “Resep Sirop Lebaran (Homemade)

  1. simple banget ya Mbak,agar lebih bergizi mungkin lebih bagus bila ditambahin irisan berbagai macam buah ya,tapi namanya mungkin udah bukan sirup lagi^^.Jazaakillah khoyr nggih…

  2. Kalo pake irisan buah namanya jadi es buah dong.hehe..

    Eh tp dl waktu msh tgl dwisma yg dpn mesjid mpd mb umi pernah lho bikin dr mangga kuweni.enak banget jugaa.
    Dsimpan dikulkas mungkin bs thn smp sminggu.

  3. Ikutan ya…(again :P)
    mngkin bedanya tingkat kekentalan sm tingkat rasa manisnya ya…klo mo bikin es buah dksh bbrp sndok gula aja udh ckup tp klo untk bikin siroop sekilo gula untk seliter air mngkin ya…trus konsentart buahnya jg yg berasa. Jd ambil satu ato dua sendok sirup bs untk segelas air…

    Bt faedah tambahan aja,smua maknan yg “sangat” manis ngga perlu dksh bhn pengawet itu udh awet sndr kok…coba deh pernah nyobain manisan kan? stau ana buah2an yg dbkin manisan bs awet brbulan2 meski ngga d masukin kulkas lo…makanan yg dcmpur asam jg bs awet…mkanya sirup2 yg dijual kemasan pasti ada komposisi :asam sitrat…kgunaannya slain biar mnambah sensasi “segar” jg untuk pengawet…

  4. Ikutan ya…(again :P)
    mngkin bedanya tingkat kekentalan sm tingkat rasa manisnya ya…klo mo bikin es buah dksh bbrp sndok gula aja udh ckup tp klo untk bikin siroop sekilo gula untk seliter air mngkin ya…trus konsentart buahnya jg yg berasa. Jd ambil satu ato dua sendok sirup bs untk segelas air…

    Bt faedah tambahan aja,smua maknan yg “sangat” manis ngga perlu dksh bhn pengawet itu udh awet sndr kok…coba deh pernah nyobain manisan kan? stau ana buah2an yg dbkin manisan bs awet brbulan2 meski ngga d masukin kulkas lo…makanan yg dcmpur asam jg bs awet…mkanya sirup2 yg dijual kemasan pasti ada komposisi :asam sitrat…kgunaannya slain biar mnambah sensasi “segar” jg untuk pengawet.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Tips Merebus Telur; Matang dalam 5 Menit!

Alhamdulillah saya sudah mencoba tips ini berkali-kali sejak tahun 2017. Apalagi di waktu sahur. Jadi terasa lebih mudah karena cukup 5 menit, kompor bisa dipakai yang lain. Sebelum berpanjang-panjang, kita...

Muamalah untuk Anak, Mengenal Buruknya Harta Haram (Resensi Buku)

  Zaid menemani ayahnya berkunjung ke peternakan ayam. Zaid tampak sedih saat mengetahui bahwa telur ayam akan dijual. Ayah pun menjelaskan bahwa ayam dan telur halal untuk dimakan dan dijual....

Kardus Cantik Multi-Fungsi

Barang yang kita butuhkan kadang bisa didapatkan dengan mengolah barang bekas yang ada di rumah. Selain lebih hemat, kita juga bisa mengurangi sampah di bumi. (more…)

Allah Mampu

Engkau dalam dahaga, Allah pasti tahu itu. Maka engkau pun harus tahu, (more…)