subscribe: Posts | Comments | Email

Resep Kepiting Lada Hitam

2 comments


Resep Kepiting Lada Hitam

Resep Kepiting Lada Hitam

Bulan ini, kami sekeluarga makan kepiting lada hitam ke-6 atau 7 dalam kehidupan kami. Hahay…segitunya. karena dulu saya sendiri bukan penikmat kepiting atau sea food. Kalaupun kakak membawakan dari tugas bekerja, tak ada selera melihat saos bawaan kepiting. Alih-alih terbit air liur, saya malah merasa mual.

Tapi tidak lagi setelah mencoba resep kepiting lada hitam ini. Kepiting pertama untuk kami sekeluarga – suami pun belum pernah makan kepiting sebelum ini – , resep pertama, masakan pertama di tahun 2010 (tepatnya April 2010 *norak kan*) . Dan kenikmatan yang terus membekas yang membuat suami meminta, “Bikin kepiting lada hitam dek!” Sukshsesh…alhamdulillah.

SO…inilah resepnya yang saya modifikasi dari resep aslinya.

Resep Kepiting Lada Hitam

Bahan:

  • Kepiting 1 ekor yang masih hidup.
  • Margarin/Minyak goreng
  • Bawang putih 2 siung, cincang halus.
  • Jahe 1-2 cm
  • Bawang bombay 1 buah, rajang kasar
  • 3-4 sdm saos tiram
  • Air kaldu 200-300 ml  (kalau gak ada air kaldu asli, bisa pake campuran air + kaldu instan)
  • Cabe merah 3 bh, iris
  • Lada hitam, hancurkan kasar
  • Daun bawang

Cara membuat kepiting lada hitam:

  1. Belah kepiting (otomatis mati insyaAllah :D)
  2. Rebus kepiting sebentar (setelah 6-7 kali mencoba, sepertinya rebusan ini fungsinya untuk membersihkan kotoran yang ada pada kepiting. )
  3. Panaskan minyak. Tumis bawang putih dan jahe.
  4. Masukkan saos tiram.
  5. Masukkan kepiting, tumis sebentar.
  6. Masukkan air kaldu. (Psst…selama ini sih kira-kira aja airnya, gak tepat berapa ml).
  7. Masukkan bawang bombay dan cabe merah.
  8. Setelah bumbu meresap, taburkan lada hitam.
  9. Terakhir masukkan daun bawang.
  10. Masak sampai matang.

Resep Kepiting Lada HitamPertama kali masak ini beneran gak pede. Sewaktu mencicipi, gak percaya sendiri ternyata uenaak. Menurut saya yang bikin enak adalah sensasi cabe, air kaldu dan daun bawang. Dan percaya atau tidak, Thoriq yang masih umur setahunan itu juga suka. Ziyad apalagi. Walaupun ber-huh-hah karena kepedasan, makan lanjut terus. Jadilah suasananya begitu menyenangkan.

Review biaya: Perbandingan memasak di rumah, total biaya untuk 1 kepiting sekitar Rp 20.000 – 25.000. Satu ekor kepiting kisaran harganya Rp 14.000-20.000, tergantung jenis dan beratnya.

Bandingkan jika kita makan di luar. Biayanya bisa berkali-kali lipat plus belum tentu dari kepiting segar yang baru kita akhiri hidupnya karena mau kita makan :D (gak nemu kalimat lain ya ciz? :D).

Selamat mencoba!

***

Artkel ummiummi.com

  1. Barusan belanja di hypermarket langganan ada obralan kepiting segar. Langsung borong banyak deh gara2 ingat resep Mba Ciz yang ini. Kali aja latah sukses. jd insya Allah msh ada stok kl suami mau lg. Hehe. Doakan saya yaa …

    • hehe….langsung borong lagi hihi…mudah2an sukseesssh….bisa bebas berekspresi dg lada hitamnya nih. Kalo ana mesti ngurangin biar anak2 bisa makan hihi..

Leave a Reply