Resep Chewy Brownies Sungai Coklat Shiny Crust

Saya suka brownies dan kue lainnya yang berbau coklat. Tapi jaraang sekali bikin brownies sendiri. Walau begitu, di rumah hampir selalu sedia coklat batangan. Yang namanya kue tuh kan ada aja saat-saat butuh coklat ya. Sampai akhirnya kemarin didorong-dorong si kembar untuk bikin kue, bikin kue, bikin kue. Kok ya kepikiran pingin banget bikin brownies. Padahal sebenarnya agak lebih ribet dibandingkan bolu yang cuma tinggal timbang dan tuang :D.

Dipilihlah resep Ibu Malka di Cookpad. Hasilnya sesuai harapan banget alhamdulillah. Padat, kokoh, crispy outside dan chewy inside, hasilnya juga shiny crust, huhui. Ngunyahnya pas. Jadi, mari dicatat sebelum kelupaan.

Resep asli yang digunakan sebenarnya menyertakan baking powder dan soda kue. Saya memilih tidak menggunakannya. Sama seperti Ibu Malka. Karena khawatir hasilnya terdistraksi dengan baking powder dan soda kue. Bahkan jika tidak tepat penggunaan malah bikin rasa anyep dan pahit.

Resep yang saya catat di sini sudah disesuaikan dengan bahan yang ada di rumah (di beri catatan tambahan dari resep asli). Misalnya, di resep asli menggunakan gula palem, namun di rumah adanya gula merah. Alhamdulillah hasilnya tetap enak dan cita rasa coklatnya tetap kuat.

Bahan Brownies Shiny Crust:

  • 3 butir telur
  • 200 gr gula pasir (saya 150 gr)
  • 125 gr gula palem (saya menggunakan gula merah diiris-iris sampai cenderung halus sehingga mudah tercampur saat dimixer)
  • 1-2 sdt vanila bubuk
  • 200 gr tepung serbaguna
  • 25 gr coklat bubuk (saya pakai merk Van Houten)
  • 100 gr coklat blok, lelehkan (saya pakai merk Collata DCC)
  • 115 ml minyak goreng
  • secukupnya chocochips (saya pakai choccochip Collatta)

Langkah-langkahnya saya sesuaikan supaya lebih enak secara penyiapan dan proses pembuatannya. Tidak loncat-loncat.

Cara Memasak Brownies:

  1. Timbang tepung dan coklat bubuk. Campur dan ayak.
  2. Cairkan coklat blok.
  3. Panaskan oven supaya saat adonan siap dituang ke loyang, oven sudah panas.
  4. Kocok gula pasir, gula palem (saya gula merah), telur dan vanili dengan kecepatan rendah sekitar 2-3 menit. Kocok dengan arah tidak memutar supaya hasilnya tidak mengembang seperti membuat bolu. Artinya, disarankan tidak menggunakan stand mixer supaya bisa membolak-balik wadah saat dikocok.
  5. Masukkan campuran tepung dan coklat bubuk. Aduk dengan spatula sampai rata.
  6. Masukkan coklat leleh. Sisakan 2 sdm untuk membuat guratan. Aduk rata.
  7. Masukkan minyak goreng dan chocochips. Sisakan secukupnya chochochip untuk topping. Aduk rata.
  8. Tuang ke dalam loyang 22 x 22 x 5 (cm) yang telah dialasi kertas roti. Kemarin saya kehabisan. Akhirnya sambil deg-degan, saya mengandalkan trik carlo kw, yaitu campuran margarin, minyak dan terigu masing-masing 1 sdt sebagai olesan loyang yang memang biasa saya lakukan saat membuat kue bolu. Alhamdulillah ternyata setelah matang, brownies tidak menempel dan mudah dilepas.
  9. Tuang sisa coklat leleh dan bentuk seperti aliran sungai. Taburi sisa chochochips
  10. Panggang di suhu 190’C selama 20 menit. Kemudian turunkan suhu menjadi 150’C. Kemudian panggang lagi selama 15-20 menit.
  11. Selesai.

Alhamdulillah, jadilah brownies yang padat dan menggiurkan. Dipotong kecil-kecil dan disimpan di kulkas. Cocok sekali dimakan bersama kopi pahit.

Semoga resep kue brownies sungai coklat ini bermanfaat ya.

cizkah
Yogyakarta, 7 Juli 2019

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *