ayam taliwang

Resep Ayam Taliwang

Kalo ibu-ibu bosan dengan resep ayam yang itu-itu saja, coba resep Ayam Taliwang. Cara membuatnya tidak susah, dan insya Allah rasanya lezaat. Ayam taliwang sendiri asalnya dari Nusa Tenggara, dan cukup terkenal karena rasanya yang nikmat dan pedas. Resep berikut ini saya padukan dari resep yang didapet dari www.eresep.com dan video pembuatan di youtube.


ayam taliwang

Bahan-bahan:

  • ¬†2/3 ekor ayam, potong sesuai selera
  • -air jeruk nipis dari 1/2 buah jeruk nipis

Bumbu halus:

  • 8 siung bawang putih
  • 10 siung bawang merah
  • 2 buah tomat
  • 3 buah cabe merah, hilangkan bijinya kalau tidak ingin pedas)
  • 5 buah cabe rawit (buat yang suka pedas)
  • kencur 1 iris tipis
  • 1 sdt terasi
  • 2 sdt gula jawa
  • garam secukupnya

Cara memasak:

  1. Haluskan semua bumbu, lalu tumis dengan sedikit minyak sampai harum.
  2. Masukkan potongan ayam, aduk rata.
  3. Masak sampai ayam menjadi empuk dan air habis, tuangi dengan air jeruk nipis, aduk-aduk.
  4. Sebetulnya sampai step di sini saja, si ayam bumbu yang sudah matang ini sudah enak sekali. Tapi jika ingin lebih mantap, maka ayam tersebut dipanggang/dibakar dengan terlebih dahulu diolesi bumbu di kedua sisinya. Bakar kurang lebih 5-8 menit untuk tiap sisi, jangan lupa dibolak balik.

Catatan:
Biasanya akan tersisa bumbu tumisan ayam yang enak juga disajikan bersama si ayam taliwang ini, sehingga ada sambal extranya, hehehe. Sebagai pelengkap, si ayam taliwang ini cocok disajikan bersama lalapan sayuran juga.

Bagaimana komentar dari keluarga? Alhamdulillah, suami makan lahap sekali. Si kecil juga tetap bisa makan karena ayam taliwangnya sengaja saya buat tidak pedas, plus khusus untuk si kecil, sebelum dipanggang, ayamnya dioles kecap terlebih dahulu (walaupun akhirnya cenderung gosong permukaannya).

Jadi bagaimana ibu-ibu, tertarik untuk mencoba?

2 thoughts on “Resep Ayam Taliwang

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Tips Merebus Telur; Matang dalam 5 Menit!

Alhamdulillah saya sudah mencoba tips ini berkali-kali sejak tahun 2017. Apalagi di waktu sahur. Jadi terasa lebih mudah karena cukup 5 menit, kompor bisa dipakai yang lain. Sebelum berpanjang-panjang, kita...

Muamalah untuk Anak, Mengenal Buruknya Harta Haram (Resensi Buku)

  Zaid menemani ayahnya berkunjung ke peternakan ayam. Zaid tampak sedih saat mengetahui bahwa telur ayam akan dijual. Ayah pun menjelaskan bahwa ayam dan telur halal untuk dimakan dan dijual....

Kardus Cantik Multi-Fungsi

Barang yang kita butuhkan kadang bisa didapatkan dengan mengolah barang bekas yang ada di rumah. Selain lebih hemat, kita juga bisa mengurangi sampah di bumi. (more…)

Allah Mampu

Engkau dalam dahaga, Allah pasti tahu itu. Maka engkau pun harus tahu, (more…)