resep ayam tempoyak

Resep Ayam Gulai Tempoyak

Masakan dengan bahan tambahan tempoyak, termasuk makanan khas Melayu. Tempoyak sebenarnya buah durian yang sudah difermentasi. Bagi yang belum biasa, makan masakan dengan bumbu tempoyak butuh perjuangan sendiri. Namun, saat sudah menemukan kecocokan – sama seperti yang saya alami – muncul juga kerinduan. Rasa manis, asam yang tidak akan didapatkan di bumbu masakan lainnya.

Resep ini sebenarnya super sangat sederhana. Kekuatannya tentu saja di tempoyak itu sendiri. Sayangnya untuk daerah Jawa, tak ada orang yang menjual tempoyak. Alhasil, saya mengandalkan tempoyak yang biasa dibawa oleh ibu mertua dari Jambi ketika mengunjungi kami di Yogyakarta.

 Bahan utama:

Ayam (lebih cocok menggunakan ceker atau sayap) 1/2 kg

Bumbu dasar:

  • Kunyit 1 ruas jari
  • Cabe rawit 10-12 buah
  • Tempoyak
  • Garam 1sdt
  • Gula pasir 2 sdm untuk mengurangi pedas cabai rawit

Bahan tambahan: Serai

Cuma itu. Gampang banget kan. Gak pakai bawang merah maupun bawang putih. Jangan khawatir masalah rasa. Insya Allah tetap lezat. Rahasianya, jangan sampai bumbunya kita haluskan dengan cara diblender. Biasanya untuk masakan lain, saya tidak terlalu mrasakan beda antara bumbu yang diblender dengan diulek. Kalau yang satu ini, saya sudah beberapa kali “gagal” dan pembeda utamanya karena diblender itu.

Cara membuat:

  1. Ulek kunyit dan cabai rawit
  2. Tuang hasil  ulekan ke dalam panci. Campur dengan 3 sendok makan munjung tempoyak. Masukkan serai. Aduk-aduk sebentar.
  3. Masukkan air sekitar 1l (secukupnya). Didihkan. (Iya betul, Bunda gak salah baca. Resep ini gak pakai minyak goreng sama sekali).
  4. Masukkan potongan ayam. Masak sampai kuah mengental. (tidak sampai kering ya).
  5. Selesai.
resep ayam tempoyak
Upps…ada satu ceker yang masih belum terpotong kukunya :D

Tips tambahan:
Karena rasanya yang pedas, biasanya saya mencuci masakan ayam yang telah jadi. Setelah itu baru disuapkan ke anak-anak. Karena ada rasa pedas manis, anak biasanya makan lebih lahap :).

Ketika makan bersama keluarga besar, walaupun gulai tempoyak ini sudah pedas, tetap ada sambal mentah dengan perasan jeruk nipis sebagai teman lahapan. Sayurannya bisa dengan lalapan timun atau selada.

cizkah
15 Desember 2015

.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Review Buku: 26 Dosa Istri, yang Meresahkan Hati Suami

Judul : 26 Dosa Istri, yang Meresahkan Hati Suami Penulis : Muhammad bin Ibrahim Al-Hamd Penerjemah : Muhammad Muhtadi, Lc. Penerbit : Kiswah Media Tahun Terbit : 2009 Kota Terbit...

Resep Topping Spaghetti/Pizza Super Sederhana

Sebenarnya ini resep super sederhana. Tapi berdasar pengalaman dulu waktu baru nikah, yang super sederhana bisa jadi benar-benar gak ada di bayangan atau di pikiran :D. Semoga bisa membantu yang...

Pegal-Pegal Perjuangan

PEGAL-PEGAL PERJUANGAN * Namanya "ibu". Cita-citanya membumbung. Modalnya raga. Modalnya cinta. Namanya "ibu". Pegal-pegal itu biasa. Hari ini berpayah. Semoga esok tak lagi lelah. Semua ibu pasti (pernah) merasa lelah....

Belajar Bulan Hijriah dari Video Kartun Anak-Anak (Teks Senandung)

Dulu saya hafal urutan senandung bulan Hijriah dari video senandung bulan Hijriah yang saya mainkan untuk anak-anak. Kekurangan dari senandung tersebut adalah berbahasa Inggris dan ada bagian yang diulang-ulang dan...