wipol

Penggunaan Maksimal Wipol, Bayclin dan Porstex

Seperti biasa, kali ini tips rumah tangga adalah berdasarkan trial dan error selama menjalani sebagai ratu rumah tangga :D. Terkadang suatu produk itu, secara umum kita ketahu fungsinya ini, eh ternyata akan lebih maksimal kalau digunakan untuk yang itu. Apa sajakah itu?

wipol

Pel
Setelah bertahun-tahun mengepel rumah secara kontinyu (apa banget ya :D), akhirnya saya tahu bahwa cairan paling enak untuk dicampurkan air pel adalah Wipol (atau bisa juga Bayclin). Bukan menggunakan cairan pel yang super wangi atau yang semacam itu.

Hasil pel dengan menggunakan cairan ini akan terasa lebih kesat dan bersih. Sedangkan dengan pengharum pel biasanya justru menimbulkan kesan lengket dan berjejak walaupun lantai telah kering.

Kekuranganya memang pada baunya yang kurang terlalu bersahabat. Bahkan dalam benak saya, Wipol adalah pengharum untuk WC. Jika tidak suka dengan bau Wipol yang standar, mungkin bisa coba dengan yang Wipol aroma lemon.

 

bayclinWC/Kamar Mandi

Omong-omong masalah WC atau kamar mandi, dulu saya membersihkan dengan cara menyikat bak, lantai dan dinding kamar mandi. Dan ini sangat melelahkan! Apalagi menyikat dinding, karena posisi lengan yang lebih bekerja keras dibandingkan menyikat lantai. Akhirnya saya menemukan cara efektif in sya Allah.

Gunakan kain basah, kemudian beri cairan Bayclin. Kemudian lap-lah dinding bak kamar mandi atau dinding kamar mandi itu sendiri. In sya Allah bagian yang berlumut atau mulai menguning langsung bersih seketika. Tenaga yang dikeluarkan juga tidak sebesar jika menggunakan sikat. Plus juga lebih hemat waktu. Untuk bagian WC juga bisa disiram sedikit demi sedikit dengan cairan Bayclin. Biarkan beberapa saat, kemudian kita sikat perlahan.

In sya Allah rasa berat atau malas membersihkan kamar mandi akan hilang jika menggunakan cara ini karena cepat dan bersih in sya Allah.

porstexPorstex?
Nah..Porstexnya untuk apa? Padahal dibenak kita, Porstex itu ya untuk keramik ya? Saran saya, jika keramik kamar mandi Anda berwarna, jangan coba-coba menggunakan Porstex. Hasilnya keramik Anda akan belang-belang apabila tidak tepat dalam pemakaian.

Lalu efektif buat apa? Biasanya saya gunakan untuk membersihkan sisi pertemuan antara dinding dan lantai. Untuk saya yang bertempat tinggal di Indonesia, sisi ini adalah sisi kotor yang mencoreng hasil sapu/pel kita. Seakan-akan masih kotor. Kenapa? Karean biasanya banyak sisa kotoran cicak di daerah tersebut.

Tuangkan Porstex. Biarkan sesaat. Kemudian bersihkan dengan cara yang paling nyaman yang biasa Anda gunakan hehe. Terkadang saya menggunakan kain yang sudah tidak dipakai. Sekali usap, langsung buang. Atau bisa juga menggunakan kertas bekas, kemudian setelah kondisinya sudah lebih bersih bisa di pel seperti biasa in sya Allah.

Semoga yang sederhana ini bermanfaat untuk para ibu rumah tangga :).

***

Maaf kalau sebut merk. Saya tahunya merk itu dan kurang bisa menemukan nama lain yang lebih umum sebagai pengganti nama-nama produk yang saya sebutkan di atas.

***

 

Sumber gambar: carefour.co.id

Artikel ummiummi.com
Disusun oleh cizkah
.

46 thoughts on “Penggunaan Maksimal Wipol, Bayclin dan Porstex

  1. wah, saya baru tau bayclin bs buat bersihin lantai kamar mandi. Boleh dicoba tuh, selama ini juga masih setia sama sikat2 tapi hasilnya kok ga gitu keliatan. Kalo buat bersihin noda karat gitu bs pake bayclin juga ga ya mbak, apa pernah nyoba?

    1. hehe…malah cepet banget efeknya rin, gak perlu ngeluarin tenaga banyak, keramik yg mulai menguning langsung bersih seketika *iklan banget bahasanya :D.

      Kalo buat karat belum tahu nih. Kalo udah berhasil yang bersihin karat kasih tahu ya Rin hehe..

  2. Kalo punya bayi baru lahir ga bisa pake karbol mba, kan bisa kuning bayinya. Trus gimana nasib kamar mandi ana mba, ada saran ga mba? Soalnya kamar mandi sebelahan sama kamar tidur

    1. karbol tu wipol ya?
      Karbolnya kan bukan buat kamar mandi hehe.
      Kamar mandi pake Bayclin.

      Tapi ana baru tahu kalo ada bayi gak bisa pake karbol. Itu kenapa Tia?

  3. Karbol bisa bikin bayi kuning mba, kamper dan pewangi baju/ruangan juga. Ana dapat dari kursus perawatan bayi pas lairan yahya. Ana masih mencari yang baunya soft tapi ampuh buat kamar mandi mba. Bayclin masih menyengat banget, padahal bersih banget pake bayclin

  4. Kl ana buat kamar mandi pakai citrun, asam sitrat, itu sebenarnya fungsi utama buat es buah biar keras & kecut. Tp ampuh buat membersihkan kamar mandi. Cm 500 perak perbungkus. Hemat. Silahkan dicoaba.

    Ohya, biasanya ana jg gunakan buat merandam pakaian putih yg sngat kotor. Praktis & hasilnya bagus. Semoga bermanfatt

  5. terimakasih infonya, kebetulan lagi browsing cara bersihin ubin yang ampuh, ubin tempat wudhu dimasjid kotor banget soalnya, selama ini pake vixal,

    tapi saya mau coba pake bayclin, siap tau hasilnya lebih memuaskan :)

  6. saya pakai vixal pembersih lantai untuk membersihkan wastafel, setelah beberapa saat wastafel jadi hitam dan tidak bisa di bersihkan

    cara bersihkannya noda hitamnya gimana ya? yang tau kasih info dong

  7. saya pakai vixal pembersih lantai untuk membersihkan wastafel, setelah beberapa saat wastafel jadi hitam dan tidak bisa di bersihkan

    cara bersihkannya noda hitamnya gimana ya? yang tau kasih info dong :)

  8. saya pernah membersihkan lantai dan dinding keramik kamar mandi dari obat yang saya beli dari orang yang tawar di kantor setelah saya pakai lantai dan dinding keramik kamar mandi malah rusak alias tidak berkilau lagi sehingga mudah kena jamur ingin tahu bagai mana caranya biar lantai kamar mandi berkilau lahi dan biar tidak mudah kena jamur

  9. lanjutan pertanyaan ade

    saya juga pakai vixal pembersih lantai untuk membersihkan wastafel, setelah beberapa saat wastafel jadi hitam dan tidak bisa di bersihkan

    cara bersihkannya noda hitamnya gimana ya? yang tau kasih info dong :)

  10. terlanjur bersihin keramik pakai porstex/vixal dinding jadi belang2,putih ada tips buat hilangin nya ??? thanks

  11. Lanjut pertanyaan ade n gian
    Rumah sy airnya jelek jd bikin kramik cepet kuning sy pake vixal/wpc caranya simpan di wadah lalu pake kuas secara merata ke semua sisi.. jd ga belang2 n awet karena semua kena, ga usah cape2 nanti juga bersih sendiri, tinggal dibilas aja..
    Karena sy pikir lantai yg segitu bandelnya pake vixal/wpc aja ilang apalagi wastafel cuci piring. Pasti berkilau, eh ga taunya jf bau besi n hitam..
    Ada tips ga yg tau biar jd normal lagi?? Plisss

  12. Ikut nimbrung ya,
    Setau saya jika menggunakan cairan asam kuat (porstex/vixal) jangan murni harus dicampur/dilusi dengan air bersih, memang sih tergantung dengan tingkat kotorannya apakah noda membandel atau noda biasa, tetapi sebaiknya dicampur dengan air sebelum diaplikasi kan ke material yang akan di bersihkan.

  13. Jika untuk pembersihan noda karat boleh dicoba menggunakan campuran air bersih, oli baru (bukan oli bekas), dan sabun batangan, yang dicampur menjadi satu kemudian aduk hingga menjadi adonan/pasta, gunakan kuas untuk mengaplikasi kan ke permukaan material/benda yang akan dibersihkan, biarkan beberapa saat kemudian gosok sebentar dengan kain lap/amplas jika masih membandel, selamat mencobanya.
    Semoga bermanfaat.

  14. Tolong jg ikut nimbrung, gmn cara bersihkan noda hitam d wastafel karna vixal? Pertanyaan yg sama dengan ade dan gian ya..

  15. wah jadi blom ada solusi buat keramik warna yg rusak terkena vixal yah??? q baru baca artikel katanya pake coumpond bisa beli di toko bangunan tapi blom aku coba sih, kali aja ada solusi lain gan???

    1. Mbak makasih infonya.
      Aku cobain alhamdulillah ampuh.
      Sesudh di kompon, bilas lagi pakai sabun cuci, jdi mengkilat lagi deh. Hehee

  16. Pertanyaan ku sama kyk mb vivi maulida. Keramik hijauku jd belang2 putih. Cara menghilangkannya bagaimana ya ? Please yang tahu tolong dibantu dong. :-(

  17. Mba.. kalo keramik kamar mandi ny dah terlanjur pakai porstek, trus warna ny jadi rusak gimna y.. biar ngmbali in jadi kinclong lagi warna nya??

  18. kmrin sya brsihin westaffel pkai porstax alhasil malah jd jelek sprti hitam n kliatan rsak wrna stainlesny…apa ada solusi…klu pkai compont apa ada cmpuran lainnya pa tdak.mksih….

  19. Ap2n bau menyengat banget wipol itu tdk baik utk krn dr kimia gx baik utk kshtn krn bau nya menyengat. Bikin sesak napas. Bau nya sampe kemn2..beda sm yg lain yg bau nya tdk menyengat.

  20. Saya punya pertanyaan :
    1. Dengan cara apakah untuk menghilangkan air sadah (bekas bintik air) yang susah di bersihkan pada dinding kamar mandi?
    2. Apakah chrom bila terkena porstex atau sejenisnya bisa di bersihkan nodanya? Kalau bisa..dengan cara apa?
    Makasih

  21. Kak may Tanya kemaren sy pasang keramik teras trus banyak noda semennya yg mengering Susah bgt diilanginnya krn tukangnya gk dijaga main pasang aja gk dibersihin apakah pake porstex atau hcl bakalan ampuh Dan Aman buat keramik?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Pegal-Pegal Perjuangan

PEGAL-PEGAL PERJUANGAN * Namanya "ibu". Cita-citanya membumbung. Modalnya raga. Modalnya cinta. Namanya "ibu". Pegal-pegal itu biasa. Hari ini berpayah. Semoga esok tak lagi lelah. Semua ibu pasti (pernah) merasa lelah....

Belajar Bulan Hijriah dari Video Kartun Anak-Anak (Bahasa Indonesia Disertai Teks Senandung)

Dulu saya hafal urutan senandung bulan Hijriah dari video senandung bulan Hijriah yang saya mainkan untuk anak-anak. Kekurangan dari senandung tersebut adalah berbahasa Inggris dan ada bagian yang diulang-ulang dan...

Tips Merebus Telur; Matang dalam 5 Menit!

Alhamdulillah saya sudah mencoba tips ini berkali-kali sejak tahun 2017. Apalagi di waktu sahur. Jadi terasa lebih mudah karena cukup 5 menit, kompor bisa dipakai yang lain. Sebelum berpanjang-panjang, kita...

Muamalah untuk Anak, Mengenal Buruknya Harta Haram (Resensi Buku)

  Zaid menemani ayahnya berkunjung ke peternakan ayam. Zaid tampak sedih saat mengetahui bahwa telur ayam akan dijual. Ayah pun menjelaskan bahwa ayam dan telur halal untuk dimakan dan dijual....