Omarmariam.irsyad.sg: E-Learning Bahasa Arab untuk Anak

Percaya atau tidak, Ziyad (4 tahun 3 bulan) bisa menyatakan isim isyaroh hadza dan hadzihi untuk Omar, Mariam dan Qittoh secara tepat tanpa saya ajarkan mana yang mudzakar dan mana yang muanats melalui website ini. Sama seperti kita atau para bayi kita belajar bahasa ibu, maka cara belajar bahasa terbaik adalah dengan mendengar dan mempraktekkannya melalui percakapan (muhadatsah). Al lughotu al muhadtsah, kata seorang ustadz.  Dan website omarmariam.irsyad.sg mengemasnya secara menarik untuk anak-anak.

Orangtua pun juga dapat memanfaatkan situs ini untuk belajar bahasa Arab. Bahkan kalau dipikir-pikir, jika orangtua malas untuk belajar padahal materi sudah dikemas dengan begitu menarik dan memudahkan, maka bagaimana kita mengharapkan anak-anak juga mau belajar – ucapan ini sebenarnya untuk diri saya sendiri hehehe -.

Omarmariam.irsyad.sg

Website ini memuat 3 paket untuk tahpaan belajar muhadatsah. Dan setiap paket berisi 7 seri iBook. Dan setiap iBook memuat bahan ajar dan 4 jenis latihan untuk penguatan.

Idealnya, anak kita sudah memiliki kemampuan baca dan pengoperasian mouse. Tapi tenang saja, Ibu-Ibu mungkin terkaget-kaget bagaimana kemampuan anak mengingat dari mendengar dan melihat dari materi yang ada. Sebagaimana yang terjadi pada Ziyad anak saya. Walaupun masih belum sepenuhnya benar ketika menyelesaikan soal-soal yang membutuhkan kemampuan membaca, tetapi ketika bermain-main sambil melafalkan materi yang dia dengar (terutama di iBook 1 Volume 1), saya jadi merasa bahagia : D.

“Hadza Omar…wa haadzihi Mariam”, kata Ziyad.

Omarmariam.irsyad.sg
Salah Satu Contoh Soal

Untuk permainan puzzle, sepertinya cocok untuk untuk anak usia > 7 tahun. Karena untuk tingkat yang paling mudahpun, Ziyad kesulitan menyelesaikannya. Mungkin karena gambar yang akan disusun memang kompleks (bukan gambar sederhana).

Omarmariam.irsyad.sg
Permainan Puzzle

Ada pula permainan mewarnai yang cukup menyenangkan dimainkan bersama buah hati.

Omarmariam.irsyad.sg
Permainan Mewarnai

Update:

Catatan tambahan, untuk membuka situs ini, dianjurkan menggunakan browser Google Chrome. Dan terkadang untuk membuka satu iBook membutuhkan waktu dan hanya terlihat halaman putih (sepertinya dari pihak website tidak membuat tampilan loading, karena masing-masing iBook merupakan file animasi yang membutuhkan cukup waktu untuk tampil)

 

IRT. Homeschooler dari tiga anak (Ziyad, Thoriq dan Luma). Web dan graphic designer. Suka membuat media belajar anak (khususnya untuk pendidikan anak Islam) yang dapat dilihat di www.lumalumi.com.

13 thoughts on “Omarmariam.irsyad.sg: E-Learning Bahasa Arab untuk Anak

  1. maturnuwun sanget link nya, pingin belajar tapi ngerasanya yang namanya bhs arab itu sulit, jazakallahu khoir

    1. saya lupa mencantumkan catatan, memang susah dibuka terkadang apalagi kalo pake firefox. Jadi, dianjurkan pake browser google chrome.

  2. Jazaakillah khoir atas referensinya. bagus sekali. oh ya, saya baru tau ada website ummiummi.com, Barakallahu fiikum..

  3. owh, yang belum jadi ummi-ummi boleh ikut nulis juga ya? Insyaa Allah, semoga ada kesempatan untuk menuliskan resensinya. hehe

  4. bagaimana cara downloadnya e learning bhs arab buat belajar anak saya . terima kasih

    1. saya belum mencobanya…atau saya sudah mencobanya tapi tidak berhasil…saya lupa maaf.
      insyaAllah nanti kalo bisa saya kasih linknya di sini hasil downloadan saya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *