Menyiasati Grup WhatsApp yang Terlalu Ramai (Mau Tetap Gabung Grup, tapi Tidak Mau Terganggu oleh Notifikasi yang Tiada Henti)

WhatsApp (WA) sebagai salah satu media sosial menawarkan beberapa fitur dalam aplikasinya. Namun kadang pengguna kurang ngeh dengan fungsinya.

mute 1

Salah satu fitur WA adalah mute . Fitur ini membuat suara notifikasi di grup menjadi senyap (silent), meskipun di layar WA chat (percakapan) baru tetap bisa dimunculkan.

mute 2

Contohnya, kita memasang pengaturan mute untuk sebuah grup WA, untuk jangka 1 tahun (1 year). Berarti, selama 1 tahun, kita tidak akan pernah mendengar suara notifikasi bila chat baru masuk ke grup tersebut. Namun kita tetap bisa mengatur apakah kita ingin jumlah chat baru tetap muncul di layar WA atau tidak. Bila kita mencentang kotak munculkan pemberitahuan (show notification), artinya jumlah chat baru tetap muncul di layar WA meski suara notifikasinya (pemberitahuannya) tidak ada.

mute 3

Tidak dipungkiri, kadang kita perlu bergabung ke sebuah grup yang berjumlah besar untuk sebuah tujuan. Misalnya, grup belajar-online. Dengan teknologi WA yang kini bisa menampung peserta maksimal 100 orang tiap grup, rasanya menghindari suara nat-nit-nut handphone (HP) menjadi sangat sukar. Apalagi bila kita bergabung ke beberapa grup.

Dengan pengaturan mute, kita bisa menata suasana “damai” tanpa suara notifikasi yang sangat kerap. Kita tetap bisa membacanya ketika kita sudah punya waktu luang. Tak perlu mondar-mandir melihat HP karena mengira notifikasi itu perlu segera dibaca atau dibalas. Selain itu, suara notifikasi tetap akan berbunyi untuk chat yang tidak diatur mute (untuk WA grup) atau block (untuk WA pribadi).

***

Athirah Mustadjab

Artikel UmmiUmmi.Com

Athirah (Ummu Asiyah), ibu rumah tangga dari dulu sampai sekarang.