Mengenal Huruf Hijaiyah Yuk…

Mengenal Huruf Hijaiyah yuk1Tulisan ini terinspirasi oleh bukunya mba Za Ummu Raihan yang berjudul “Mendidik Anak dengan Game Islami”. Di dalam buku ini terdapat banyak sekali cara memperkenalkan huruf hijaiyah dengan bermain. Cocok banget buat mas Hafizh yang hobinya main. Yuk kita intip isinya..

Bowling Hijaiyah

Cara bermain bowling hijaiyah ini kerap aku dan mas hafizh lakukan saat mas hafizh punya tenaga banyak yang belum tersalurkan. Saat ini Mas Hafizh baru belajar mengenal 3 huruf hijaiyah أ, ب, ت

Mengenal Huruf Hijaiyah yuk2

Caranya :

  1. Siapkan 3 buah kaleng bekas (sebenernya bisa juga menggunakan botol2 bekas air mineral).
  2. Buat kartu dengan ukuran persegi panjang dari kertas asturo warna-warni. Tuliskan huruf hijaiyah yang akan dipelajari kemudian tempelkan di kaleng bekas itu.
  3. Siapkan juga bola untuk melempar.

 

Nah, jika sudah siap maka kaleng2 bekas ini disusun berjajar dengan jarak yang sesuai. Kemudian anak melempar bola ke arah kaleng bekas yang ia inginkan, ibu yang mendampingi meneriakkan huruf hijaiyah dari kaleng yang jatuh akibat lemparan bola anak.

 

Kereta Hijaiyah

Permainan yang ini tidak ada di buku mba Za.

Karena mas Hafizh hobi banget sama yang namanya kereta maka jika ada sesuatu yang dikaitkan dengan kereta dia akan gampang mengingatnya. Mudah dan gampang juga untuk memainkannya hanya diperlukan imajinasi dan kreatifitas sang ibu.

Caranya :

  1. Siapkan kereta api mainan (bisa digantikan dengan alat transportasi atau mainan lainnya yang menjadi kesukaan anak)
  2. Kartu huruf hijaiyah seperti permainan bowling diatas

Mengenal Huruf Hijaiyah yuk

Kalau sudah siap semua, ibu yang punya peran penting sebagai penentu alur cerita. Misalnya ibu bercerita tentang perjalanan kereta api bersama أ, ب, ت  dari desa ke kota. أ ingin pergi ke sekolah yang letaknya di kota seberang sehingga ia menumpang kereta agar sampai ke sekolah, sedangkan ب dan , ت ingin pergi ke pasar untuk membeli kebutuhan sehari-hari selama sebulan yang letaknya di sebelah sekoah أ. Nah, sampai disekolah أ turun dari kereta dan tak lupa mengucapkan kata terima kasih kereta, jazakumullaahu khairan kereta, jangan lupa jemput أ ya nanti siang, ب dan ت hati-hati ke pasarnya jangan lupa baca do’a masuk pasar, dst.

 

Dibagian cerita ini ibu juga bisa menyelipkan adab dan do’a yang sesuai dengan sunnah. Misalnya saat أ, ب, ت pergi dari rumah membaca do’a keluar rumah, kemudian أ, ب, ت naik kereta maka tak lupa untuk membaca bismillah dan do’a naik kendaraan, sampai tujuan أ, ب, ت mengucapkan terima kasih kereta, jazakumullaahu khairan, dst.
Alhamdulillah dengan dua cara tersebut, أ, ب, ت bisa masuk ke dalam hati mas Hafizh. Sampai-sampai waktu mau tidur mas hafizh komat-kamit sendiri sembari mulutnya berkata ayiif,ba,ta ^^.
-semoga bermanfaat-

 

 

Putrisia Hendra. Saat ini tinggal di Bekasi bersama suami dan buah hati tercinta Hafizh.

4 thoughts on “Mengenal Huruf Hijaiyah Yuk…

  1. Pengeeen bukunya…
    Di Sarana Hidayah ada ndak ya?
    Games-nya bisa dipakai di playgroup juga kayaknya.
    Jazaakillaahu khaira, Dek Pucan.
    بوركت ^^

    Suka tampilan UmmiUmmi skrg. Ajmal.
    Semoga bisa kirim2 tulisan lagi.
    Baarakallaahu fiikunn..

  2. MAsya Allah, permainan bagus. Layak utk kami coba. Sedikit berbagi. Mgkn sdh ada di buku de Za.
    Kami pake puzzle hijaiyah (banyak dijual di toko2) dan poster yang hanya kami ambil dari sisipan di majalah Al Mawaddah ttg alif wal ya’ wal wawu ash shaghirat. Materi yang sama bisa didapat di buku Metode Asy Syafi’i. Dikopi perbesar kmd diwarnai sendiri. Misal : a-i-u warna hijau, ba-bi-bu warna biru, dll. Lalu ditempel di tempat yang sering dijangkau anak. Ingat, menempelnya hendaknya sesuai dengan tinggi anak, jangan terlalu tinggi. Sesekali, sambil dipangku atau dipeluk, lafadzkan a-i-u, ba-bi-bu, dst.Utk anak yang lbh besar, yang bicaranya sdh lbh lancar, misal >2th. Bisa diminta mengulangi apa yang ibu ucapkan. Semoga bermanfaat..

  3. Sepertinya belum nyampe di sarhid mba bukunya.. Tapi kalo mba ella mau,putri punya nomrnya mba za.
    Wa anti fa jazakillaahu khairan..
    Seneng ketemu mba ella kemarin..
    Barakallaahu fiik..^^

    Masyaa Allaah mba siwi..
    Inspiratif bgt..
    Jazakillaahu khairan idenya..
    Sering shraing metode hafalan nabila ya mba..
    Pengen niru..^^

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *