1310071_20235887 paprika on pans

Binguuuung mau masak apa…

Budget nge-pas. Skill masak enggak nambah-nambah. Tahunya resep yang itu-itu aja.

Eh, eh, jangan bingung gitu. Baca ini dulu!

Serut atau potong dadu

Bisanya masak itu-itu aja? Jangan khawatir! Kita buat bentuknya beda, meskipun rasanya segitu-gitu aja.

Kalau kemarin kita potong-dadu wortelnya, hari ini kita serut-serut.
Kalau kemarin tempenya kita bikin mendoan, hari ini kita campur dalam sayur tumisan.
Kalau kemarin ayamnya kita jadiin sup, hari ini kita suir-suir jadi taburan nasi kuning.

Tambah kombinasi lain, variasikan!

Mungkin orang-orang di rumah enggak ada yang protes kalau kita masak itu-itu terus. Tapi, boleh ‘kan kita buat variasi yang berbeda?

Nasi putih divariasikan jadi nasi uduk. Bedanya: cuma nambah santan pas dimasak. Urusan serai dan daun jeruk, itu tergantung selera.

 

Nasi uduk divariasikan jadi nasi kuning. Bedanya: cuma nambah kunyit.

 

Sup ayam divariasikan jadi soto ayam. Bedanya: jenis bumbu lebih banyak.

 

Soto ayam divariasikan jadi soto sapi. Bedanya: yang satunya pake ayam, yang satunya pake sapi.

 

Telur rebus divariasikan dengan sambal. Bedanya: telur rebus polos dibelah dua, lalu dihiasi sambal di atasnya.

 

Telur dadar divariasikan dengan bawang merah dan cincangan rawit. Bedanya: rasa lebih mantap dan puedesss. Enggak cocok nih buat anak-anak.

 

Lalapan divariasikan jenisnya: biasanya cuma timun dan selada, coba sekarang tambah dengan terung rebus dan tomat.

Pengen variasi lain? Googling aja….

Sambil maskeran

Bisa loh masak sambil maskeran.

Dapet sisa timun, ules-ules di muka. Alhamdulillah, seger….
Ada masker bengkoang, cepet tempelin di wajah!
Ada sisa madu, oles-oles di bibir aja….
Punya stok masker zulu? Buruan pake sebelum mulai masak.

 

Sambil berzikir dan beristigfar

Biar dapat banyak manfaat selagi masak, jangan lupa ya komat-kamit juga mulutnya untuk berzikir dan beristigfar. Hatinya juga ikut sibuk mengikuti gerak bibir. Zikir dan istigfar.

Caem di wajah, cakep di hati. Kenyang di perut, bahagia di hati. Asyiknya memasak!

Bayan Lepas, 18 November 2013,
Athirah

4 thoughts on “Masak Asyik

  1. kalo ana, asyiknya :sambil nungguin nabiilah ngerjain worksheet/workbook-nya, dek, belajar di dapur gitu…dan si adek laki2 membuat tower dari toples2 bumbu… Atau berebut ‘ocok2 telul’ atau ngasihin garam… Super Rame, deh kalo acara masak…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Review Buku: 26 Dosa Istri, yang Meresahkan Hati Suami

Judul : 26 Dosa Istri, yang Meresahkan Hati Suami Penulis : Muhammad bin Ibrahim Al-Hamd Penerjemah : Muhammad Muhtadi, Lc. Penerbit : Kiswah Media Tahun Terbit : 2009 Kota Terbit...

Resep Topping Spaghetti/Pizza Super Sederhana

Sebenarnya ini resep super sederhana. Tapi berdasar pengalaman dulu waktu baru nikah, yang super sederhana bisa jadi benar-benar gak ada di bayangan atau di pikiran :D. Semoga bisa membantu yang...

Pegal-Pegal Perjuangan

PEGAL-PEGAL PERJUANGAN * Namanya "ibu". Cita-citanya membumbung. Modalnya raga. Modalnya cinta. Namanya "ibu". Pegal-pegal itu biasa. Hari ini berpayah. Semoga esok tak lagi lelah. Semua ibu pasti (pernah) merasa lelah....

Belajar Bulan Hijriah dari Video Kartun Anak-Anak (Teks Senandung)

Dulu saya hafal urutan senandung bulan Hijriah dari video senandung bulan Hijriah yang saya mainkan untuk anak-anak. Kekurangan dari senandung tersebut adalah berbahasa Inggris dan ada bagian yang diulang-ulang dan...