Lahiran di Mana?

Persalinan begitu mendebarkan bagi setiap ibu. Bagi seorang ibu, persalinan bukan hanya bearti munculnya seorang bayi yang mungil ke dunia, tapi juga bagaimana menjalani proses persalinan yang aman dan nyaman.Untuk mendapatkan proses persalinan yang aman dan nyaman, seorang ibu membutuhkan wawasan yang luas dalam menentukan siapa yang akan membantunya kelak saat si mungil sudah siap lahir ke dunia. Apakah itu dengan bidan atau dokter kandungan.

“An obstetrician manages labour; the midwife supports labour. The obstetrician makes things happen; the midwife lets things happen. The doctor trusts technology and is wary of nature. The midwife trusts nature and is wary of technology. The obstetrician fears birth will go wrong. The midwife expects birth will go right.”from the Birth Book by William Sears M.D. and Martha Sears, R.N

Jika ibu sudah yakin bahwa kandungannya baik-baik saja dan semuanya dalam keadaan normal maka melakukan persalinan diengan bantuan bidan adalah pilihan yang baik. Seperti kutipan diatas, bahwasanya seorang bidan mendukung proses persalinan dengan segala cara yang ia punya. artinya, seorang bidan mendukung agar proses persalinan dapat berjalan dengan normal dan alami.  Ia akan menunggu dengan sabar sampai pembukaan lengkap tanpa bantuan obat-obatan kimia atau apapun. Ia juga akan selalu menemani dan memberikan semangat kepada ibu serta mengingatkan ibu tentang segala hal yang harus dilakukan disaat  kontraksi. Diluar itu semua, seorang bidan tidak dapat membantu jika ada suatu kesalahan yang terjadi di dalam perut ibu. Ia hanya dapat mendeteksi dengan rabaan tangan dan alat pendeteksi detak jantung dan pengalaman. Maka jika kandungann ibu “bermasalah” lebih baik ibu melakukan proses persalinan dengan bantuan dokter kandungan.

lahiran dimanaSeorang dokter kandungan memiliki teknologi canggih yang dapat mendeteksi apa yang terjadi dengan kandungan ibu. Dengan teknologi ini,  Ia mempunyai solusi  untuk ibu.Jika ibu memilih melakukan persalinan dengan seorang dokter kandungan, maka yang perlu ibu lakukan adalah mengetahui  prosedur  yang ditetapkan oleh rumah sakit dimana dokter kandungan itu bekerja. Misalnya :

  1. Apa saja aturan (SOP) yang dapat menghambat proses persalinan normal alami? Contohnya berapa lama pembukaan sampai seorang ibu harus di induksi?
  2. Janin akan dipantau secara konstan atau tidak?
  3. Apakah  wajib memasang infus bagi setiap ibu yang akan melakukan persalinan?
  4. Bagaimana posisi persalinan yang ditetapkan?
  5. Apa hanya boleh telentang saja atau yang lainnya?
  6. Adanya prosedur atau aturan untuk selalu menginduksi ibu yang umur kehamilannya diatas 40 minggu
  7. Kebijakan untuk makan atau minum di ruang bersalin Apakah ibu boleh membawa makanan dan minuman di ruang bersalin?
  8. Standar pemecahan air ketuban oleh bidan atau dokter.Mencari tahu tarif dari persalinan normal alami, operasi sesar, induksi, dan epidural.

Selain itu, yang perlu ibu ketahui adalah sebaiknya tidak buru-buru untuk pergi ke rumah sakit jika gejala yang dialami hanya timbul fleks. Hal ini dikarenakan kemungkinan besar serviks masih dalam proses penipisan, pelunakan dan pembukaan awal.  Jika kontraksi belum teratur, lebih baik ibu di rumah dahulu. Atau apabila ibu cemas, maka dating ke bidan setempat atau RS untuk melakukan pemeriksaan untuk mengecek pembukaan.  Jika pembukaan kuranng dari 4 cm, sebaiknya ibu menenangkan diri di rumah. Ketika ibu melahirkan, hormone yang berperan adalah hormon oksitosin.  Hormon  ini  adalah hormone cinta dimana ia akan sangat mudah terganggu jika ibu merasakan cemas, takut, khawatir dan perasaan-perasaan lain yang sering dirasakan ibu di rumah sakit. Jadi  tenangkan diri ibu di rumah sampai pembukaan diatas 4 cm.Dimanapun persalinannya, yang sangat dibutuhkan ibu adalah ketenangan.

Berusahalah dengan maksimal dan serahkan semuanya kepada Allaah azza wa jalla. Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

“Seorang mukmin yang kuat lebih baik dan lebih dicintai Allah daripada seorang mukmin yang lemah, namun pada masing-masingnya terdapat kebaikan. Bersemangatlah untuk meraih apa yang bermanfaat bagimu, mintalah pertolongan kepada Allah, dan jangan bersikap lemah. Apabila sesuatu menimpamu janganlah berkata, ‘Seandainya dahulu aku berbuat demikian niscaya akan begini dan begitu.’ Akan tetapi katakanlah, ‘Itulah ketetapan Allah dan terserah Allah apa yang dia inginkan maka tentu Dia kerjakan.’ Dikarenakan ucapan ’seandainya’ itu akan membuka celah perbuatan syaitan.”(HR. Muslim [2664] lihat Syarh Nawawi, jilid 8 hal. 260).


If you enjoyed this post, please consider leaving a comment or subscribing to the RSS feed to have future articles delivered to your feed reader.

3 comments on “Lahiran di Mana?

  1. pucan May 11, 2012 3:01 am

    Dek nunung…

    pie kabarmu nduk ?

  2. kikie June 4, 2012 7:52 pm

    mb puchan,,,,^^
    jazakillah khairan …

Leave a Reply

Your email address will not be published.

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>