kencur obat batuk

Kencur untuk Obat Batuk

Khasiatnya Kencur untuk Obat Batuk? Sangat mujarab insyaAllah. Kalau tenggorokan sudah mulai sakit dan kita memakan kencur, insyaAllah batukya tidak jadi ataupun kalau ya, hanya sekedar batuk ringan insyaAllah. Kalau sudah terlanjur batuk, insyaAllah akan reda secara cepat, dan tenggorokan kita pun nyaman. Bi idznillah ya bu ibu, begitulah yang saya rasakan.

Kencur Obat Batuk

Saya mendapatkan anjuran ini dari seorang teman SMP. Ibunya selalu menganjurkannya untuk makan kencur ketika batuk. Sayapun tertarik mencoba, karena saya selalu merasa tidak nyaman saat batuk yang sampai mengeluarkan suara besar “grok grok”, apalagi kalau sedang ujian di sekolah. Rasanya malu dan menganggu.

Saat awal, biasanya kita akan merasa sangat tidak nyaman dengan aroma dan rasa dari kencur ini. Saya pun begitu. Waktu masa pembiasaan makan kencur saat batuk, saya sudah posisi siap ke kamar mandi/tempat untuk ber-mumun ria. Alhamdulillah sekarang sudah terbiasa, dan mengunyah dan menghisap sari kencur untuk kemudian dibuang ampasnya.

Khasiatnya Kencur untuk Obat Batuk?


Sangat mujarab insyaAllah. Kalau tenggorokan sudah mulai sakit dan kita memakan kencur, insyaAllah batukya tidak jadi ataupun kalau ya, hanya sekedar batuk ringan insyaAllah. Kalau sudah terlanjur batuk, insyaAllah akan reda secara cepat, dan tenggorokan kita pun nyaman. Bi idznillah ya bu ibu, begitulah yang saya rasakan.

Saat anak-anak sakit batuk pun,  kami juga terbiasa memberikan perasan air kencur ini untuk obat batuk selain memberikan madu tentunya. Untuk anak-anak atau mungkin ibu-ibu yang memang  tidak memungkinkan untuk mengunyah kencur ini secara langsung, cara berikut bisa dipakai.

  1. Kupas kencur seukuran 3-5 cm. Cuci bersih.
  2. Parut.
  3. Beri air sedikit dan peras.

InsyaAllah perasan 1 sendok makan sehari sekali selama 1-3 hari sudah bisa meredakan batuk Anda atau anak Anda.

Sedikit pengalaman pribadi, sewaktu Ziyad mengalami batuk kering yang sangat gatal, sempat hampir semalaman ia tidak tidur karena batuk. Sudah beberapa kali saya memberikan madu. Akhirnya saya mencari-cari kencur, memarutnya dan memerasnya (walaupun sudah lewat tengah malam), alhamdulillah tidak lama kemudian batuknya mereda dan ia bisa tidur.

كُلِّ دَاءٍ دَوَاءٌ، فَإِذَا أُصِيْبَ دَوَاءُ الدَّاءِ بَرَأَ بِإِذْنِ اللهِ عَزَّ وَجَلَّ

“Setiap penyakit ada obatnya. Maka bila obat itu mengenai penyakit akan sembuh dengan izin Allah Subhanahu wa Ta’ala.” (HR. Muslim no. 5705)

2 Januari 2012
cizkah

.

2 thoughts on “Kencur untuk Obat Batuk

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Review Buku: 26 Dosa Istri, yang Meresahkan Hati Suami

Judul : 26 Dosa Istri, yang Meresahkan Hati Suami Penulis : Muhammad bin Ibrahim Al-Hamd Penerjemah : Muhammad Muhtadi, Lc. Penerbit : Kiswah Media Tahun Terbit : 2009 Kota Terbit...

Resep Topping Spaghetti/Pizza Super Sederhana

Sebenarnya ini resep super sederhana. Tapi berdasar pengalaman dulu waktu baru nikah, yang super sederhana bisa jadi benar-benar gak ada di bayangan atau di pikiran :D. Semoga bisa membantu yang...

Pegal-Pegal Perjuangan

PEGAL-PEGAL PERJUANGAN * Namanya "ibu". Cita-citanya membumbung. Modalnya raga. Modalnya cinta. Namanya "ibu". Pegal-pegal itu biasa. Hari ini berpayah. Semoga esok tak lagi lelah. Semua ibu pasti (pernah) merasa lelah....

Belajar Bulan Hijriah dari Video Kartun Anak-Anak (Teks Senandung)

Dulu saya hafal urutan senandung bulan Hijriah dari video senandung bulan Hijriah yang saya mainkan untuk anak-anak. Kekurangan dari senandung tersebut adalah berbahasa Inggris dan ada bagian yang diulang-ulang dan...