Kelebihan yang Menutup Kekurangan

Manusia, pada umumnya lebih mudah melihat kekurangan yang dimiliki orang lain.

Hasilnya, seakan-akan seseorang memiliki kekurangan yang sangat banyak. Sehingga ketika diminta memunculkan kebaikan yang ada pada seseorang, lidah serasa kelu.

Video kali ini hanyalah satu contoh, ketika saya secara pribadi mengambil suatu pelajaran…bahwa diantara kekurangan yang dimiliki seseorang, ternyata ia memiliki kelebihan. Kelebihan yang lebih patut untuk dipertimbangkan. Kelebihan yang menutup berbagai kekurangan.

Adalah Abdurrahman Toqan, seorang hafizh dari negara Italy. Ia adalah salah satu peserta pada Dubai International Holy Quran Competiton yang ke-16 pada tahun 2012.

Pada saat gilirannya membacakan ayat yang diuji oleh para juri, baru sekitar 11-14 detik ia membacakan ayat, sudah terdengar bel yang menunjukkan kesalahan. Lima menit kemudian, ia sudah harus diingatkan ayat secara langsung oleh juri. Dan sebelum ditest dengan ayat selanjutnya, juri sampai mengingatkan untuk tidak terburu-buru saat membaca ayat-ayat Quran. Silakan lihat lebih lengkap apa yang terjadi pada video berikut :).

Dibalik kekurangan yang ada pada sesi tes tersebut, saya terkagum-kagum dengan hasil penjurian.

Abdurrahman Tuqon ternyata menjadi pemenang untuk kategori “Most Beautiful Recitation”.

Ini adalah video Abdurrahman membacakan Al-Quran saat penobatan ia sebagai pemenang. Masya Allah…memang bacaannya begitu indah bukan?


Ini sebagai bahan intropeksi – lagi-lagi lebih untuk ke diri saya secara pribadi -, ketika berhadapan dengan orang lain. Entah itu anak kita sendiri, suami, teman, saudara, tetangga atau yang lainnya. Tonjolkan kebaikan yang dimiliki mereka…Ingat-ingat. Dan anggaplah kekurangan yang dimiliki sekedar sebagai kekurangan. Sebagaimana kita juga memiliki kekurangan…

Berikut ini tambahan beberapa video bacaan dari Abdurrahman Touqan:

In sya Allah akan saya update secara perlahan jika menemukan video lainnya.Atau silakan tinggalkan di kolom komentar agar bermanfaat untuk pembaca lainnya in sya Allah.

IRT. Homeschooler dari lima anak (Ziyad, Thoriq, Luma dan si kembar Handzolah dan Kholid). Web dan graphic designer. Suka membuat media belajar anak (khususnya untuk pendidikan anak Islam) yang dapat dilihat di www.lumalumi.com.

One thought on “Kelebihan yang Menutup Kekurangan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *