IXL.com; Media Belajar Matematika Anak yang Interaktif dan Menarik


IXL.com adalah website yang berisi latihan-latihan interaktif untuk beberapa mata pelajaran yang bisa digunakan oleh anak dari berbagai rentang usia secara GRATIS. Bahkan dari usia balita. Latihan yang disediakan adalah untuk empat mata pelajaran, yaitu: math, science, language art dan social studies.  Yang sampai saat ini kami rutin gunakan adalah untuk mata pelajaran math, atau lebih sering kita sebut Matematika.

Jika sarana belajar online lainnya hanya mengaktifkan sebagian sarananya, IXL membuka SEMUA akses latihan di websitenya.  Tapi setelah menjawab beberapa soal, maka akan muncul pesan bahwa si anak telah mencapai batas latihan harian untuk versi tak berbayar. Kalau mau lanjut, silakan bayar :D. 

Sebenarnya kami telah menggunakan IXL.com (selanjutnya disingkat IXL) sejak beberapa tahun yang lalu.  Sampai beberapa waktu yang lalu, kami masih menggunakan IXL versi gratis untuk Thoriq – anak kedua kami -, karena menganggap itu sudah cukup untuk sekedar latihan anak-anak.

 

review-ixlcom-ummiummicom-cizkah
Pop-up message muncul seperti ini ketika anak telah mencapai batas jumlah soal yang dapat dikerjakan secara gratis.

Ketika Thoriq menginjak usia 6 tahun, kami mulai sering memberikan latihan dari IXL untuknya. Seringkali Thoriq harus berhenti berlatih karena sudah mencapai limit harian penggunaan IXL versi gratis. Padahal biasanya dia sedang asyik-asyiknya mengerjakan soal yang diberikan IXL.

Asyik?

Betulan loh! Thoriq menikmati proses mengerjakan soal yang ada di IXL. Soal yang diberikan memang dibuat nyata dan menarik (sesuai tingkat pemahaman anak).

Mulai Mendaftar di IXL

Akhirnya kami putuskan untuk mendaftar keanggotaan di IXL. Tinggal mengklik tombol membership. Bunda akan mendapatkan pilihan:

  • membayar bulanan atau tahunan.
  • membayar untuk satu atau lebih anak.
  • membayar untuk salah satu mata pelajaran atau beberapa mata pelajaran.
review-ixlcom-ummiummicom-cizkah2
Form berlangganan

Biaya keanggotaan perbulan adalah $9,95. Bahkan jika membayar satu tahun, kita hanya cukup membayar $79. Berarti lebih hemat $40. Kalau membayar untuk dua anak sekaligus juga bisa lebih hemat.

Setelah melakukan pilihan yang Bunda kehendaki, maka langkah selanjutnya adalah melakukan pembayaran. Untuk bulanan, pilihan yang ada hanyalah dengan menggunakan kartu kredit. Karena tidak memiliki kartu kredit, saya pernah menanyakan lewat email mengenai pilihan pembayaran. Jawaban yang saya dapatkan adalah kita dapat membayar menggunakan PayPal jika memilih keanggotaan tahunan.

Dengan beberapa pertimbangan, akhirnya kami memilih untuk mencoba berlangganan per bulan dan hanya untuk satu anak dulu, yaitu Thoriq. Karena Ziyad sudah lebih banyak waktunya untuk mengerjakan latihan dari buku sesuai tingkatan kelas yang ia lalui. Kami ingin melihat apakah Thoriq bisa/mau jika diminta mengerjakan setiap hari.

Karena kami sekeluarga tidak memiliki kartu kredit, kami “minta tolong” kepada yang memiliki kartu kredit, kemudian kami ganti senilai tukar rupiah yang berlaku saat melakukan pembayaran.

 

Apakah Efektif Mendaftar di IXL?

Alhamdulillah Thoriq mau mengerjakan soal-soal IXL SETIAP HARI. Padahal kalau dilihat, dia mengerjakan lebih dari 20 soal perharinya. Makanya ketika kami mendapat informasi via email bahwa Thoriq sudah mengerjakan 500 soal — padahal belum lagi sebulan kami berlangganan, cukup membuat kami takjub.

Lihat bagaimana ternyata Thoriq pada skill ini sudah mengerjakan 51 soal. Dan setelah mengerjakan 36 soal dia mendapatkan mencapai skor 100. Tapi sungguh TAK pernah keluar kata "Banyak banget soalnya" sejauh ini alhamdulillah.
Lihat bagaimana ternyata Thoriq pada skill ini sudah mengerjakan 51 soal. Dan setelah mengerjakan 36 soal dia mendapatkan mencapai skor 100. Tapi sungguh TAK pernah keluar kata “Banyak banget soalnya” sejauh ini alhamdulillah.

Karena usianya masih 6 tahun, kami mengambil soal-soal di bagian Kindergarten. Soal-soalnya dibuat bertahap dan menarik. Setiap tahapan pun diberikan berbagai variasi soal yang membuat anak benar-benar paham. Ketika mengerjakannya tidak memakan waktu lama, sehingga anak tidak merasa terbebani insya Allah.

Misalnya untuk pemahaman menghitung angka 1-5, maka dimulai dari pengalaman berhitung dengan gambar yang diklik dan keluar angka.  Tahap selanjutnya anak cuma diberi gambar (anak menghitung gambar dan tidak keluar angka).

review
ketika gambar benda diklik keluar angka


Kita tahu bahwa anak-anak, di tahun-tahun pertamanya sangat suka berhitung. Dan yang membuat di kemudian hari mereka tidak suka matematika salah satu sebabnya adalah pemberian materi yang tidak bertahap, atau kemampuan dasar yang belum terlalui sehingga untuk memahami tahap selanjutnya mereka merasa berat. Dengan melalui latihan-latihan di IXL secara bertahap, insya Allah anak akan menguasai dari dasar.

Keuntungan Mengambil Keanggotaan di IXL

Dengan mengambil versi keanggotaan, ada beberapa keuntungan yang kami rasakan.

  • Anak dapat mendapatkan latihan matematika secara bertahap dengan biaya yang lebih murah (saya bandingkan dengan biaya les di sebuah lembaga yang khusus mengajarkan Matematika).
  • Dapat mengerjakan soal sampai mencapai ukuran bahwa mereka telah paham. Ukurannya adalah Smart Score 100 (ada di sisi kanan halaman web saat anak mengerjakan soal).

    review-ixlcom-ummiummicom-cizkah8
    tampilan jika anak memberi jawaban yang salah
  • Setiap skill (kemampuan) yang telah dilalui anak mendapatkan tanda medali di sisi link soal. Dengan begini, kita bisa mengingat anak sudah sampai dilatihan yang mana.

    review-ixlcom-ummiummicom-cizkah8
    Soal dengan tanda medali di sisi kanan berarti sudah dilalui
  • Ketika mencapai ukuran tertentu dan mencapai ukuran menguasai materi tersebut, anak mendapat “medali” dengan tampilan yang menarik.

    review-ixlcom-ummiummicom-cizkah3
    Medali saat sudah mencapai score 100. Dapat dilihat juga bahwa pertanyaan yang dilalui adalah 28 dan sang anak benar semua. Waktu yang digunakan untuk berlatih 6 menit untuk skill yang baru saja dilalui.
  • Anak dapat melihat info lebih detail dari medali yang di dapat di halaman awards. Ketika bintang di klik maka akan berubah menjadi gambar binatang atau bunga.
    review-ixlcom-ummiummicom-cizkah13

    review-ixlcom-ummiummicom-cizkah14
    Halaman awards
  • Orangtua mendapat laporan mingguan via email.
  • Orangtua juga mendapat email perkembangan anak. Kami juga mendapatkan sertifikat dengan nama anak  ketika melalui tahapan khusus. Misalnya ketika Thoriq telah melalui 500 soal, maka pihak IXL mengirimkan sertifikat yang dapat diprint sendiri.

    A photo posted by cizkah ummu ziyad (@cizkah) on

  • Orangtua dapat mengakses data perkembangan lebih detail via web.
    review-ixlcom-ummiummicom-cizkah6
    Info detail secara statistik yang dapat dicek lewat website ketika login. Dapat dilhat ada 2 skill yang bukan kindergarten karena Ziyad dan Luma sempat menggunakan IXL ketika login.

     

    review-ixlcom-ummiummicom-cizkah7
    Info detail per latihan/skill

 

Oh ya, jangan khawatir jika soal yang diberikan dengan bahasa Inggris. Biasanya saya menjelaskan intruksi setiap latihan di awal. Selanjutnya, Thoriq dapat mengerjakannya secara mandiri. Bagi saya yang homeschooler, ini juga sebagai ajang mereka latihan memahami soal-soal berbahasa Inggris. Setiap soal juga ada versi suaranya. Jadi anak juga dapat mendengarkan pronounciation yang benar dari setiap soal.

Kesimpulan yang kami dapatkan adalah kami akan melanjutkan berlangganan IXL insya Allah.

cizkah
Jogja 12 Desember 2016
Artikel ummiummi.com

 

IRT. Homeschooler dari lima anak (Ziyad, Thoriq, Luma dan si kembar Handzolah dan Kholid). Web dan graphic designer. Suka membuat media belajar anak (khususnya untuk pendidikan anak Islam) yang dapat dilihat di www.lumalumi.com.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *