Heroisme Tanpa Derap Kuda Perang

Heroisme identik dengan suara derap kuda perang. Identik pula dengan letupan senapan dan ledakan bom. Disertai warna darah yang merah segar.

Akan tetapi, pernahkah kita tanamkan kepada anak bahwa para ulama juga heroik?

Konsep ini selayaknya dikenalkan sejak anak masih belia. Bahwa selain heroisme dengan pedang, juga ada heroisme dengan pena. Bahwa tanpa bergumul menghadapi musuh, ketabahan di atas siksaan adalah sebuah heroisme.

Ibnu Taimiyyah
Imam Ahmad bin Hanbal
Imam Abu Hanifah
Imam Asy-Syafi’i
Imam An-Nawawi
Syaikh Muhammad bin Abdul Wahhab

Memperdengarkan kisah heroik

Fitrah anak itu meniru. Fitrah anak itu suci, berada dalam agama Islam yang lurus. Lingkungan mewarnai kepolosannya dengan spektrum yang indah atau bercak hitamnya noda.

Kisah adalah jembatan pendidikan untuk anak. Dari kisah, dia membayangkan dirinya berjumpa dengan sang tokoh. Dari kisah, dia belajar membedakan sifat yang patut ditiru dan sifat yang harus dijauhi.

Heroisme para ulama

Syubhat dan syahwat telah teramu dalam kuali akhir zaman. Membiasakan anak dengan cerita kepahlawanan para ulama — dalam berpegang teguh kepada Alquran dan As-Sunnah berdasarkan pemahaman salaful ummah — merupakan sebuah aksi preventif untuk melindung buah hati kita. Sebelum dunia kelam meracuninya dengan contoh-contoh buruk dari film kartun, film kekerasan, sinetron, roman picisan, boy band dan girl band, dan sebagainya. Selayaknya kita sigap. Sebelum nasi menjadi bubur.

Selain menceritakan kisah para salaf yang gagah berani di jalan jihad fi sabilillah, rasanya tak kalah penting kita sering membacakan kisah-kisah keteguhan orang-orang berilmu lagi shalih dalam menangkis syubhat dan syahwat.

Beberapa situs yang bisa jadi rujukan:
http://kisahmuslim.com
http://bam.raudhatulmuhibbin.com

Siapkan generasi muslim yang tangguh. Dari rumah Anda :)

Barakallahu fikum (semoga Allah memberkahi Anda semua).

**

Athirah Mustadjab

Artikel UmmiUmmi.Com

Athirah (Ummu Asiyah), ibu rumah tangga dari dulu sampai sekarang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *