Doa Saat Orang Lain Tertimpa Musibah

Dunia dihebohkan dengan rekaman anak kecil perempuan bernama Wang Yue (yang kini telah meninggal), karena tertabrak van dan truk, namun tidak ada yang menolong walaupun ada 18 orang yang melewati jasadnya yang terkapar di tengah jalan. Kita tidak akan membahas siapa yang salah dalam insiden ini.

Di balik musibah yang tertimpa orang lain, seseorang tidak dapat memastikan bahwa di masa depan dia tidak tertimpa musibah yang sama. Musibah bisa jadi berupa kehilangan anak, kehilangan harta, kedudukan, kesehatan dan hal-hal lainnya yang merupakan kenikmatan dunia yang diberikan oleh Allah. Karena itu janganlah merasa sombong ataupun merasa aman ketika melihat orang lain tertimpa musibah.

Dan sebagai pengingat, Rasululllah shallallahu ‘alaihi wa sallam telah mengajarkan sebuah doa yang perlu dibaca saat kita melihat orang lain tertimpa musibah. Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Barangsiapa yng menyaksikan orang yang tertimpa bencana/penyakit lalu ia berdoa,

اَلْحَمْدُ لِلهِ الِّذِي عَافَانِي مِمّاابْتَلاَكَ بِهِ وِ فَضّلَنِي عَلَى كَثِيرٍ مِمَّنْ خَلَقَ تَفضِيلاً

Alhamdulillahilladzii ‘aafaanii mimmab talaaka bihi wa fadhdholanii ‘ala katsiirimmimman kholaqo tafdhiilaa

“Segala puji hanya milik Allah yang telah membebaskanku dari apa yang Ia uji engkau dengannya dan yang benar-benar telah mengaruniaiku keutamaan dibanding banyak dari makhluk-Nya.”

Melainkan ia akan terbebas dari bencana/pennyakit tersebut, apapun wujudnya sepanjang hayat.” (HR. Tirmidzi dan lainnya dan hadits ini dihasankan oleh Al-Bani)

Maka wahai Ummahat, jangan lupa saling mengingatkan dengan suami dengan doa ini ya.

 

 

If you enjoyed this post, please consider leaving a comment or subscribing to the RSS feed to have future articles delivered to your feed reader.

6 comments on “Doa Saat Orang Lain Tertimpa Musibah

  1. ummu ibrahim aiman isa November 9, 2011 3:16 am

    umm gimana menampilkan gambar web (ikon ummi2) di blog? boleh??

    • Athirah November 9, 2011 5:05 am

      @ ummu ibrahim

      boleh banget, mb : ) …. jazakillahu khayran

  2. Yara November 19, 2011 6:02 pm

    Bismillah.. jazakillahu khairan… Ngomong2 mau usul nih, gimana kalau webnya pakai kategori postingan, agar memudahkan pengunjung ^^ IMHO.

    • Cizkah November 20, 2011 5:10 pm

      jazakillahu khyaron yara…sebenernya di file sidebaryha udah dipasang…tapi ini masih theme wp lama…ternyata gak muncul (kurang nyadar)…hehe sudah ana pasang ppake widget aja

      • Yara November 21, 2011 2:01 pm

        naaaaahhhh… lebih enak baca2 di blog nya kalau pake kategori.. Maaf ya mbak, menurut yara itu mah. Keren ih blognya.. *pengen

        • Yara November 21, 2011 2:02 pm

          oiya lupa.. wa jazakillahu khoyr…

Leave a Reply

Your email address will not be published.

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>