Detektif Tubuh

#seri_pengenalan_anggota_tubuh

Anak-anak terlahir sebagai detektif. Mereka terus saja bertanya tentang segala hal yang ada di alam sekitar. Mereka memandang dengan penglihatan jernih, memiliki rasa ingin tahu, dan selalu bertanya-tanya tentang alam sekitar.

Kali ini kami mengajak anak untuk mengamati organ yang ada di dalam tubuh manusia. Kami menggunakan sedikit permainan untuk memahamkan anak bahwa di dalam tubuh mereka ada benda yang mengatur segala aktivitas yang mereka lakukan sehari-hari.

Alat dan bahan

  1. Gulungan kertas manila atau whiteboard.
  2. Selotip.
  3. Kertas lipat warna-warni.
  4. Pena.
  5. Gunting.

Cara eksperimen

  1. Tempelkan selembar kertas berukuran besar di dinding; kertas harus cukup untuk menggambar garis tepi tubuh anak. Bisa juga dengan menggunakan whiteboard yang diposisikan vertikal.
  2. Berdirilah terlebih dahulu tanpa bergerak. Anak diminta melepas bajunya. Gambarlah garis tepi tubuh anak dengan hati-hati dan perlahan.detektif tubuh 1
  3. Gambarlah organ-organ tubuh di atas kertas lipat.detektif tubuh 2
  4. Sekarang bagian paling seru! Pasang organ-organ tubuh tersebut pada gambar tubuh anak. Rangsang keingin-tahuan Anak, “Ayo, kamu bisa menebak organ apa saja yang ada di dalam tubuh? Di mana posisinya?detektif tubuh 3

 

Apa kegunaan organ-organ itu?

Saat permainan dimulai, kita dapat mengajarkan anak berbagai macam hal. Misalnya :

1. Belajar tauhid

Siapa yang menciptakan organ-organ dalam tubuh itu? Bagaimana organ-organ dalam tubuh itu bisa bergerak dan bekerja sebagaimana mestinya? Siapa yang membuat organ tubuh bisa bekerja? Tentu saja Allah yang melakukan itu semua. Allah memiliki ilmu yang tiada batas, sehingga Allah bisa saja mengatur segala macam aktivitas organ yang ada dalam tubuh manusia. Manusia tidak akan bisa melakukan apa pun jika Allah memerintahkan jantung atau paru-paru berhenti untuk bekerja.

2. Belajar sains

  • Otak: Otak berfungsi mengendalikan semua pikiran kita dan tindakan kita. Semua ingatan, emosi, gerakan, keseimbangan, pernapasan, suhu tubuh, dan pertumbuhan kita diatur oleh “super-komputer” ini.
  • Jantung: Jantung merupakan otot yang bertugas memompa darah, untuk mengalirkan oksigen ke seluruh tubuh, serta membuang zat sisanya.
  • Paru-paru: Paru-paru membantu kita bernapas. Paru-paru mengisap oksigen. Selanjutnya, oksigen diangkut oleh darah dan digunakan untuk menghasilkan energi.
  • Hati: Hati berfungsi membersihkan darah dan memproses sebagian makanan kita. Hati menyimpan zat-zat gizi dan membuang toksin.
  • Lambung: Lambung adalah tempat makanan kita dicerna oleh dinding otot lambung dan berbagai cairan lambung. Pencernaan diselesaikan di dalam usus dan sebagian besar nutrisi diserap di usus. Kemudian, zat-sisa dibuang ke anus.

3. Belajar calistung

Kenalkan berbagai macam alfabet penyusun kata:

  • O-R-G-A-N
  • O-T-A-K
  • P-A-R-U
  • H-A-T-I
  • L-A-M-B-U-N-G
  • U-S-U-S
  • Dll.

Minta anak untuk mencocokkan mana yang sama dari huruf-huruf tersebut. Misalnya, minta anak menunjuk huruf A, “Mana huruf A?” atau dengan cara lain, “Coba hitung, huruf A ada berapa?”

Anda bisa mengembangkan permainan ini dengan kreativitas Anda.

Demikian, semoga ulasan ini bermanfaat dan bisa menjadi salah satu kegiatan bermain di rumah bersama si kecil.

**

Referensi: Seri Ilmuwan Cilik: Tubuhku. 2014. Lisa Burke. Tiga Ananda, Solo.

Dipublikasikan oleh UmmiUmmi.Com, dengan pengeditan bahasa.

Artikel UmmiUmmi.Com

Putrisia Hendra. Saat ini tinggal di Bekasi bersama suami dan buah hati tercinta Hafizh.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *