Buku Resep Masakan Terfavorit!

buku-resep-femina-masakan-dan-kue

Bertahun-tahun  saya mencari buku resep masakan dan kue – agak hiperbola dikit ya hehe -, baru kali ini saya menemukan buku resep yang sesuai harapan.

buku-resep-femina-masakan-dan-kue

Dari segi isi, buku resep masakan dan kue ini bisa dikatakan lengkap dari berbagai jenis bahan dasar, misalnya ayam, daging sapi dan daging kambing, ikan-ikanan, telur, dan berbagai macam kue khas Indonesia.

Dari segi cara masak, resep yang ada pada buku ini benar-benar gampang dicoba, dalam arti tidak menggunakan teknik-teknik rumit ataupun panjang. Beda dengan resep-resep yang ada di tabloid yang terkadang saya kumpulkan, sudah cara masaknya panjang, ternyata hasilnya tak memuaskan pula – kalau ini bukan salah buku resepnya sih hihi -.

Salah satu resep yang ada dalam buku ini adalah resep  rendang. Siapapun yang pernah mencoba masak rendang, mesti tahu betapa sulitnya membuat rendang yang mirip kaya di warung-warung padang atau yang asli bikinan orang Padang, dan saya, bukan orang Padang :D.   Saya juga sudah mencoba berbagai resep rendang hasil searching di internet. Hasilnya: belum pernah berhasil!

Tapi ketika membaca resep rendang pada buku ini, langsung berpikir, “Kok gampang ya? Bahannya gini doang toh?” “Oh caranya gitu toh runtutannya.” Dan kemudian ketika mencoba, ternyata hasilnya memang – hampir – mirip dengan rendang di warung-warung Padang. Haha…ya ya, hampir, karena ada beberapa bahan yang tidak saya miliki waktu membuatnya. Dan saya yakin, insyaAllah kalau bahan-bahan tersebut ada, rasa rendang saya akan makin nendang.

buku-resep-femina

Gambar di atas adalah salah satu halaman yang membuat saya terpincut untuk membeli buku ini: resep ayam hijau. Favorit saya kalau lagi ke warung padang bu Rahmi – hihi, warung padang mana tuh ya? -.

Tapi bukan berarti isi resep dalam buku ini gampang-gampang semua. Ada juga kue yang tahapannya dan tekniknya cukup rumit. Seperti kue lemang – yang saya sungguh takjub ternyata ada juga di buku ini -. Kue lemang adalah kue khas Sumatra – ini setahu saya,karena lebaran di Jambi tahun 2008, suami khusus meminta dibelikan kue ini kepada orangtuanya . Proses pembuatannya menggunakan ruas bambu dan dibakar. Kebayang deh ribetnya :D.

Kelebihan lain dari buku ini adalah memberikan ukuran takaran yang hommie banget. Misalnya:
1 gelas 250 ml bila di isi terigu = 110 g.
1 sendok teh (standar) = 5 ml
1 gelas 250 ml bisa diisi gula pasir = 220 g

Detail buku:

  • Judul: Seri Masak Femina Masakan dan Kue Indonesia
  • Harga: Rp 90.000 (saya beli waktu ada obral di toko buku Toga Mas Yogyakarta, dan saya mendapatkannya dengan harga Rp 60.000, tapi asli gak nyeseel)
  • Penulis: Hiang Marahiin dan Roos Suyono
  • Isi: 168 halaman
  • Ukuran: 21 x 24 cm
  • Keterangan tambahan: Buku ini edisi cetak ulang yang telah diujicoba dan disempurnakan  dari buku cetakan pertama yang telah terbit sejak tahun 1983

Catatan terakhir dari saya: gambar yang ada pada postingan ini adalah hasil scanan dengan kualitas rendah. Aslinya jelas jauh lebih bagus. Selamat berburu buku resep ini!

 

 

 



5 comments on “Buku Resep Masakan Terfavorit!

  1. ari murdiningsih October 15, 2011 7:39 pm

    afwan,umm,ana mau tanya ummu kan seorang design grafis dan web designer,belajar otodidak atau belajar di lembaga formal,klo belajar otodidak ana dikasih tahu referensi buku yg bagus ya umm oh,ya plus software apa saja yang harus must have,jazakillahu khairan umm

    • Cizkah October 18, 2011 6:21 pm

      hehe…afwan jawabnya lama…abis rada out of topic komentarnya jadi malu mo jawab.

      Insya Allah kapan2 di posting di blog ana ya jawabannya sekalian. Soalnya udah beberapa orang nanya hal yang sama.

      • ari murdiningsih October 22, 2011 8:54 am

        waduh,umm,ana harus nunggu berapa lama lagi,TAK APALAH YANG PENTING ITU,DIposting di blog,jazakillahu khairan

  2. tri hendrawan November 8, 2011 9:14 pm

    Menarik sekali artikel diatas, dan tambahkan pengempuk daging merk PROZYME (pengempuk daging alami) dalam bentuk serbuk, mudah caranya 1 sdm tambahkan 3/4 air untuk 1 kg daging cukup 3-5 menit daging sudah empuk atau dicampur bumbu dan dimasak langsung juga bisa dan cocok untuk masyarakat di seluruh indonesia.

    Semoga bisa membantu

  3. ummu ibrahim November 9, 2011 2:52 am

    lanjut-lanjut mana resep nya, yang gampang simpel tapi enak, kalo rendang luuuuuuama pisan ngerjainnya, ntar gak jadi rendang, tapi jadi tumis

Leave a Reply

Your email address will not be published.

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>