Beda Jeruk Nipis, Jeruk Lemon, Jeruk Purut,dan Jeruk Limau (Limo)

Sama seperti yang ibu-ibu lainnya, saya sendiri sempat bingung dengan semua jeruk di atas. Namun beberapa kejadian membelajarkan saya untuk tahu. Seperti ketika saya yang suka malas ke warung karena ketinggalan beli bumbu dapur padahal yang saya incar cuma daun jeruknya dan berakhir masakannya yang kurang daun jeruk kurang sedap dan dengan sebab itu dengan gigihnya saya menanam pohon jeruk nipis! Yang proses tumbuhnya lamaaaa sekali (sudah hampir 9 bulan tapi baru sekitar 20 cm!). Dan ketika akhirnya tumbuh baru saya tahu, ternyata yang biasa dipakai untuk memasak itu itu daun jeruk purut (bukan daun jeruk nipis).


Atau ketika saya main bungkus jeruk – yang saya kira jeruk nipis – di swalayan dan sampai di rumah baru tahu ketika melihat labelnya ternyata itu jeruk lemon. Tapi kalo kali ini kegirangan, karena bisa menerapkan resep ayam panggang lemon nih. Atau ketika ada yang komentar di ummiummi nanyain bedanya jeruk-jeruk di atas hehe, saya jadi agak-agak lumayan searching karena jeruk yang ada di kulkas cuma jeruk purut (yang niatnya mau saya tanam) dan jeruk lemon.

Nah ini dia hasil “riset” kecil-kecilan saya.

Jeruk Nipis (Citrus aurantifolia)

jeruk-nipis

jeruk-nipis

InsyaAllah kalau yang satu ini hampir semua ibu-ibu sudah tahu ya. Warnanya bisa hijau atau hijau kekuningan. Bentuknya cenderung bulat. Perasan airnya biasa digunakan untuk menghilangkan amis ikan, sebagai obat batuk atau sebagai obat balur/pijat saat seseorang demam, bisa juga untuk minuman bagi yang suka. Jeruk nipis memang beda tipis bentuknya dengan jeruk lemon. Untuk bahasa Inggrisnya saya agak rancu kalo yang jeruk nipis ini.

 

Jeruk Lemon (Citrus × limon)

jeruk-lemon

Nah…kelihatan bedanya kan sekarang sama jeruk nipis? Jeruk lemon sedikit ada muncungnya dan bentuknya tidak sebulat jeruk nipis. Warnanya tidak selalu kuning seperti pada gambar. Terkadang hijau dan hijau kekuningan seperti jeruk nipis. Jeruk lemon biasa digunakan untuk minuman atau campuran masakan.

 

Jeruk Purut (Citrus × hystrix)

daun-jeruk-purutCourtesy of Wikipedia

jeruk-purut
Courtesy of Wikipedia

Jeruk purut atau kaffir lime juga bisa digunakan untuk penghilang amis pada ikan. Daunnya juga sangat banyak ditemukan di resep-resep masakan Indonesia karena menambah aroma yang khas. Bentuknya sangat berbeda dengan jeruk lainnya namun besarnya hampir sama dengan jeruk nipis dan jeruk lemon. Kuliltnya sangat keriput (bukan karena sudah tua :D) dan dia diberi nama latin Citrus hystrix yang berarti “jeruk landak” karena mengacu pada duri-duri yang tumbuh di batang pohonnya.

Jeruk Limo (Citrus amblycarpa)

Maaf jeruk yang satu ini belum ada fotonya. Jeruk limau/jeruk limo hampir mirip dengan jeruk purut, namun bentuknya lebih kecil. Biasa digunakan untuk penambah sedap sambal atau di bumbu somay (kebayang kan sekarang jeruknya yang mana…hehehe). Bahasa Inggrisnya adalah Nasnaran Mandarin.

Demikian pelajaran kali ini tentang jeruk-jerukan ya ibu-ibu. Semoga bermanfaat.

cizkah

25 November 2011
*Saat hati senang karena mendapat kunjungan dari sahabat lama Mutia Nova.

 

 

 

IRT. Homeschooler dari tiga anak (Ziyad, Thoriq dan Luma). Web dan graphic designer di Yufid. Suka membuat media belajar anak (khususnya untuk pendidikan anak Islam) yang dapat dilihat di www.lumalumi.com.

33 thoughts on “Beda Jeruk Nipis, Jeruk Lemon, Jeruk Purut,dan Jeruk Limau (Limo)

  1. Website ini memang bikin kangen ya^^ Masih susah dibuka pake BB jadi mesti nunggu ada pulsa buat laptop kalo mo buka website. Hayo hayo kapan dibikin versi mobile-nya.
    Ana kangen athirah, pengen nengok de asiyah juga^^ Semoga Allah mempertemukan kita^^

  2. thanks for learn macam2 jeruknya ,jd ga salah lagi kalo mau masak, krn pernah salah pilih ,

  3. makasih ummi, info bermanfaat, jadi saya tahu perbedaan jeruk, terutama jeruk lemon. Salam sehat selalu yah…

  4. maaf yang mau foto jeruk limau… bisa saya kirimkan ke emailnya

  5. untuk jeruk Limo fotonya gambar aja pakai coreldraw, kan Bu Umu Chizkah ini seorang desainer grafis kan?
    salam kenal ya bu….

  6. Jual jeruk limo untuk daerah bandung dan jakarta min 100kg. harga 15.000/kg langsung dari petani sumedang, hub. 081221415838 (dede hermawan) trims.

  7. Makasih ummi,barusan saya baca beda jeruk + gambarnya. Makasih sdh dikasih pencerahan, lagian bahasa ummi sangat gampang di,engerti…
    Bravo buat blog ummi ya…

  8. maaf rekan2 saya petani jeruk lemon , saya membutuhkan pemasaran yang bagus per dua minggu kami mampu panen 5.000 kg .. lokasi palembang , penawaran harga bisa lewat email or 081379794336

  9. Mohon maaf sebelumnya umi kalo sya salah.. Dikebun ada bbrapa btang jeruk purut, jruk nipis, dan jeruk yg biasa diambil daunnya buat masak..menurut sya k3nya itu jenis yg berbeda.. jeruk purut daunnya lebih lebar dan daun jeruk yang biasa buat bumbu masak itu lebih kaku seperti gambar yg di atas…

    1. @mba ratih
      jeruk nipis dan jeruk purut jelas beda mba. Makanya saya bilang di awal artikel kalo saya salah nanam hehe.

      yang biasa buat masak jadinya jeruk apa ya mba. In sya Allah biar pembaca bisa tahu juga. Nnati bisa dikasih catatan lagi ko mba di artikelnya kalo memang masih kurang tepat in sya Allah ^^.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *