BadarOnline.Com : Bahasa Arab Bersemi di Hati

Ibu-ibu salihah, masih semangat menjalani Ramadhan? Ya, mudah-mudahan Allah Ta’ala selalu berkahi waktu kita.

Kalau dalam beberapa postingan lalu UmmiUmmi.Com menyajikan artikel-artikel seputar anak dan pernik dapur, sekarang mari merapat. Silakan duduk manis dan siapkan hati untuk menyelami artikel spesial berikut ini.

**

Assalamu’alaikum wa rahmatullahi wa barakaatuh

Nama BADAR merupakan brand yang kami usung sejak mulainya pembelajaran bahasa arab di tempat kami, di pogung, utara Fakultas Teknik UGM. Badar merupakan singkatan dari Bahasa Arab Dasar. Selama berjalannya program bahasa arab, kami melihat antusias masyarakat untuk belajar bahasa arab sangat tinggi, karena itulah kami pun bertekad supaya bahasa yang penuh barakah ini juga bisa dipelajari oleh kaum muslimin di mana pun dia berada. Allah Ta’ala berfirman,

إِنَّا أَنْزَلْنَاهُ قُرْآنًا عَرَبِيًّا لَعَلَّكُمْ تَعْقِلُونَ

“Sesungguhnya Kami menurunkannya berupa Al Quran dengan berbahasa Arab, agar kamu memahaminya.” (QS. Yusuf: 2).

Sesungguhnya kebutuhan kita sebagai seorang muslim untuk mengetahui kaidah-kaidah bahasa Arab sangatlah mendesak, karena dengannyalah kita dapat memahami al-Qur’an dan as-Sunnah yang merupakan sumber syariat Islam. Dan sungguh Allah dan Rasul-Nya telah memerintahkan kita untuk berpegang teguh dan beramal dengan keduanya. Kita tidaklah mungkin dapat memahami keduanya secara sempurna kecuali setelah mengetahui kaidah-kaidah bahasa Arab tersebut.

Sebagian besar dari kita mungkin beranggapan bahwa bahasa arab itu adalah bahasa yang sangat sulit, sehingga tidak sedikit yang menyerah untuk mempelajarinya, apalagi mereka yang tidak secara khusus mempelajarinya seperti di pondok pesantren atau pun lembaga-lembaga pendidikan bahasa arab lainnya. Ini semua tidak terlepas dari penyajian pelajaran bahasa arab yang selama ini cenderung tidak sistematis dan membosankan.

Berangkat dari fenomena di atas maka kami “Tim Badar Online” berusaha untuk memberikan kontribusi positif kepada anda semua dalam upaya pembelajaran bahasa yang sangat agung dan indah ini melalui dunia maya dengan metode pembelajaran yang mudah dan sistematis, insya Allah.

**

Nah, Ibu-ibu salihah …

Itu adalah kutipan dari situs www.BadarOnline.com. Situs tersebut menyajikan bahasa Arab dalam berbagai warna. Mulai dari nahwu, hiwar, sharaf, hingga latihan soal.

Ada rasa berbeda bila hati kita sudah mulai mengenal bahasa Arab. Bila sakura bermekaran seiring datangnya musim semi, hati kita insyaallah menjadi lebih hidup seiring akrabnya kita dengan bahasa Arab.

Betapa tidak, Al-Quran turun dalam bahasa Arab. Baca terjemahan Al-Quran saja, hati kita sudah bisa tersentuh; bagaimana lagi kalau kita paham ketika membacanya langsung dalam bahasa Arab : )

Tidak berhenti sampai di situ. Sadarkah kita, bahasa apa yang selama ini kita ucapkan ketika shalat? Mulai dari takbiratul ihram sampai salam, bukankah semuanya kita ucapkan dengan bahasa Arab? Doa iftitah, doa rukuk, doa sujud, surat Al-Fatihah, dan lain-lain.

Ah … andai kita paham bahasa Arab, tentu setiap untaian kata dalam shalat mampu terujar dari hati yang penuh rasa khusyuk.

Ibu-ibu, tak perlu kiranya ulasan ini dibuat berpanjang-panjang. Yuk, langsung saja kunjungi www.BadarOnline.com! Kalau belum sempat baca-baca, minimal bookmark dulu. Hehe.

Sekalian sebarkan info ini ke keluarga dan teman-teman tercinta ya : )

Barakallahu fikum.

***

Oleh: Redaksi UmmiUmmi.Com

Artikel UmmiUmmi.Com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *