Ayam Goreng Ketumbar: Sangat Praktis

Ayam goreng yang satu ini, insya Allah cepat saji dan sangat mudah membuatnya.

Siapkan saja ayam potong, lalu cuci bersih. Kalau untuk saya, biasanya 3 potong ayam dilumuri dengan bumbu halus yang terdiri dari: 2 siung bawang putih, 1 ruas jari kunyit, 1 sendok teh ketumbar halus, 1/2 sendok teh garam.

Biarkan bumbu meresap, kira-kira 15 menit, 30 menit, atau bahkan semalaman (tapi kalau semalaman, disimpannya di dalam kulkas). Setelah itu, baru digoreng. Tapi, kalau sedang buru-buru, setelah ayam dilumuri bumbu, boleh langsung digoreng juga. Selamat mencoba ….

*

Dan, berdoalah sebelum makan dan setelah makan, sesuai dengan tuntunan Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam, yaitu dengan membaca “Bismillah”.

Bandar Universiti, 10 Oktober 2011,
Athirah

Athirah (Ummu Asiyah), ibu rumah tangga dari dulu sampai sekarang.

10 thoughts on “Ayam Goreng Ketumbar: Sangat Praktis

  1. kalo ini menurut ana masih agak pake repot thir.

    yang lebih praktis lagi (ini berlaku untuk berbagai lauk, seperti ayam, ikan, daging), yaitu cuma di lumirin asam dan garam dan dibiarin beberapa menit. Udah deh goreng. Hehe…Tapi kekurangannya, minyak gorengnya jadi gampang item.

    Gak pake acara kupas2, kalo resep di atas kan pake acara kupas bawang putih sama kunyit. Padahal kupas2 ini kadang yang bikin repot.

    1. kl yg asam+garam itu saya biasanya cuma buat ikan, mb..

      hehehe… itu dibilang resep ayamnya praktis soalnya bumbunya cuma 2 itu tambah garam… bandingannya ayam goreng ala ibu mertua yang pake acara ungkep2 bumbu dulu, pake lengkuas, sereh, dll… habis bumbu meresap semua baru deh goreng… : D

  2. beda beda selera lah..klo sy sukanya emang diungkep dulu supaya empuuk.biar anak2 ga susah ngunyahnya…. pake bumbu apa aj bisa,,cuma bwng putih sm garam,ato bwng, garam jahe…ato bumbu dapur lengkap semua dicoba…simpen dikulkas…pas mau dimakan baru digoreng, krn kalo ga diungkep ayamnya ga bisa empuk kayak ayam2 restoran he..he..

    1. iya..kemaren mo jawab kok lupa terus. sama kaya ibu saya. Beliau malah merasa lebih ringkes kalo ngungkep2 ayam. Karena biasanya ngungkepnya agak banyak, abis itu disimpen di kulkas. Kalo pas pengen cepet lauknya, tinggal goreng.

      ‘Ala kulli haal…kalo saya pribadi kurang suka yang goreng2…(kecuali mepet), selain kurang sehat, saya sukanya yang berbumbu ada kuahnya gitu. Hehe….agak males kalo udah susah payanh ngulek trus akhrinya jadinya “kering” makanannya.

  3. #i….#i…#i..msh lbh rajin dr sy ya…sy paling males ngulek..mana suami sensitif bau bawang…&anak msh kecil2..smua bumbu dah digiling masuk freezer tinggal disendokin…

  4. mamin saya punya yang lebih cepet lagi ( menurut saya ) ayam bumbu madu : ayam dipotong-potong. siapkan bawang bombay n bawang putih, potong kasar. tumis bawang, masukkan ayam, biarkan air ayam keluar, beri kecap-kecapan : asin, manis, saos tiram, saos tomat,saos sambel, beri lada, beri madu, kalo dah hampir kering tambah air masak sampai empuk dan lengket-lengket sama madu. maknyus, bila takut pedes skip saos cabe. Kucurin jeruk nipis dikit/ air asam jawa.

  5. Resepnya udah sy coba. Jazaakillahu khoiro mb Athirah… kata zaujiy : enaaakk…
    cuman y itu,,minyaknya jadi kuning semua, trus ada item2nya bekas ketumbar, hehe.
    ‘Ala kulli hal ini resep praktis banget. Cocok kalo butuh nggoreng lauk ndadak ^^

  6. klo buat ayam goreng.. atau baceman, dll.. supaya lebih gurih, emang dibanyakin ketumbarnya…

    klo ana paling cuma ana ungkep aja… trus dimakan hasil ayam rebusannya itu… ato klo ga dipanggang pake teflon..

    no gorengan, hehee ^^

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *