Aplikasi Al-Quran untuk Android (Dilengkapi Audio Murattal)

Bunda salihah, apakah Anda salah satu pengguna gadget berbasis Android? Di Play Store, ada sebuah aplikasi Al-Quran yang menawan hati. Selain tampilan teks dan beberapa fitur tambahan lainnya, aplikasi tersebut juga dilengkapi dengan audio murattal beberapa qari’. Anda bisa memilih sesuai kebutuhan dan selera.

Namanya Quran for Android.

Quran Android 1

1. Siapakah tim perancang aplikasi ini?

Quran Android 2

2. Anda bisa memilih tampilan surat: berdasarkan nomor surat, juz, markah (bookmarks), atau etiket (tags). Bookmarks dan tags itu adalah pilihan Anda sendiri. Misalnya, ketika Anda membaca sebuah ayat, lalu Anda terkesan dengan ayat tersebut, Anda bisa menandainya dengan bookmarks. Contoh lain, Anda mengumpulkan ayat-ayat tentang kiamat dalam satu tag tersendiri berjudul “kiamat”.

Quran Android 3

3. Tampilan layar bisa dibuat putih dan font-nya hitam, atau sebaliknya — layar hitam sedangkan font-nya putih. Tergantung tampilan mana yang paling nyaman untuk mata Anda. Fiturnya bernama “night mode“.

Quran Android 4

4. Dilengkapi dengan fasilitas “cari” (search). Anda bisa menggunakan kata kunci (keyword) tertentu untuk mencari ayat yang memuat kata kunci tersebut.

Quran Android 5

5. Dilengkapi dengan terjemahan berbahasa Indonesia, dengan ukuran font yang bisa diatur sesuai keinginan Anda.

Quran Android 6

6. Ketika membaca satu ayat, Anda bisa mendengarkan audionya dalam waktu yang bersamaan. Ada beberapa catatan menarik dari fitur ini:

  • Tersedia beberapa pilihan suara qari’.
  • Anda bisa mengatur audionya diputar sebanyak satu kali saja atau beberapa kali.
  • Anda bisa memilih ayat mana saja yang ingin Anda dengarkan audionya. Bila Anda ingin menghafal Al-Quran, fitur ini insyaallah sangat bermanfaat sekali. Apalagi Anda bisa berulang kali mendengar satu ayat, supaya lebih lekat di ingatan.
  • Untuk audio qari’ tertentu, seperti Syaikh Minsyawi, anak Anda juga bisa turut mendengarkannya. Ritme-baca Syaikh Al-Minsyawi cukup pelan sehingga mudah disimak oleh anak-anak, insyaallah.
  • Audio ini perlu diunduh (download) tersendiri; tidak terunduh otomatis ketika Anda meng-install aplikasinya.
  • Anda bisa memilih qari’ yang berbeda untuk tiap surat atau juz. Misalnya, Anda mengunduh audio Syaikh Abdurrahman As-Sudais untuk juz 1-28, dan Anda bisa mengunduh audio Syaikh Minsyawi untuk juz 29-30 supaya anak Anda bisa menghafal dua juz tersebut.

Quran Android 7

Alhamdulillah. Teknologi adalah nikmat yang luar biasa. Sayang sekali kalau tidak dimanfaatkan dalam ketaatan kepada Allah. Iya, ‘kan?

Barakallahu fikunna, Bunda salihah.

**

Athirah Mustadjab

Artikel UmmiUmmi.Com

Athirah (Ummu Asiyah), ibu rumah tangga dari dulu sampai sekarang.

One thought on “Aplikasi Al-Quran untuk Android (Dilengkapi Audio Murattal)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *