Apakah Anak Kecil yang Meninggal Berada di Surga?

Memiliki buah hati, apalagi di usia balita merupakan masa lucu-lucunya. Masa-masa seorang anak tampak sangat menggemaskan. Ketika orang tua kehilangan buah hatinya – apalagi di usia ini – rasanya tentu sangat sedih.

Baru-baru ini, seorang anak berusia dua tahun yang bernama Ashira Shalva Riko menarik perhatian masyarakat Indonesia. Bayi lucu ini menderita penyakit Neuroblastoma. Dengan sebab itu, Allah menakdirkan “Non” – panggilan sayang dari orang tua Ashira – meninggal ketika menjalani pengobatan di Ghuangzou.

Saya adalah salah satu di antara orang tua yang juga ikut merasakan kesedihan karena meninggalnya Ashira. Banyak orang-orang yang mendoakan kebaikan dan memberi semangat untuk orang tua Ashira agar terus bersabar.

Banyak pula komentar-komentar di akun instagram “prayforashira” yang dibuat untuk penggalangan dana yang menyatakan bahwa Ashira sudah bahagia di surga.

Apakah benar anak yang meninggal berada di surga ataukah itu hanya kata-kata penghibur?

Untuk menjawab hal yang ghaib ini, kita harus melihat penjelasan yang ada dalam syari’at Islam. Tidak bisa berdasarkan kepercayaan belaka atau karena apa yang sering didengar di televisi.

Ruh Anak Mukmin yang Meninggal

Di hadits yang sangat panjang, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam menceritakan tentang mimpi beliau yang diajak oleh dua malaikat. Mimpi itu merupakan kejadian nyata yang dialami penghuni kubur sebelum nanti menghadapi hari penghisaban.

Dalam hadits itu, ada salah satu bagian yang menceritakan tentang sebuah taman yang di tengahnya ada sebuah pohon. Di bawah pohon itu ada seorang laki-laki yang dikelilingi oleh anak-anak.

Ketika Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam menanyakan kepada malaikat yang menemaninya perihal mimpinya, mereka menjawab,
“…Sedangkan orang tinggi yang berada di dalam taman adalah Nabi Ibrahim ‘alaihissalam. Adapun anak-anak yang ada di sekitar Ibrahim adalah setiap anak yang meninggal dalam keadaan fitrah. ‘Sebagian kaum Muslimin berkata: “Wahai, Rasulullah. Apakah juga anak-anaknya orang-orang musyrik?’ Beliau menjawab,”Ya, juga anak-anaknya orang-orang musyrik.”* (HR. Al-Bukhari no. 7047, kitab At-Ta’bir, bab Ta’birur Ru`ya ba‘da Shalatish Shubh)

Mayoritas ulama berpendapat bahwa mereka berada di surga. Bahkan Imam Ahmad menyatakan bahwa hal ini merupakan ijma’ (kesepakatan).

Dalil yang mendukung pendapat ini adalah riwayat yang menceritakan ketika Ibrahim putra Rasulullah meninggal dunia, Rasulullah bersabda,

انَّ إبْرَاهِيْمَ ابْنِي وَإِنَّهُ مَاتَ فِي الثَّدْيِ وَإِنَّ لَهُ لَظِئْرَيْنِ تُكَمِّلاَنِ رَضَاعَهُ فِي الْجَنَّةِ

“Sesungguhnya Ibrahim putraku meninggal dalam masa persusuan, dan sesungguhnya baginya di surga dua orang ibu susuan yang akan menyempurnakan susuannya.” (HR Muslim no 2316)

Sabdanya pula,

أطفال المؤمنين يكفله إبراهيم

“Anak-anak orang mukmin ditanggung Nabi Ibrahim di surga.” (HR. Ibnu Hibbân 1826, dishahihkan oleh Al Albânî dalam Shahîhul Jâmi’ 3/155).

Hadits-hadits di atas merupakan hadits umum yang berlaku bagi anak muslim yang meninggal.

Kesimpulan

Beberapa kesimpulan yang bisa diambil berkaitan dengan anak muslim yang meninggal adalah

1. Insya Allah mereka berada di surga bersama nabi Ibrohim
2. Anak kecil yang meninggal tidak lantas menjadi malaikat atau bidadari di surga. Mereka tetap menjadi anak-anak.
3. Anak kecil yang meninggal adalah manusia dan bukan titisan (reinkarnasi) malaikat.

Wallahu a’lam.

Kami mendoakan untuk para orang tua Ashira dan orang tua lainnya yang kehilangan anaknya..

Ya Allah jadikanlah anak ini sebagai pendahulu bagi kedua orang tuanya, tabungan/ simpanan dan pahala bagi keduanya.

Ya Allah beratkanlah timbangan keduanya dengan kematian si anak, besarkanlah pahala keduanya.

Ya Allah, jadikanlah anak ini dalam tanggungan Nabi Ibrahim dan gabungkanlah dia dengan pendahulu yang shalih dari kalangan (anak-anak kecil) kaum mukminin.
Lepaskanlah dia dari adzab neraka jahim dengan rahmat-Mu.”
(Al-Mughni, fashl Ad-Du’a` li Walidayith Thifl Al-Mayyit)

Penyusun: cizkah
Muroja’ah: Ust. Ammi Nur Baits

Referensi:

Shalat Jenazah


http://kisahmuslim.com/nabi-shallallahu-alaihi-wa-sallam-bersama-malaikat-jibril-dan-mikail/
Derita Sesudah Mati !
Roh Gentayangan ? ?
http://pesantren-alihsan.org/bunda-relakan-kepergian-anakmu.html

IRT. Homeschooler dari lima anak (Ziyad, Thoriq, Luma dan si kembar Handzolah dan Kholid). Web dan graphic designer. Suka membuat media belajar anak (khususnya untuk pendidikan anak Islam) yang dapat dilihat di www.lumalumi.com.

53 thoughts on “Apakah Anak Kecil yang Meninggal Berada di Surga?

  1. Ya allah aku percayakn anakku kpdmu.jagalh dia ya allah.sdh ckup dia mnderita didunia ya allah brilh dia surgamu.untuk anakku justin awen.

    1. Melepas kepergian anak kita menuju-Nya sungguh luar biasa. Seorang ibu memerlukan tenaga, pikiran dan hati yg benar-benar lapang. Ikhlaskan, ikhlaskan meski kita tidak bisa melupakannya seumur hidup kita. Kita pasti menangisi dengan berlipat sesal dengan berjuta bisikan syaiton, mengapa kita tidak melakukan ini dan itu. Saya pun seorang ibu yg ditinggal si bungsu Haqia Zia Kafka berusia 8 tahun, merasakan hal yg sama. Bila teringat , ada sesak, usus serasa melilit, sakit luar biasa d ulu hati. Hanya menangis, itu yg terjadi terus terjadi. Akan tetapi, kadang berpikir, mengapa kita menangisi anak kita yg sudah bahagia. Dia akan lebih bahagia diasuh Nabi Ibrahim dan Siti Sarah sesuai janji Allah. Yakinlah, dia tak mau kembali k pangkuan kita, kembali k dunia yg penuh kepalsuan, tidak fana dan tak menentu. Dia menunggu kita d sana dg sumringah tanpa kurang ap pun. Yakinlah itu! Yakinlah. Tinggal kita, apakah kita selamat menjalani godaan dunia yg luar biasa ini? Semoga Allah melindungi kita. Aamiin.

      1. Assalamualaikum
        Perkenalkan saya juga baru kehilangan anak saya yg berumur 7.5thn
        kurang Dr 3 Bln yg lalu. Sampai hari ini sy blm bs menerima semua kenyataan ini. Sesak dada saya sakit luar biasa menahan rindu yg teramat Dalam. Berusaha sabar..berusaha kuat tp ikhlas itu yg susah, setelah perginya putra tercinta saya Alsami sdh 3kali sy keluar masuk Rs terakhir sy hampir terkena virus Otak krn stress mendalam. Kepergiannya yg mendadak membuat hancur luluh lantah hidup saya hanya krn jatuh Dr perosotan sekolah krn lepas Dr pengawasan guru koma 12hari di icu pondok indah tanpa Harapan.bagai tersambar petir saya disiang hari anak yg td pagi berangkat sekolah segar Bugar dlm hitungan berapa jam terbaring di icu tanpa harapan. Al mama rindu al mama kangen pengen peluk kamu sayang2 kamu manja2 kamu kaya dulu cerita2 berkhayal2…al kenapa kmu tinggalin mama al… berat rasany hidup mama sekarang tanpa hadirmu tanpa suara mu candamu tanggismu manjamu…ya Allah kuatkan lah hambamu yg lemah ini

        1. Saya juga kehilangan anak kesayngan kami Wahidi Rhoma Zega…skrg tgl adik kembarnya wahidi Rhoma zega…hal yg sangat menyesak di hati dan sulit di ucapakan kesdihan nya….Ya Allah…kuatkanlah iman kami…jadikanlah anak kami yg Engkau ambil duluan sebagai penolong kami di alam mahsyar…kami ikhlas ea Allah…walau air mata selalu menetes…krn terlalu berat penyakit yg di tanggung anak kami…Ya Allah…ampunilah dosa kami..mngkin kurang rawat yg kami berikan…anak ku maafin ama dan emak ea anak ku syg…

  2. Sdh mmasukibtahun ke3 . Ankkubmninggal dunia.tapi aku ttp saja brsedih.bhkn hmpir stiap kli mlihat ank lki2 seusianya.4thun. Aku bgt sngt mnyesal knp tdk mmbrikn ginjalku kpdnya.andai saja aku tdk trllu lm mikir.pasti dia skrg msh hidup. Ini kslahnku.aku yg mmbuat dia pergi…

  3. Assalamu Alaikum warahmatullahi wabarakatuh
    Sudah hampir 3 bulan kepergian kedua anakkiu, anak pertama Muh.Abi Sarwan meninggal di usia 9tahun stengah & yg kedua Muh.Danish Hidayah meninggal usia 2 tahun 8 bln.akibat keracunan gengset.sy sangat terpukul setelah kepergian mereka berdua,rasanya tdk punya semangat hidup lagi. Smoga sehabis membaca artikel ini perasaan sy jadi tenang.Alfatiha buat kedua Anakku….Amin Yarabbal Alamin

  4. Assalamu Alaikum warahmatullahi wabarakatuh
    Sudah hampir 3 bulan kepergian kedua anakkiu, keduax meninggal sehari setelah adikx meninggal sang kk menyusul.anak pertama Muh.Abi Sarwan meninggal di usia 9tahun stengah 22 april 2016 & yg kedua Muh.Danish Hidayah meninggal usia 2 tahun 8 bln 21 april 2016.akibat keracunan gengset.sy sangat terpukul setelah kepergian mereka berdua,rasanya tdk punya semangat hidup lagi. Smoga sehabis membaca artikel ini perasaan sy jadi tenang.Alfatiha buat kedua Anakku….Amin Yarabbal Alamin

    1. wa’alaikumussalam warahmatullah wa barokatuh

      subhanallah mba…saya dengarnya ikut sedih banget..
      semoga ALlah berikan ganti yang lebih baik ya mba. Semoga mba dan keluarga akan bertemu lagi kelak dengan adik Abi Sarwan dan Danish Hidayah di surga. Aamiin.

  5. Sdh mw 3 bln ankku muhamad zidane noerfachry tiada krn DBD andai dokter itu ga slh diagnosa tentunya ga akan terlambat dibawa k rmh sakit,,, kepergiannya membuat semangat hidup hilang pdhl msh ada k3 anak sy tp entah knp itu semua tdk mengobati krn kesalahan sy yg teramat sangat bila zidane nakal q selalu membentak dn memukulnya tp itu krn sy tidak mau anak sy dimarahin org itulah yg membuat sy menyesal seumur hidup dn penyesalan tiada arti lg,,, ga ada ibu yg ga sayang anak2nya walaupun itu hewan sekalipun,,,, ibu sayang zidane,,,

    1. @hamba Allah semuanya sudah ketetapan Allah mba. Semoga kedua orang tua dapat bertemu dengan Zidane di surga nanti ya. Aamiin.

    2. Buat anak ku ozil gibran al akhtar yg tgl 15 mei 2016 tlah berpulang disisi allah.semoga kau tenang disana le..pdhl diusia 5 bln krg satu minggu kau mulai lucu” nya.buat ayah dan ibu merasa sempurna hidup didunia ini..tp allah lbh syg sma kmu le.moga kau slalu dibri kebahagian diiatas sna le.ibu dan ayah akan slalu merindukanmu le.Tunggu ibu dan ayah didepan pintu surga le ozil.

      1. Turut berduka cita ya ibu.. semoga ananda ozil kelak bisa bertemu lagi dengan ibu n ayahnya dan memberikan syafaat untuk kalian. Saat sy mengetik komentar ini saya pun kembali terisak mengingat bayi sy Revan yang juga telah meninggal di usia 4 bulan 5 hari di tgl 24 Oktober 2015 lalu terlebih mengingat sebentar lagi bila anakku itu masih ada, akan berulangtaun di bulan juni ini. Sepertinya kesedihan ini akan terus saya rasakan :'(

        1. innalilahi wa inna ilayhi rajiun… berbahagialah buat annakku M.riffat tsakieb yg telah menghadap allah pada usia 4 bulan 2 minggu tunggu dae sama ibu di pintu surgamu

    3. Assalamualaikum. Ibu, yg dimuliakan Allah. Memang berat jika kita terus mengingat k belakang dg berbagai perlakuan kita kepada anak-anak kita. Akan tetapi, satu hal yg meski kita yakini, apa pun yg kita lakukan asal tidak berlebihan, semuanya bukan didasari benci, tetapi mendidik. Hanya, tentu saja, pendidikan seperti itu pasti kita tinjau kembali tepat tidaknya seiring kedewasaan dan pengalaman kita. Saya pun mengalami hal yg sama ketika ketiga anak lelaki saya masih kecil. Namun seiring kedewasaan dg terus mengkaji benar tidaknya, tepat tidaknya pendidikan yg saya terapkan, saya menerapkan didikan berbeda kepada kedua anak perempuan saya yg lahir kemudian, dg hasil berbeda pula. Tetapi, tentu saja niat kita adalah mendidik. Insyaallah, kemuliaan niat seorang ibu tetap diperhitungkan Allah. Manusiawi bila ada sesal karena yg kita lakukan. Insyaallah, putera ibu akan memahami apa yg dilakukan ibu terhadapnya. Karena pemahaman d dunia berbeda dengan pemahamannya sekarang ketika berada di alam barzah. Hanya, mungkin perlu kita kaji lagi pendidikan terdahulu kepada anak kita.

  6. setelah membaca ini …aq jg ikut merasakan..betapa sedihnya kalau di tinggal se orang anak..apa lagi masih balita..anak q FRANDIKA juga di panggil sama Alloh tgl 26 Mei 2016 dalam usia 5 tahun.. rasanya sudah gak semangat lagi untuk menjalani hidup ini..tapi setelah membaca blok ini aku sadar..bahwa semua yang ada di dunia adalah titipan dari Alloh, dan semua akan kembali pada Alloh…Semoga anak q FRANDIKA bahagia di sana..amiinnn..

    1. @luluk aamiin mba…Semoga bisa dipertemukan dengan mba Luluk di surga nanti ya.

  7. MEMANG TERASA BERAT DITINGGAL ANAK PERTAMA SPERTI SAYA YANG BERUMUR 9 TAHUN KEMARIN
    15 MEI 2016
    MUDAH2AN KELAK KITA DIPERSATUKAN KEMBALI DI ALAM BARZAH. AMIN

  8. Assalamualaikum…
    Insya Allah,semoga apa yang dijelaskan di atas benar adanya. Sudah 1 tahun 4 bln sya kehilangan putra pertama sya yg bernama Moh. Wafdhan Tungkagi saat itu anak sya berusia 2thn 3bln. Sampai sekarang pun kesedihan masih tetap kurasakan. Rindu yg teramat sangat. Hanya berharap suatu saat bisa bersama sama lagi dengan si buah hati.

  9. Assalam…kehilangan org yang sangat disayangi mrpkn pkln brat..it jg yg sy alami..anak sy afi telah meninggal diusia 4tahun 40 hari tgl 08 april 2016 lalu kr DBD..Allah begitu syg pd mu nak..shgg bgt cepat Dia mmnta titipannya kembali..bhgia lah kamu dsisi Allah nang..doa kami sll utkmu..dan berikanlah kami syafaat dan pahalamu atas ujian ini Ya Allah…amin

  10. Betapa berat rasanya kehilangan seorang anak. Anakq Rizky alfarisya meninggal pd tlg 29 maret lalu krn DBD.tp insya Allah aq yakin dia bahagia disana.anakq sayang bunda dan ayah sell merindukan dan mendoakanmu.smg kt kelak dipertemukan disurga.maafkan bunda sering marah dan pukul abang kl abang nakal ya nak…bunda sayang sm abang.. Doakan bunda dan ayah bs menuju surganya Allah ya nak..

  11. Ya rob begitu cepat engkau mengambil titipin mu. Serasa langit runtuh di kala itu. Namun semuanya kami pasrah kan kepadamu ya rob. Paati engkau lah sayang kepada anak kami,sehinga engkau lebih cepat memangil nya kembali kepangkuanmu.selamat jalan sayang. Aku yakin engkau lebih bahagia disana. Insaalah kita kembali dipertemukan disurga. Kami akan selalu memeluk mu dalam doa kami. Inalilahi wainailahi rojiun. AINA TALITA KURNIA lahir 26 januari 2014. Wafat jumat29 april 2016. Sakit dbd.

  12. innalillahiwainnailaihirojiun,, ADIB AHMAD lahir Selasa 22 maret 2016 kebahagiaan itu sirna begitu cepat di hari selasa tanggal 19 juli 2016 ADIB dipanggil kembali tuk menghadapnya dalam usia baru masuk 4 bulan kurang 3 hari, sedihku tidak akan ada ujungnya setiap kali mengingat kenangan bersama nya.,apalagi kepergiannya karena penyakit vsd yg di deritanya menambah kepedihan yang mendalam di hatiku.betapa besar usaha mu nak melawan penyakit mu namun allah sudah cukupkn it semua bagimu.,bahagia di sana nak tuntun umi abi dan kakak ela ke surga allah,,umi syg adib.

  13. Begitu berat rsnya kehilangan seorang anak. Tp ini sd kehendak Allah. Anak pertamaku rizky alfarisya meninggal krn dbd.semoga dia bahagia disana di jaga oleh malaikat.bunda rindu nak.. Ya allah.. Pertemukan km di surgamu…

  14. Sudah 4 blan lbih 3 hari kmu meninggalkan ibu nak, begtu cpat Alloh mengambil mu nak,anak ku meninggal krena DBD maafkan ibu nak blom bsa mnjdi ibu yg baik buat mu ibu sering marahin n mukul kmu klo kmu nkal krena ibu g mau kmu d mrhin orng,maafin ibu nak itu yg membuat ibu menyesal,ibu syaang kmu,i Bu kangen canda n tawa mu smga klak kta bsa bertemu n bersama lagi d syurga nya Alloh.pangeran syurga ibu (Gibran Adzam Pahlevi) 13-11-2011 / 09-04-2016 nma mu kan sllu terukir d hati ibu m ayah doa ibu m ayah kan sllu menyertai mu

  15. Assalamualaikum..
    Sya amat sangat merasakan kesedihan smua org tua yg di tinggalkan anak yg masih sangat lucu,anak saya yg brnama WILDAN AFNAN TSAQIB juga telah pulang ke rahmatulloh,dia meninggal krna skit DBD dan bodohnya lg Sya tdk tau klo itu DBD Sya kira campak,Sya bwa ke RS ankku brtahan bbrp jam saja..rupanya alloh sngat sngat sayg sm Km nak,alloh tdk mo Km merasakan sakit,selamat jln anak mama,mama sayg sm Km nak,tunggu mma sm ayah dsna ya nak,mdah2an kita brkumpul kembali dsna… aaammiinnn

  16. Anak ku brumur 10 bln 6hari..dia lahir 4 agust 2015 wafat 10 juli 2016
    Mma sayg Km nak..doa mma n ayah akan sllu menyertaimu sayg.. miiss u wildan anak mma,walaupun dia anak ke dia ku tp rasanya tetap aja sngat sngat pedih..love u nak

  17. Anak pertamaku (laki_laki) meninggal diusia 2 bulan 27 hari….. dan beberapa bulan kemudian istriku hamil lagi… diusia khamilannya yg 7 bulan istriku sakit dan harus dirawat inap… dan akhirnya anakku lahir prematur. 4 hari stelah itu, istriku meninggal tanpa pernah melihat,. Menyusui dan menggendong anaknya… cobaanmu sungguh berat ya Allah…

    1. Erlita istriku n Wiguna Archer (Igun) anakku….
      Miss U… Miss U…. Miss U… LOVE U FOREVER

      Keila Syahira
      Edi Hidayat

  18. berbahagialah buat MUHAMMAD RIFFAT TSAKIEB anaku yg meninggal di usia 4 bulan 2 minggu Dae dan ibu sudh ikhlas melepasmu di surganya allah dan moga menjadi berkah dan pahala buat kami DAE SAMA IBU bangga telah melahirkan mu kedunia sebagai nak yg tampan tunggu dae dan ibu di pintu surgamu agar kita bisa berkumpul di

  19. Ya Allah… Sungguh tiap2hambaNya diuji dg ujian yg ditetapkanNya masing2. Semua ortu disini sgt berduka atas kepergian si buah hati tercinta. Begitupun saya yg belum sempat memeluk si buah hati hanya dpt membelai kulit yg telah mendingin sekeluarnya dari rahim setelah induksi yg sungguh menguras tenaga n perasaan selama 2hari. 8bln yg sgt berkesan n sgt bahagia. Itulah jangka waktu yg dipinjamkan Allah utk kita nak. Mama ikhlas, di surga pasti lbh baik utk bayi tercantik yg pernah mm miliki sepertimu. Pintakan doa kpd Allah agar selalu membimbing mm n pp di jalanNya agar nanti kita semua bisa berkumpul lg di surga. Amin ?

  20. Assalamualaikum
    Innalillahiwainnaillahirojiun
    Baru sebulan putri kecil ku (anak perempeuanku satu satunya) HIMEKA TRIXIE PUTRI ARIF (HIKA) Panggilan namanya. Pulang ke Rumah Allah SWT. Dia lahir tgl 15 agustus 2015 dan pulang ke rmh Allah tgl 1 september 2016. Hika anak istimewa, dia PJB situs insversus,levocardia,PH,dan VSD. Sdh 7x ke RS jantung nasional di Jakarta. Sebenarnya sdh mau di operasi dlm waktu dekat ini. Tp Allah berkehendak lain, sepulang kontrol tgl 27 aguats,itu kontrol terakhirnya, tiba2 tgl 29 dia batuk smpai bibirnya biru. Tgl 30 fajar kami bawa ke RS di daerah kami. Tp Allah lagi2 berkehendak lain. Hika di minta kembali sm Allah (kamis, 1sepetember 2016 pukul 06.40).innalillahiwainnaillahirojiun, Makin ke sini rasa kangen yang mama rasakan makin luar biasa nak. Tanpa bisa aq bendung air mataku sdh bercucuran. Apalagi ke dua kakaknya sering mengigau memanggilmu sampai2 kak hazel Althaf dan kak haziq panas badannya,Astaqfiullah….itu makin bikin hati mama miris. Aq sadar bhw kami hrs tetep iklas dan sabar. Memang berat pisah dgn mu Hika.doa mama papa kak hazel kak haziq. Kamu bahagia di syurga Allah nak. Saya lega stelah menemukan artikel ini. Trimakasih banyal. Semoga anak2 kita bertemu dan bahagia di Syurga Allah. Dan kelak kita dipertemukan kembali dgn mereka.amin. mama papa kakak sayang himeka. Emmnuahc…. Umul kitab Alfatekhah

  21. Trasa bagai kilat menyambar,anak laki2 satu2nya aq plg kerahmatuloh secepat ini.Faeyza muhammad Ramadhan krisnandar,alloh cm menitipkn eyza dipangkuan qu cm 3bln 11hari.lahir 6/6/2016-wafat 17/9/2016,gk dlm keadaan skt apapun ankq dipanggil alloh swt dgn tiba2.ankq meninggal dgn penuh jln rahasianya alloh..sampe hari ini aq+suami msh blm percaya klo eyza udh pergi utk slamanya.tp aq hrs sdr klo kepergiannya eyza udh taqdir yg alloh tuliskn buatnya.walau msh ada kedua putriku tp rasa kangen qu pd eyza stiap wkt karna kelucuan selfi difoto2 nya eyza.. ya alloh berilah aq kesabaran utk bs melalui ujianmu,aq hrs kuat dan terus berjalan cm karena suport suami dan kluarga dan kedua putriku msh membutuhkn aq utk bs menjaga,merawat,mendidiknya aq hrs kuat… kala rasa kangen dtg bunda slalu nitip kirim doa alfatihah+surah yasin,.. tunggu bunda+abi dipintu surga ya nak.. love u forever eyza???

  22. Berat…sangat berat , cobaan yang sangat berat ketika kita harus rela , ikhlas ….. melepaskan buah hati kita untuk menghadap dan kembali ke penciptanya. Aq seorang ibu…. yang sudah merasakan mengandung 4 kali, ketiga anakku lahir dengan saecar, Anak pertamaku laki laki lahir tahun 1999 hanya 3 hari ia berada didunia, sakit pasca operasi belum hilang hanya sekali aq mengecup pipinya saat ia masih hidup karean setelah lahir kami berpisah karna anakku harus masuk ICU. Aq hamil yang kedua, usia kandunganku hampir 6 bulan dan aq keguguran ….aq harus rela kehilangan dan untuk kedua kalinya aq kehilangan bayi laki laki ( tahun 2000 ). Ditahun 2001 Aq melahirkan anak laki laki ketiga…. alhamdulillah sehat walau harus operasi yang kedua, aq dan suami sangat bahagia, setelah itu saya dilarang dokter untuk hamil dlm jangka 3 tahun krn rahimku tipis . Tahun 2006 aq melahirkan seorang anak laki laki lagi …. sangat bahagianya aq walau aq harus melahirkan saecar dan harus disteil karena aq subur sedangkan rahimku sdh tipis, dikarenakan itu aq disarankan steril. Pada saat usia anakku yang ke empat menginjak 7 tahun dia divonis thallasemia …..semenjak itu jarum suntik, obat obatan dan rumah sakit adalah kebutuhan utama anakku dan hidupku. Bertahan sampai tgl 4 juli 2016 anakku yang keempat pergi meninggalkan ku dan keluargaku untuk selama lamanya. Tidak dapat aq ceritakan , aq gambarkan dan aq ungkapkan dr kehilangan anak anakku….. Hanya pada mu Ya Allah aq berharap , aq dan keluargaku bisa berkumpul disurga. Biarlah didunia kami dipisahkan…. namun ku harap di tempatmu yang terindah ….di surgamu kami bersama..Rindu mama untuk kalian ….”Muhammad Tegar Sampurno” ….. “Muhammad Sampurno”…..”Zulfikar Yan Alfariz”

  23. Assalamualaikum..saya seorang ayah dan suami yg msh muda 26 thn,anak saya usia 1 hari meninggal..5 bulan kemudian istri saya.. cobaan diumur saya ini sungguh berat ya Allah Swt..rasa rindu ini..penyesalan ini… deia istriku tercinta dan tersayang..ahmad salman anakku tercinta dan tersayang…kembalilah..kembalilah pd Allah Swt Tuhan semesta Alam..kembalillah padaku kalian nanti insha Allah di surga..aku berdoa kita ber3 berjumpa disurga Allah Swt selamanya dan tak terpisahkan lagi..

  24. Asalamualaikum
    Tepat sebulan anakku Hanif Duan Mliki dipanggil olehNya,
    Rasanya gak ad gairah lg hidup.
    Tp aku sdar smua adalah titipan.
    Kami sangat sayang padanya.
    Tp ALLAH lebih sayang pd hanif.
    Selamat jalan anakku

  25. Asalamualaikum
    Tepat sebulan anakku Hanif Duan Mliki dipanggil olehNya,
    Rasanya gak ad gairah lg hidup.
    Tp aku sdar smua adalah titipan.
    Kami sangat sayang padanya.
    Tp ALLAH lebih sayang pd hanif.
    Selamat jalan anakku.

  26. Asalamualaikum wr.wb..ya Allah terasa sakiiiit bgt kalau mengingat anak kU yg cantik dan pintar…kini sudah tiada….hamba tidak kuat lgi untuk hidup…padahal masih ada ank kU satu lgi laki2 yg harus aq jga…tapi perasaan seperti rapuh…mengingat semua tentang almarhuma anak kU yg bgtu cantik dan pintar meninggalkan kami…semoga kmu bahagia Disurga nak…bunda dan ayah sayang kmu…mudah2an kita dipertemukan nanti ya nak??? aamiin ya Allah….aamiin yra….

  27. Anakku meninggal di usia 3bln ,
    YA ALLAH…..YA TUHANKU…..
    Aku iklas dan ridha engkau telah mengambil anakku HAFIZAH AHMAD semoga kelak…ALLAH mempertemukan aku dg anakku dan seluruh anggota keluargaku di surgamu….amin…..ya robbal alamin…..iklas

  28. papa-mama sayang dede risa, tapi allah lebih sayang sama dede risa. allah tidak ingin dede risa menderita lebih lama di kehidupan dunia.
    dede risa terlahir dengan cacat saluran brokus paru yang sempit dan juga kelainan jantung ( TGA – aliran darah arteri terbalik + jantung bocor ) dede risa nafasnya pendek dan selalu mengalami sesak nafas di malam hari. risa telah menjalani operasi perbaikan jantung di RS Harapan kita pada 23 des 2015 ketika dede risa berusia 8 bln. dede risa ditanggani oleh dokter bedah yang terbaik yg ada di Rs harapan kita yaitu Dokter spesialis bedah jantung Dr. Dicky Fachri dan dokter spesialis jantung terbaik di Rs harapan kita Dr. Poppy.S.Roebiono. Operasi perbaikan arteri terbalik (TGA) dan menutup kebocoran bilik jantung saat itu berhasil, dede risa bisa terus bertahan hingga semua bekas operasi sembuh dan dede risa kembali kuat dan sehat tapi dede risa tidak bisa bernafas sendiri di karenakan cacat brokusnya, dede risa harus terus dibantu dengan alat pernafasan (ventilator) selama 5 bln di ICU Rs Harapan Kita dengan berharap saluran brokus parunya yang cacat tersebut bisa melebar seiring penambahan usia dan petumbuhannya. tapi ALLAH bekehendak lain pada tanggal 5 mei 2016 dede risa mengalami gagal jantung (pembengkakan) dan sering mengalami henti jantung (sebanyak 3x). dan irama jantung risa sering tidak stabil, kecepatan detak jantungnya jauh melebihi detak jantung normal. terakhir pada tanggal 14 mei 2016 dede risa mengalami henti jantung dan berlanjut dengan detak jantungnya terus tidak stabil (detak jantungnya cepat diatas rata2) selama lebih dari 2 jam.
    sejak saat itu kondisi dede risa terus turun, dede risa udah tidak bisa lagi menerima susu, selalu dimuntahkan.
    pada tanggal 18 mei 2016, dede risa dinyatakan kritis dan hari jumat malam tanggal 20 mei 2016 setelah isya. dede risa di panggil pulang oleh ALLAH SWT

    Inna lillahi wa inna ilaihi raji’un ( Sesungguhnya kami adalah kepunyaan Allah dan kepada Allah jualah kami kembali )

  29. papa-mama sayang dede risa, tapi allah lebih sayang sama dede risa. allah tidak ingin dede risa menderita lebih lama di kehidupan dunia.
    dede risa terlahir dengan cacat saluran brokus paru yang sempit dan juga kelainan jantung ( TGA – aliran darah arteri terbalik + jantung bocor ) dede risa nafasnya pendek dan selalu mengalami sesak nafas di malam hari. risa telah menjalani operasi perbaikan jantung di RS Harapan kita pada 23 des 2015 ketika dede risa berusia 8 bln. dede risa ditanggani oleh dokter bedah yang terbaik yg ada di Rs harapan kita yaitu Dokter spesialis bedah jantung Dr. Dicky Fachri dan dokter spesialis jantung terbaik di Rs harapan kita Dr. Poppy.S.Roebiono. Operasi perbaikan arteri terbalik (TGA) dan menutup kebocoran bilik jantung saat itu berhasil, dede risa bisa terus bertahan hingga semua bekas operasi sembuh dan dede risa kembali kuat dan sehat tapi dede risa tidak bisa bernafas sendiri di karenakan cacat brokusnya, dede risa harus terus dibantu dengan alat pernafasan (ventilator) selama 5 bln di ICU Rs Harapan Kita dengan berharap saluran brokus parunya yang cacat tersebut bisa melebar seiring penambahan usia dan petumbuhannya. tapi ALLAH bekehendak lain pada tanggal 5 mei 2016 dede risa mengalami gagal jantung (pembengkakan) dan sering mengalami henti jantung (sebanyak 3x). dan irama jantung risa sering tidak stabil, kecepatan detak jantungnya jauh melebihi detak jantung normal. terakhir pada tanggal 14 mei 2016 dede risa mengalami henti jantung dan berlanjut dengan detak jantungnya terus tidak stabil (detak jantungnya cepat diatas rata2) selama lebih dari 2 jam.
    sejak saat itu kondisi dede risa terus turun, dede risa udah tidak bisa lagi menerima susu, selalu dimuntahkan.
    pada tanggal 18 mei 2016, dede risa dinyatakan kritis dan hari jumat malam tanggal 20 mei 2016 setelah isya. dede risa di panggil pulang oleh ALLAH SWT

    Inna lillahi wa inna ilaihi raji’un ( Sesungguhnya kami adalah kepunyaan Allah dan kepada Allah jualah kami kembali )

    Arisha Saufa Thafana anakku cantik, anakku manis, semoga engkau bahagia di sisi ALLAH, nak. dede risa sekarang sudah tidak sakit lagi. sudah tidak menderita lagi, udah tidak sesak nafas lagi, dede udak kuat sekarang, bermainlah nak, di taman surga ALLAH yg maha pengasih dan penyayang. papa mama, sayang risa. semoga dede bahagia disana, papa mama pasti akan menyusul dede. nanti dede jemput papa mama, ya sayang. segala puji bagi ALLAH tuhan semesta alam. amiiin

  30. hampir 40 hari ananda AHMAD FAHMI ZAMZAM pergi menghadap Allah,sabar dan ikhlas sebuah kata yg mudah diucap tp sulit dijalani.Rasa sedih yg mendalam kalau ingat perjalanan semasa hidup.Dalam suasana keluarga yg genting terlilit hutang kesusahan knp mesti kami kena getahnya.Seperti ga berdaya memperjuangkan nasib anak.Ya Allah ampuni kami tidak bisa mengemban amanahMu,,pertemukan kami di surga ya Allah amiin

  31. Pada tanggal 28 November 2016 hari meninggal putri kami a.n Binta Cahya Trista berusia 12 tahun kelas 1 SMP di rangkasbitung karena mengikuti lomba lari marathon 10 K sebelumnya anaknya sy kondisi sehat (atlet lari ) saat berlari sudah 9 kilo anak sy terjatuh disamping sy Dan depan ibunya selama 3 hari koma dirawat Rumah sakit dan Allah lebih sayang ke anak kami. Sebagai Ayah merindukannya Dan kadang kala terbersit rasa bersalah saat memarahi anak kami Dan rindu terdalam akan senyumnya Dan masih terbayang ,Ya Allah kami ikhlaskan anak kami smoga segala dosanya di ampuni Dan smoga ditempatkan tempat terbaik di surga MU ya Allah SWT.

  32. Sudah tiga bulan lebih anakku tersayang dzikry farraz hastanta meninggalkan ayah bundanya… Tepatnya lahir 7-9-2016 d panggil allah tgl 31-10-2016 .. Putra pertama kami yang sudah d tunggu2 setelah pernikahan 3 tahun…. Hancur rasanya hati ini d tinggal putra tercinta kami… Tapi kami yakin allah tidak akan memberikan cobaan melebihi batas kemampuan hambanya…. Bunda sangat rindu dede farraz .,.. Pertemukan kami nanti di surgamu y allah dengan anak tercinta kami… Amiiiiiinnnm…

    1. Terkadang sabar dan ikhlas sulit x d jlni…tapi itu kuncinya

  33. 7 januari 2017 tepat pada hari sabtu. D hari itu bln itu thn itu aku merasa benci dengan hidup ini. Krn d hari itu tgl itu bln itu adalah hari yg paling menyakit kan dlm hidupku.dunia ini terasa hancur,gairah hidup ku sdh hilang.hidup ku bagaikan jasad yg tak bernyawa. Knp allah beri cobaan aku seberat ini.putra pertamaku HABIBI ZAMIL ZIDHAN hrs menghembuskan nafas y d usia yg sgt belia 4thn.
    masi byk hayalan dan cita” hdp lbh bahagia menyongsong masa dpn bersama y. Tp kini dia tlh pergi menghadap ilahi robbi. Semua hanya tinggal kenangan. Semoga dia bahagia di sana si syurga y allah.mungkin allah lbh syg kpd y dan merencanakan yg terbaik utk nya. I LOVE YOU SYG BUAH HATI BUNDA DAN AYAH.. selama y kamu ada d hati bunda dan ayah.. tunggu kami d syurga y allah nak semoga kelak kita bs hidup bersama” lg d kehidupan yg lbh kekal abadi.. amiiiiiiiiiiiiiin..

  34. 6 Januari, aku merasa lega dan senang telah melahirkan anakku, putra keduaku Muhammad Hamas Alkahfi Prastya wlp usia prematur 34 minggu dan harus di NICU 2minggu, tp tanggal 31 Januari dede Hamas harus pergi meninggalkan Ayah, Bunda, dan kakak Alka. Dede Hamas sehat, paru2, jantung, dan organ2 penting lainnya.. hanya karena apnea, tersedak susu dan keterlambatan penanganan di RS negri di Jaktim. Bunda sebenarnya gak mau nyalahin siapa2 dek, Bunda ikhlas, tp tgl 28 Januari itu menjadi hari pertama dlm hidup Bunda merasa sangat sangat kesal, jengkel, kecewa, dan marah banget sm dokter2 di sana. Tapi smua itu sdh ketentuan Allah Swt khan de.. dede lagipula jg sdh tenang dan bahagia di alam sana. Ttp jd anak yg sholeh ya nak… Tunggu Ayah, Bunda, kakak & sluruh keluarga kita di sana.. Bunda sayang dede Hamas selama2nya…

  35. Assalaamualaikum.. saya baru saja kehilangan bayi di dalam kandungan saya. Usianya sudah 9bulan dan siap lahir. Trnyata Allah berkehendak lain. Sedih rasanya, hati pilu dan ingin berteriak. Selalu ada rasa menyesal dan timbul kata2 “seandainya”. Tapi baca artikel ini membuat saya meyakinkan diri bahwa anakku pun berada pada tanggungan Nabi Ibrahim dan ia pun sudah lebih bahagia daripada bersama orang tuanya di dunia. Allah sudah memberikan tabungan lebih untuk saya dan suami jika kami ikhlas dan selalu bertaqwa kepadaNya. Semoga bunda2 yang kehilangan anaknya seperti saya selalu ikhlas melepaskan anak kita yang sudah menjadi pendahulu sampai kita menyusul dan dipertemukan oleh anak2 kita kelak. Insya Allah..

  36. Kehilangan anak emang ga bisa diungkapkn dg kata2,, amat ssedihhhh, amat indah utk dilupa…..Selamat jalan anak ku, buah hati ku, jantung hatiku, belahan jiwaku,,,,,selama hidup bunda, ini penderitaan trberat yg bunda rasakan….yaitu kehilangan kamu nak….atresia Bilier merenggut hidup kamu nak….penyakit yg amat langka dan mnyakitkan.
    Ya Allah,,,aku merindukan nya, kangen akan senyuman dan tawa nya…..skrg aku ga akn prnh merasakan di peluk nya lg, ga bisa merasakan hangat tubuh nya lg…..tolong satukan kami di surga mu ya Allah…Amin ya rabbal alamin

  37. 40 hari yg lalu aq ditinggal putra semaata wayangku ABBAD dlm usia 6,5th.putraku sakit mdadak dan 1bl kemudian dipanggil oleh ALLAH SWT.beraaat rasany knp abbad pergi secepat itu.tiap kali plg kerja ingat akan suarany yg memanggilku dg manja.hingga saat ini jika tiba tiba teringat lgs sja air mataku mengalir deras…bunda kangeeen naaak.hanya do’a yg bisa bunda kirimkan.smoga kelak dipertemukan di surgaNYA y naak aamiin.ya ALLAH mffkan hamba yg terkadang masih merasa berat atas kepergian abbad.kuatkan hamba ya ALLAH….AAMIIN

  38. 40 hari yg lalu aq ditinggal putra semaata wayangku ABBAD dlm usia 6,5th.putraku sakit mdadak dan 1bl kemudian dipanggil oleh ALLAH SWT.beraaat rasany knp abbad pergi secepat itu.tiap kali plg kerja ingat akan suarany yg memanggilku dg manja.hingga saat ini jika tiba tiba teringat lgs sja air mataku mengalir Nderas…bunda kangeeen naaak.hanya do’a yg bisa bunda kirimkan.smoga kelak dipertemukan di surgaNYA y naak aamiin.ya ALLAH mffkan hamba yg terkadang masih merasa berat atas kepergian abbad.kuatkan hamba ya ALLAH….AAMIIN

  39. Tuk ananda ku tersayang TS.RESYA ALYA PUTRI,, sdh 1 bln 6 hari kepergian mu nak, dan bila kau ada umur mu sdh genap 5 bulan,,, begitu mama sgt merindukan mu sayang, betapa ingin memeluk mu dan melihat mu tersenyum,,tak ada hari yg terlewati tanpa mengingat mu…. selalu nya mama menatap foto mu dan menciumi baju mu yg telah mama siram dengan minyak telon mu…. dengan begitu mama merasa selalu mencium mu, tak lupa pula doa mama panjat kan utk mu resya ku…… salam kangen mama buat resya, alfatihah………

  40. Putri tercantikku jihan claudia angelina terlahir dg penyakit katarak, hypotiroid, dan laringomalacia dan jantung bocor sekuat tenaga mama dan papa berjuang hrs bolak balik RS seminggu 3x selama setahun utk kesembuhanmu nak .. Allah lebih tau sampai dimana kekuatanku menghadapi ini semua. Dan pada 1 juni 2014 engkau dipanggil sang pencipta pd usia 1thn 13hr kamu yg sgt kusayangi pergi selamanya aq yg dulu merada kuat kini hancur berkeping” . tp bgmnpun dan apapun yg terjadi kami tetap hrs berprasangka baik pada allah karna jika km tetap berada didunia km akan jauh lbh menderita. Meskipun bs Operasi katarak tp hrs berulang” mengikuti diameter lensa dimasa pertumbuhanmu. Blm lg minimal 1bln sekali tubuhmu yg lemah dg bobot hy 4kg hrs tertusuk jarum utk menganalisis dosis tyrax yg hrs km minum setiap hari seumur hidupmu bahkan lehermu hampir dilobangi utk mempermudah proses operasi dan jg tes MRI krn penyakit laryngomalaciamu. Mama jg merasakan Btp sakitnya jika km hrs minum susu dr selang yg dimasukkan dr hidungmu menujui ke lambungmu….apalagi dg org yg tdk mengasihimu bahkan mengolok” penyakitmu rasanya ingin kugorok lehernya…Ya allah engkau lbh tau mana yg terbaik utk aq dan anakku…allah lbh tau engkau lbh bahagia di taman surga dalam asuhan nabi ibrahim…allah lbh tau sampai dimana kekuatanku… Mama papa dan mas ryan akan selalu menyayangimu selamanya..dipintu sorga kita bertemu sebagai pengobat rindu yg tak tertahankan penantian lama ini suatu saat pasti terwujud..Love you forever si cantiq….

Comments are closed.