Apa Saja Prinsip Makanan yang Baik selama Masa Kehamilan?

Ada 5 prinsip makan yang baik selama kehamilan, yaitu:

1. Dilarang diet selama hamil

Diet (mengurangi makan) selama hamil menyebabkan kekurangan karbohidrat, lemak, protein, vitamin, dan mineral lainnya yang penting selama kehamilan. Ingatlah, Anda membutuhkan tambahan 300 kalori per hari.

2. Makanlah dengan porsi kecil tapi sering

Makan dengan porsi kecil tapi dilakukan beberapa kali (dianjurkan tiap setiap 4 jam). Meskipun Anda tidak lapar tetapi janin membutuhkan nutrisi yang cukup secara teratur. Selain itu tips ini pun penting untuk mengurangi keluhan mual-muntah (morning sickness) yang biasa muncul di awal masa kehamilan.

3. Hindari Makanan Yang Membahayakan Ibu dan Janin

Untuk mengurangi resiko bawaan pada makanan, cucilah buah-buahan dan sayuran segar sebelum mengkonsumsinya. Pastikan daging dimasak dalam suhu yang tepat. Terutama, bersihkan juga tangan anda berikut peralatan masak, entah itu pisau, panci atau talenan yang sudah terpapar daging mentah. Hindari juga mengkonsumsi daging dan telur mentah, keju lunak, susu yang tidak dipasteurisasi, alkohol, kafein, dan minuman bersoda.

4. Minum Suplemen dan Vitamin Ibu Hamil Secara Teratur

Pastikan untuk mengkonsumsi suplemen yang mengandung asam folat, zat besi, kalsium dan vitamin D secara teratur. Konsultasikanlah dengan dokter untuk mendapatkan suplemen dan vitamin lengkap yang aman.

5. Cukup Minum dan Banyak Makan Sayur-Buah

Minumlah 8 gelas sehari, jika bosan, variasikan dengan banyak mengkonsumsi jus buah atau sayuran, sari kurma, madu dan susu. Perbanyaklah mengkonsumsi makanan yang berserat tinggi, buah-buahan dan sayuran dapat membantu mengatasi sembelit Anda selama kehamilan.

Bolehkah minum kopi dan teh?

BOLEH, maksimal 3 cangkir kopi/hari atau 8 cangkir teh/hari. Hal ini disebabkan karena kopi dan teh mengandung xantin, kafein, teofilin dan teobromid. Kafein dapat meningkatkan tekanan darah dan membuat ibu hamil lebih sering kencing, selain itu dapat pula menembus plasenta dan mencapai janin.

Es Krim, aman enggak?

Es krim, umumnya mengandung gula, cokelat, dan susu. Kandungan kalsium dan coklat dalam es krim bermanfaat untuk ibu hamil jika dikonsumsi dengan tidak berlebihan. Terlalu banyak. Makan es krim menyebabkan bayi menjadi “besar” sehingga dikhawatirkan dapat menyulitkan proses persalinan kelak.

Bolehkah makan cokelat?

Boleh dengan jumlah terbatas, coklat bermanfaat mengurangi keluhan mual-muntah pada awal kehamilan dan membantu menciptakan perasaan lebih tenang bagi ibu hamil. Konsumsi rutin permen cokelat pada ibu hamil yang gemuk beresiko menyebabkan penyakit diabetes melitus dalam kehamilan.

Bolehkah makan yang pedas-pedas dan berbumbu?

Boleh, makanan yang mengandung cabe/merica sebenarnya tidak membayahakan janin. Namun perlu dihindari bagi anda yang memiliki maag karena dapat mengiritasi lambung, selain itu jika berlebihan dapat menyebabkan mencret atau gangguan pencernaan yang lainnya.

Bagaimana dengan konsumsi ikan, daging sapi, dan unggas?

Daging sapi, ayam atau unggas lainnya merupakan sumber protein hewani yang diperlukan ibu hamil karena bermanfaat untuk pertumbuhan sel, meningkatkan sistem kekebalan tubuh, menambah sel darah merah, memperbaiki sistem enzim dan sebagainya. Disamping itu, daging hewan ini merupakan sumber lemak hewani.

Berbahayakah makan daging kambing ketika hamil?

Tidak masalah, daging kambing merupakan sumber protein yang baik walaupun bagi yang kurang tahan baunya dapat memperparah keluhan mual-muntah. Jika hobi mengkonsumsi daging kambing dan olahannya (sate, sop, tongseng, dll.) maka pastikan tidak menggunakan penyedap rasa dan pengawet yang berlebihan karena dikhawatirkan membahayakan anda dan janin di waktu yang akan datang.

Bolehkah mengkonsumsi kerang?

Kerang merupakan sumber nutrisi yang baik bagi ibu hamil, karena mengandung protein, sumber asam lemak omega 3 dan lemak jenuh yang rendah. Hindari membeli kerang yang berasal dari perairan yang mengandung banyak limbah industri (baik limbah cair maupun limbah yang berasal dari asap pabrik) karena mengandung logam berat seperti merkuri yang dapat menyebabkan cacat janin atau penyakit autis.

Disalin Ulang dari: Konsultasi Kehamilan. dr. Abu Hana El-Firdan & dr. Ummu Hana El-Firdan. 2011. Bandung: Too Bagus Publishing

Athirah (Ummu Asiyah), ibu rumah tangga dari dulu sampai sekarang.

One thought on “Apa Saja Prinsip Makanan yang Baik selama Masa Kehamilan?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *