Anak Usia Dini dan Perkembangan Otaknya

anak-usia-dini-dan-perkembangan-otaknya

Pengertian AUD (Anak Usia Dini)

Usia dini adalah usia yang sangat penting bagi perkembangan anak, sehingga disebut “golden age”.

Perkembangan AUD dimulai sejak pranatal. Saat itu, perkembangan otak (pusat kecerdasan) sangat pesat. Setelah lahir, sel-sel otak mengalami eliminasi dan membentuk jalinan yang kompleks, sehingga nantinya anak bisa berpikir logis dan rasional. Organ sensoris (pendengaran, penglihatan, penciuman, pengecap, perabaan), dan organ keseimbangan juga berkembang. (Black, J. et all.,1995; Gesell, A.L. & Ames, F., 1940)

Hasil studi di bidang neurologi

Ukuran otak anak usia 2 tahun mencapai 75% dari ukuran otak orang dewasa. Pada usia 5 tahun, perkembangan otak telah mencapai 90% dari ukuran otak dewasa (Santrock, J.W., 2002). Berarti, pada usia dini (bahkan sejak dalam kandungan) terjadi perkembangan otak, kecerdasan, dan kemampuan belajar anak yang signifikan.

Hasil penelitian di bidang psikologi

Kondisi kehidupan awal memiliki pengaruh perilaku pada usia dewasa. Perilaku ini dapat bersifat positif maupun negatif, yaitu berupa perilaku prososial maupun anti sosial. (Olsen, SF dan Maertin, P, 1999; Saltaris,et all, 2004; Karr-Mose & Wiley, 1997 dalam Young, 2002)

Hasil studi para ahli gizi

Pembentukan kecerdasan semasa dalam kandungan dan usia dini sangat tergantung pada asupan gizi. Makin tinggi kualitas asupan gizi yang diterima, makin tinggi pula status kesehatan anak. Tinggi-rendahnya status kesehatan anak berpengaruh terhadap pertumbuhan dan kemampuan belajar.

Hasil penelitian di bidang pendidikan

Keterlibatan orang tua dalam memberikan alat permainan yang sesuai dengan usia anak, dan pemberian stimulasi yang bervariasi dalam aktivitas keseharian, menjadi prediktor terhadap perkembangan IQ anak. (Shaver, David R, 1993)

Ketidakharmonisan dalam keluarga, sikap dingin, penolakan kehadiran anak, dan pemberian hukuman yang tidak sesuai berpengaruh terhadap perkembangan perilaku menyimpang (Young, 2002; Shaver dan David R, 1993).

Perhatian dan dukungan emosional orang tua terhadap anak usia dini berpengaruh terhadap tinggi-rendahnya perkembangan kognitif anak (Lawson, Katharine R dan Ruff, Holly A, 2004).

Sumber: Kumpulan beberapa materi Diklat PAUD yang diselenggarakan oleh HIMPAUDI Kab. Bantul tahun 2009.



Leave a Reply

Your email address will not be published.

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>