Ajari Anak Melindungi Dirinya, Berbekal “Doa Keluar Rumah”

Baru melangkah keluar pagar, anak kita sudah diintai bahaya. Liputan media belakangan ini membuat kepala kita agak puyeng-puyeng gimanaaaaa gitu. Di satu sisi khawatir, di sisi lain … ya juga khawatir.

Meski begitu, di balik segala kekhawatiran yang merayap, selalu ada Allah … An-Nashir, Sang Maha Penolong.

Allah yang Mahatinggi ber-istiwa di atas ‘Arsy-Nya, dan perlindungan-Nya akan senantiasa memayungi siapa pun yang Dia kehendaki.

Rasulullah Muhammad shallallahu ‘alaihi wasallam mengajarkan cara untuk melindungi diri. Beliau mengajarkan umatnya untuk berdoa ketika keluar rumah,

بِسْمِ اللهِ، تَوَكَّلْتُ عَلَى اللهِ، وَلاَ حَوْلَ وَلاَ قُوَّةَ إِلاَّ بِاللهِ.

“Dengan nama Allah (aku keluar). Aku bertawakal kepada-Nya; tiada daya dan upaya kecuali karena (pertolongan) Allah.” (HR. Abu Dawud, 4:325; At-Tirmidzi, 5:490; dan lihat Shahih At-Tirmidzi, 3:151)

Ulasan ringkas tentang doa keluar rumah

*) Dikutip dari tulisan Ustadz Ammi Nur Baits di https://muslimah.or.id/5573-keistimewaan-doa-keluar-rumah.html

1. Keutamaan

Dalam hadis dari Anas bin Malik radhiyallahu ‘anhu, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam menjelaskan keutamaan doa ini,

إِذَا خَرَجَ الرَّجُلُ مِنْ بَيْتِهِ فَقَالَ بِسْمِ اللَّهِ تَوَكَّلْتُ عَلَى اللَّهِ، لَا حَوْلَ وَلَا قُوَّةَ إِلَّا بِاللَّهِ، قَالَ: يُقَالُ حِينَئِذٍ: هُدِيتَ، وَكُفِيتَ، وَوُقِيتَ، فَتَتَنَحَّى لَهُ الشَّيَاطِينُ، فَيَقُولُ لَهُ شَيْطَانٌ آخَرُ: كَيْفَ لَكَ بِرَجُلٍ قَدْ هُدِيَ وَكُفِيَ وَوُقِيَ؟

”Apabila seseorang keluar dari rumahnya kemudian dia membaca doa,

بِسْمِ اللَّهِ تَوَكَّلْتُ عَلَى اللَّهِ، لَا حَوْلَ وَلَا قُوَّةَ إِلَّا بِاللَّهِ

Maka disampaikan kepadanya, ‘Engkau diberi petunjuk, kebutuhanmu dicukupi, dan engkau dilindungi.’ Seketika itu setan-setan pun menjauh darinya. Lalu salah satu setan berkata kepada temannya, ’Bagaimana mungkin kalian bisa mengganggu orang yang telah diberi petunjuk, dicukupi, dan dilindungi!’” (HR. Abu Daud, no. 5095; Turmudzi, no. 3426; dinilai shahih oleh Al-Albani)

Keterangan:

  • Makna ”disampaikan kepadanya” → yang menyampaikan adalah malaikat. Malaikat itu mengatakan kepada orang yang membaca doa ini ketika keluar rumah, “Wahai hamba Allah, kamu telah diberi petunjuk, dicukupi, dan dilindungi.’ (Tuhfatul Ahwadzi: Syarh Sunan Turmudzi, 9:271)
  • Unsur penting dalam doa di atas ada 3: (i) Berlindung kepada nama Allah, dengan kalimat “bismillah”; (ii) tawakal kepada Allah, dalam kalimat “tawakkaltu ’alallah”; dan (iii) pengakuan bahwa tiada daya dan kekuatan kecuali milik Allah, dalam kalimat “laa quwwata illaa billaah”.

2. Rahasia keutamaan doa keluar rumah

Jika kita perhatikan, doa keluar rumah ini sangat pendek dan ringan diucapkan, namun memiliki keistimewaan yang besar. Anda bisa bayangkan, hanya dengan membaca doa ini, Anda bisa mendapatkan jaminan keamanan, jaminan kecukupan, berikut hidayah dari Allah. Semua itu merupakan sumber kebaikan dunia dan akhirat bagi hamba.

Hidayah merupakan kebutuhan mutlak seorang hamba untuk bisa istiqamah di atas agama Allah, yang nantinya akan mengantarkannya menuju kebahagiaan akhirat.

Kecukupan merupakan sumber ketenangan seorang hamba ketika hidup di dunia, sehingga dia tidak kekurangan (lahir) atau merasa kekurangan (batin).

Perlindungan dari setan merupakan jaminan keamanan dari segala makarnya yang merupakan sumber kejahatan dan kerusakan bagi kehidupan dunia dan akhirat.

Al-Munawi menukil satu penjelasan yang sangat indah dari Ath-Thibi tentang doa ini,

فإذ استعاذ العبد بالله باسمه المبارك فإنه يهديه ويرشده ويعينه في الأمور الدينية وإذا توكل على الله وفوض أمره إليه كفاه فيكون حسبه {ومن يتوكل على الله فهو حسبه} ومن قال لا حول ولا قوة إلا بالله كفاه الله شر الشيطان

“Apabila seorang hamba memohon perlindungan kepada Allah melalui nama-Nya yang penuh berkah, maka Allah akan memberinya petunjuk, membimbingnya, dan menolongnya agar dimudahkan dalam urusan agama. Apabila seseorang bertawakal kepada Allah dan menyerahkan urusannya kepada Allah, Allah akan mencukupinya — karunia Allah akan mencukupinya, sebagaimana di ayat (yang artinya), ’Barang siapa yang bertawakal kepada Allah maka Dia akan mencukupinya.’ Sementara orang yang membaca laa quwwata illaa billaah akan dilindungi Allah dari kejahatan setan.” (Faidhul Qadir, Al-Munawi, 5:123)

Hanya Allah yang mampu menahan segala macam bahaya

Setelah membimbing anak untuk menghafal doa keluar rumah, kita juga perlu memperkuat imannya dengan dua keyakinan:

1. Bahwa barang siapa yang bertawakal kepada Allah, sesungguhnya Allah yang akan mencukupi segala keperluannya. Allah Ta’ala berfirman,

وَمَن يَتَوَكَّلْ عَلَى اللَّهِ فَهُوَ حَسْبُهُ

“Dan barang siapa yang bertawakal kepada Allah niscaya Allah akan mencukupi (keperluan)-nya.” (QS. Ath-Thalaq: 3)

2. Bahwa hanya Allah yang mampu menahan segala bahaya. Sematang apa pun rencana dan keinginan manusia untuk mencelakai seorang hamba, bila Allah menahannya maka mereka tak ‘kan mampu mewujudkan rencana dan keinginan jahat itu sama sekali. Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam menasihati Abdullah Ibnu Abbas radhiyallahu ‘anhu; berikut ini potongan haditsnya,

إذا سألت فاسأل الله وإذا استعنت فاستعن بالله , واعلم أن الأمة لو اجتمعت على أن ينفعوك بشيء لم ينفعوك إلا بشيء قد كتبه الله لك , وإن اجتمعوا على أن يضروك بشيء لم يضروك إلا بشيء قد كتبه الله عليك

“Jika kamu memohon, mohonlah kepada Allah. Jika kamu meminta tolong, mintalah tolong kepada Allah. Ketahuilah, sekiranya semua umat berkumpul untuk memberikan kepadamu sesuatu keuntungan, maka hal itu tidak akan kamu peroleh selain dari apa yang sudah Allah tetapkan untuk dirimu. Sekiranya mereka pun berkumpul untuk melakukan sesuatu yang membahayakanmu, niscaya tidak akan ada yang membahayakanmu kecuali segala hal yang telah ditetapkan Allah untukmu.” (HR. Tirmidzi, no. 2516)

Para orang tua, mari tenangkan hati. Kita masih punya Allah. Hanya kepada-Nya kita bertawakal dan memohon penjagaan bagi anak-anak kita. Dia-lah Tuhan yang tak pernah tidur; kuasa-Nya meliputi segala sesuatu.

**

Oleh: Athirah Mustadjab
Artikel UmmiUmmi.Com

Athirah (Ummu Asiyah), ibu rumah tangga dari dulu sampai sekarang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *