Agar Bayi Lebih Mudah Bicara

Berikut sepercik kutipan dari buku karangan Ibnul Qoyyim yang berjudul Tuhfatul Maudud bi Ahkaamil Mauluud.
Sekiranya sang bayi telah mendekati masa mulai dapat berbicara, untuk membantu melancarkan fase tersebut, hendaklah lidahnya diolesi madu dicampur dengan garam androni. Sebab keduanya dapat menghilangkan kelembaban dalam mulut yang menghalangi bayi untuk segera dapat berbicara.

bayi baby lucu

Jika ia mulai dapat berbicara, maka kalimat yang pertama kali ditalkinkan kepadanya hendaklah “laa ilaha illallah muhammadur rasulullah”. Dan pelajaran pertama yang diperdengarkan kepadanya adalah ma’rifatullah (mengenal Allah) dan pentauhidan kepada-Nya. Di samping itu, ia juga ditalkini kalimat yang mengandung makna bahwa Allah ta’ala bersemayan di atas Arsy-Nya, Maha Mendengar atas segala pembicaraan para makhluk dan Dia selalu menyertai mereka dimanapun berada.

Selesai kutipan.

Semoga bermanfaat ;)

cizkah
28 November 2012

IRT. Homeschooler dari tiga anak (Ziyad, Thoriq dan Luma). Web dan graphic designer. Suka membuat media belajar anak (khususnya untuk pendidikan anak Islam) yang dapat dilihat di www.lumalumi.com.

9 thoughts on “Agar Bayi Lebih Mudah Bicara

  1. Assalamu’alaikum warohmatullohi wabarokatuh. Mau tanya,garam androni itu apa y,dan bisa dibeli di mana. Trus anak saya udah umur 18 bulan kok belum bisa bicara y,upaya apa yg bisa dilakukan? Jazaakillah khoirön katsiiroo.

    1. @novi Wa’alaikumussalam warohmatullah wa barokatuh… gpp insyaAllah mba nov. Anak saya mau belajar dan bisa ngomong usia 2 th 3 bln. Dan ternyata dia nyerap yang saya ajarin sebelum dia bisa ngomong itu. Saya kasihnya garam biasa pake madu mba.

    1. insyaAllah coba dicek ke kitab aslinya ya. Yang saya ketik terjemahan :).
      Tapi saya praktekkan ke anak-anak saya pakai garam biasa. Mungkin maksudnya garam beryodium wallahu a’lam

  2. mbak Siska, akhirnya di publish jg ttg yang ini. Jazaakillah khairan mbak, insya Allah sangat bermanfaat buat saya dan ummahat yang lainnya

  3. ukhty. kapan waktu yang tepat buat ngolesin madu plus campuran garam androni nya? apakah setiap hari? (dengan kata lain aturan pakai nya bagaimana?) Jazakillahu khairan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *