6 Kategori Bumbu Wajib di Dapur Para Ummahat

Memasak itu menyenangkan … kalau bumbunya lengkap dan peralatannya tersedia. Kali ini, kita akan mendata bumbu-bumbu “wajib” di dapur para ummahat. Bumbu-bumbu ini adalah bahan racikan yang biasanya ada pada hampir semua masakan. Dengan selalu menyediakan keenam jenis bumbu di bawah ini, memasak dadakan pun bukan lagi masalah, insya Allah.

1. Bawang

  • Bawang merah
  • Bawang putih
  • Bawang bombay

2. Rimpang

  • Lengkuas
  • Kunyit
  • Jahe
  • Sereh

3. Daun

  • Bawang daun (luncang)
  • Seledri
  • Daun jeruk
  • Daun salam

4. Cabe

  • Cabe merah besar
  • Cabe merah kering
  • Cabe rawit merah
  • Cabe rawit hijau

5. Rempah

  • Merica
  • Ketumbar
  • Kemiri
  • Kayu manis

6. Penambah rasa dan aroma

  • Garam
  • Gula
  • Terasi
  • Jeruk nipis
  • Asam
  • Kecap

Sangat ringkas, ‘kan? Daftar ini bisa membantu para ummahat untuk selalu sedia stok bumbu utama di dapurnya masing-masing. Setidaknya, rasa dan aroma selalu pas setiap memasak, tanpa kekurangan satu bumbu pun.

Bagi yang baru berkecimpung di dunia perdapuran, daftar bumbu ini semoga bisa membantu petualangan baru Anda di antara kuali, wajan, ulekan, aroma bumbu, dan panasnya kompor. Yuk, memasak dengan hati yang riang ….

Athirah (Ummu Asiyah), ibu rumah tangga dari dulu sampai sekarang.

22 thoughts on “6 Kategori Bumbu Wajib di Dapur Para Ummahat

  1. Sejak di Riyadh belum sempat juga belanja bumbu yang wajib2 itu. Di rumah cuma ada bawang putih, bawang merah, mrica bubuk, garam, gula, sama kecap.Jadi benar2 harus mikir bagaimana bisa bikin masakan yang enak dgn bumbu yg ada. Alhamdulillah suami nikmat2 aja. Hehe..habis mo gimana lg? Oh iya, artikelnya bagus ya.

    1. @ mba ela

      bikin masakan ala jogja-jateng aja, mb: oseng, semur, oseng, semur, mendoan.. : D

      hasrat makan masakan sulawesinya dipendam dulu, sampe bantuan bumbu rempahnya sampe ke riyadh. eh, tp kayaknya dulu mb ita pernah bilang ada restoran khusus masakan indonesia di riyadh. mungkin mb ela bisa pesen bumbu lewat mereka (tambah ongkir dan jasa pemesanan juga mungkin)…

      mb ela.. posting artikel di ummiummi dong ttg ramadan dan ied di riyadh… meskipun kami belum bisa pergi ke sana untuk saat ini, setidaknya aura2 saudi bisa terkirim lewat ummiummi : )

  2. Kalo di jawa, sayur bening semacam sayur bayam atau oyong biasanya ditambahi kencur. Hmm tapi ga tau kalo daerah lain gimana

    1. muti… baca “oyong” di komen muti, sy jadi inget dek wiwin.. oyong buat istilah di daerah jawa barat dan jakarta ya? kl jawa oyong itu “gambas” kan ya?

  3. kalo ana selama bertahun2 anti lengkuas…punya pengalaman buruk dengan lengkuas :D. Alhamdulillah sekarag udah mulai bisa. Kapan2 cerita diummi2 kali ya hihi..

    Kalo ana sayur beningnya gak pernah pake kencur ataupun kunci…malah sama2 gak suak ana sama suami. Bener2 benging cuma pake bawang merah, putih garam dan gula. Segerrr…

  4. ikutan ya..

    klo sayur bening yg asli jawa resepnya pake temu kunci…tp kayanya nda pake kencur deh…slama ini resep turun temurun dr mbah2 kami,
    -air direbus
    -masukin irisan bawang merah, temu kunci,gula, garam
    -klo udah mendidih masukin gambas (klo oyong didaerah sini brarti “puyeng au mumet”)
    -tunggu brrapa saat (klo gambas udah stengah mateng) masukin bayam
    -terakhir masukin daun kemangi
    -angkat sebelum dedaunnya layu bener…
    -hidangkan bersama brambang goreng..
    terakhir penting juga nih..hidangkan klo udah dingin yaaa ibu2…slurppp [http://ustadzaris.com/tunggu-makanan-sampai-dingin]
    krn selama ini kan disetiap resep ditulis “Hidangkan selagi hangat”..:(

  5. Setelah tanya ibu, ternyata mba umi yang bener, pake temu kunci. Ternyata cuma beberapa orang aja yang pake kencur, khususnya pembantu mertua yang tugas masak. Tapi kita ga pake kemangi mba, jadinya nanti semriwing gitu ya hehe. Huum kalo ga pake royco rasanya kurang ya. Tapi menurut penelitian MSG ga bikin bodo kok. Lidah kita terbiasa dimanipulasi sih, jadi otak terbiasa sam yang gurih2 gitu.

  6. Wah athirah hebat bisa pake lengkuas. Senasib sama mba siska, ana juga ga sukses berurusan dengan lengkuas. Betul betul, di bekasi sini namanya oyong kalo di salatiga namanya gambas. Lain daerah lain nama hehe

  7. @ DEk Tia…
    Klo resep kemangi ana dptnya jg setelah tinggal disni. Cobain deh..bau kemangi hampir mirip ama temu kunci. Ana biasanya klo ngga dpt kunci pake daun kemangi. Tapi klo ada dua2nya ana pake smua jadi sedeppp…

    Hehe…lengkuas itu resep andalan Ibu ana…pokoknya tiap masak tumis,sayur santan,soto, smua pake lengkkuas. N hasilnya lidah anaknya pun udh kebiasa n malah klo ngga pake lengkuas jd gimana gtuh…kurang sreg :P. Sejak tinggal dijogja aja terpaksa beradaptasi dg masakan -non lengkuas- krn kbnyakan masakan diwarung2 ngga pake kn ya…hayo2 EMBers :D

    Jd inget ya kata Dek Tia dulu memang tubuh juga memerlukan kandungan MSG dlm jumlah kecil. Nah tp kecil nya ini tiap orang beda2…malah ana skrg karena maksakan diri biar hasil masakan enak spt diwarung terpaksa pake royco selalu :P *nyesel tp diulang lg!*

  8. he…kalo sayur bening, macem bayam gitu ana kok gak pake royco ya.
    kalo pake royco juga gak semuanya.
    Ada toh tia hasil penelitian msg ga bikin bodoh?
    tapi efek kaya kanker dll itu tetep bener kan ya? apa gimana?
    hehe…yg jelas tetep berusaha menghindari insyaAllah yg begitu2

  9. wahh.. yara sepakat nih sama postingannya… meskipun belum jadi ummahat tapi masak mah doyaaaan.. ^^ Sekarang di blog Yara jadi nambah ada kategori “resep” nya loh..ini resep pertama yang yara posting http://wp.me/16l2L

  10. Bismillah. ditambahin mba, Bumbu kaldu al-sulthan.. non MSG, sehat dan lezaaaat…
    klo sayur bening ala ana, cuma bawang putih, daun salam, garam, gula plus taburan bawang goreng.. **mirip mba sisca ^^** karena sama2 lidah jakarta kali yah…^^

  11. klo murninya ana kurang tahu ukh. harganya 15rb/botol.. ana beli di sahabat ana umm hashifah, dia jual online juga kok.. coba ke facebooknya : Neni Ummu Hashifah
    ato emailnya : ummuhashifah@gmail.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *