10 Inspiransi Kreasi Mainan Memancing (DIY)

Permainan memancing ini sederhana tapi menarik untuk anak-anak. Tingkat kesulitan pembuatannya bertingkat-tingkat. Ada yang bisa dibuat dengan super cepat. Ada juga yang sampai dibuat sampai menggunakan alat bor! Masya Allah.

Bentuk permainan yang dibuat oleh para orang tua ini pada dasarnya dapat dibagi menjadi 3 bagian jika dilihat dari mata kailnya.

  1. Mata kailnya dengan magnet.
  2. Mata kailnya tidak menggunakan magnet.

Bahan ikannya bisa menggunakan kain flanel, kain perca, bahkan ada yang menggunakan kertas dan plastik mika. Modelnya ada yang diisi dengan kain keras, dakron atau polos saja.

Yuk kita simak satu persatu. Klik gambar untuk ke website aslinya ya.

1. Kain felt, klip dan manik payet

Hanya menggunakan kain felt, klip dan mata kail magnet yang sudah ada pengaitnya, serta ditempel matanya dengan menggunakan payet. Gunting-gunting sebentar, langsung jadi. Tanpa perlu dijahit. Lihat langkah lebih detail di sini.

magentic-fishing-game-main-pancing-ikan
http://blog.consumercrafts.com/

2. Kertas dan klip

Yang ini hanya menggunakan kertas dan alat klip. Kelihatan mudah ya? Jangan khawatir jika merasa kesulitan dengan bentuk tulang ikannya. Di sumber websitenya disediakan template (cetakan) untuk ikan-ikan ini.

 

alat-pancing-klip
http://www.minieco.co.uk/

3. Plastik mika dan klip
Biasanya anak akan senang kalau permainan yang dilakukan mendekati aslinya. Memancing ya di air. Hanya dengan menggunakan plastik mika dan klip, jadi deh.

permainan memancing diy
http://www.minieco.co.uk/

4. Kertas dan tali
Hanya ada kertas dan tali? Tidak masalah. Ditambah melubangi kertas dengan pembolong dan menyatukannya dengan tali,  jadilah alat permainan memancing.

alat pancing kertas
http://frogprincepaperie.com/

5. Hanya dari Kain Felt

Yang ini super sederhana.Ukurannya pun tidak terlalu besar. Kuncinya tentu saja meletakkan sesuatu pada ikan agar  dapat tertarik oleh kail magnet seperti pada ide nomor 1. Bisa menggunakan klip logam, mata ikan, atau bahan lainnya yang terbuat dari logam.

alat-pancing-felt
http://www.doodlecraftblog.com/

6. Hanya Satu Klip Saja :D

Di inspirasi sebelumnya, banyak yang menggunakan magnet sebagai kailnya. Inspirasi selanjutnya malah memancing media yang mengandung magnet. Gak perlu susah-susah buat. Tinggal ambil mainan kulkas Bunda. Jadi deh.

alat-pancing-huruf
sumber websitenya expired ^^

7. Mainan Pancing Super Niat
Ketika saya membaca sumber inspirasi yang satu ini, saya sampai takjub sendiri. Ini sih benar-benar super niat. Selain kainnya ternyata bukan dari kain perca, alat pancingnya dibuat mendekati aslinya. Bisa diroll. Cara membuatnya sampai menggunakan alat bor. Ckckck..masya Allah. Mungkin biar alat bermainnya bisa dipakai sampai anak yang keberapa dan bisa turun temurun ya :D.

alat pancing sendiri
http://www.makeit-loveit.com/

8. Ikan Isi Dakron

Yang ini juga cukup rumit tapi hasilnya memang terlihat cantik masya Allah. Ikan-ikannya diisi dakron. Besinya juga dijahit di bagian mulut ikan.

alat pancing sendiri
http://www.homemade-gifts-made-easy.com/

Sebagai penjelas, inspirasi dari sumber lain instalasi logam bundar di ujung ikan bisa seperti pada gambar di bawah.

alat-pancing-ujung-besi
www.positivelysplendid.com

9. Sekalian Kolamnya Bund…
Sudah mulai ketemu polanya untuk membuat permainan memancing ini? Nah, boleh juga ditambah kolam ikannya. Biar lebih seru!

alat pancing ikan
redroofpatterns.blogspot.com.au

10. Variasi Ikannya
Boleh dicoba kalau sudah membuat versi yang gampang. Variasi jenis ikannya bisa jadi inspirasi untuk Bunda. Kalau langsung mau buat yang seperti ini juga boleh :). Yuk semangat Bunda.

alat pancing ikan sendiri
http://www.flickr.com/photos/littlecuteone/

Jangan lupa, biar mainan ini awet, sekalian dibuat wadah untuk semua ikan dan alat pancingnya ya Bun. Ini salah satu inspirasi yang bisa kita buat.

kantong memancing
https://www.etsy.com/listing/125594907/gone-fishing-magnetic-felt-game-pdf?

Kantong sederhana ini pun bisa cantik insya Allah.

 

 

kantong memancing
horrisanddeedle.net

Mainan ini bisa dimodifikasi dan dikembangkan sesuai tujuan yang lain. Misalnya mengenalkan angka. Maka tambahkan angka di setiap ikannya. Atau huruf. Bisa juga untuk mengajarkan fikih untuk anak. Bahwa apa yang didapat dari air dan laut semuanya halal. Tidak perlu disembelih lagi. Selamat berkreasi dan bermain bersama si kecil ya Bun..

cizkah
Jogja, 19 Februari 2017

*DIY = do it yourself. Dalam bahasa kita maksudnya adalah kreasi yang dibuat sendiri.

IRT. Homeschooler dari lima anak (Ziyad, Thoriq, Luma dan si kembar Handzolah dan Kholid). Web dan graphic designer. Suka membuat media belajar anak (khususnya untuk pendidikan anak Islam) yang dapat dilihat di www.lumalumi.com.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *